Sembelit yang terjadi pada bayi sering kali disebabkan karena kurangnya konsumsi serat, serat merupakan makanan pencegah sembeli bayi terbaik. Sehingga untuk anak yang berusia yakni sekitar 1 bulan hingga 18 bulan, haruslah mendapatkan konsumsi serat dengan rentang yakni 14 hingga 30,8 gram per hari. Untuk bayi anda yang mengalami kondisi satu ini, berikut makanan pencegah sembelit bayi yang perlu untuk anda tahu. Berikut simak ulasannya.

Makanan Berserat Yang Cocok Untuk Dikonsumsi Bayi

Pisang

1. Pisang

Dengan memiliki kandungan serat yakni sekitar 3,1 gram dalam satu porsi, maka anda pun bisa memberikanya kepada si kecil ketika terkena sembelit. Selain itu, pisang pun dapat menjadi salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi sembelit yang dialami oleh bayi. Dengan mencukupi kebutuhan serat di dalam bayi, maka anda pun bisa memberikannya kepada si kecil ketika mengalami susah buang air besar.

wortel

2. Wortel

Makanan pencegah sembelit bayi selanjutnya adalah wortel. Sering kali, anda pun akan kesulitan untuk memberikan makanan satu ini kepada si kecil. Namun, dengan adanya kandungan vitamin A dan juga vitamin c yang cukup tinggi, hal ini tentu saja akan memiliki manfaat yang baik untuk si kecil. Untuk anak anda yang susah mengonsumsi wortel, maka anda pun bisa mengolahnya menjadi camilan yang lezat maupun membuat jus wortel.

Makanan Pencegah Sembelit Bayi

3. Apel

Buah yang digemari oleh anak anak dan bayi ini juga ternyata mampu menjadi makanan untuk mencegah sembelit. Dengan memiliki rasa yang manis dan juga membuat kenyang ini ternyata juga mengandung serat yang cocok untuk si kecil. Selain itu, serat yang terkandung di dalam apel pun juga sangat baik untuk sistem pencernaan bagi anak anda yang masih bayi.

Baca juga  Sifat Berdasarkan Zodiak Part 2

Untuk itu, anda pun bisa menyuguhkan anak anda buah apel setiap harinya. Makanan pencegah sembelit bayi ini di dalamnya mengandung serat sekitar 3,6 gram di salam satu porsi kecil. Sehingga, hal tersebut tentu saja akan cukup untuk memenuhi kebutuhan serat dari si kecil. Dengan begitu, anak anda pun akan bisa buang air besar dengan lebih lancar.

Makanan Pencegah Sembelit Bayi

4. Oatmeal

Bagi anda yang memiliki bayi dengan usia di atas 9 bulan maka anda pun telah bisa untuk memberinya semangkuk oatmeal. Makanan ini pun memiliki kandungan serat yakni sekitar 4 gram per cangkirnya ketika telah dimasak. Sehingga, anda pun juga bisa untuk menjadikan oatmeal sebagai makanan si kecil. Anda pun juga bisa menambahkan sirup maple, kayu manis bubuk dan juga kismis untuk menambah rasa.

Makanan Pencegah Sembelit Bayi

5. Ubi Jalar

Makanan berserat lainnya yang bisa untuk anda berikan kepada si kecil adalah ubi jalar. Pasalnya, di dalam ubi jalar dengan porsi sedang kan memiliki kandungan serat yakni sebanyak 3,8 gram. Selain itu, ubi jalar sendiri juga telah mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, zat besi dan juga beta karoten. Sehingga selain untuk makanan pencegah sembelit bayi, ubi jalar pun berfungsi untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dari si kecil.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa untuk dikonsumsi ketika bayi anda mengalami sembelit. Untuk itu, bagi anda yang bingung untuk mencari makanan yang pas untuk dikonsumsi oleh si kecil, maka makanan tersebut sangat aman untuk diberikan kepada bayi dengan porsi yang sesuai. Selain itu, anda pun juga bisa untuk memberikan makanan lain yakni berupa brokoli, roti gandum serta buah berry. Makanan tersebut juga mengandung banyak serat yang baik untuk bayi.

Baca juga  Makanan untuk Bayi Berusia 1 Tahun