Memperhatikan tumbuh kembang si kecil tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi semakin hari ada saja tingkahnya yang mengemaskan. Saat si kecil sudah berada di usia 6 bulan, bayi sudah mulai menunjukkan banyak gerakan yang baru. Hal ini tentunya membuat sang ibu senang sekaligus harus lebih perhatian. Mengingat usia ini, si kecil sudah bisa bermain untuk merangsang perkembangannya. Berikut sederet mainan bayi 6 bulan yang mampu untuk merangsang motorik dan kognitifnya. Simak ulasan berikut.

Mainan Untuk Si Bayi Saat Usia 6 Bulan

bayi bermain

1. Boneka

Bermain boneka tidak hanya untuk anak perempuan, anak laki laki juga bisa bermain boneka. Terutama ketika sudah di usia 6 bulan, karena boneka termasuk mainan yang berbahan lembut dan juga bentuk mengemaskan. Si kecil akan suka untuk memegangnya, memeluk atau bahkan meremas boneka tersebut. Beberapa bahkan membawa bonekanya untuk tidur bersama. Namun sang ibu harus tetap memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Boneka yang untuk mainan si kecil ini haruslah boneka yang aman . Bunda sebaiknya memberikan boneka yang ukurannya sedang, karena akan lebih mudah dan nyaman dimainkan. Boneka tidak memiliki bagian bagian yang memiliki risiko seperti tidak ada tali atau benang yang bisa ditelan, atau material yang bisa melukai si kecil. Boneka masuk dalam jajaran mainan bayi 6 bulan yang direkomendasikan dan mudah juga untuk didapatkan.

2. Teether

Di usianya ke 6 bulan, bayi umumnya sudah tumbuh gigi sehingga ia lebih senang menggigit sesuatu. Untuk itu Bunda bisa memberikan mainan berupa Teether agar membuat gusinya nyaman dan tidak rewel. Saat ini bentuk Teether juga hadir sangat beragam bahkan terlihat lucu lucu. Namun sebelum menggunakan teether, sebaiknya dicuci hingga bersih dan kemudian didinginkan ke dalam freezer lebih dahulu sebelum dimainkan si kecil.

Mainan Untuk Bayi 6 Bulan

3. Alat Musik

Bayi akan tertarik pada mainan yang bisa mengeluarkan bunyi. Untuk itu, bunda bisa memberikan mainan berupa alat musik mainan. Mainan satu ini juga bisa merangsang motorik maupun kognitif si kecil. Namun sebaiknya alat musik yang diberikan yang bisa dipencet atau dipukul kemudian mengeluarkan bunyi. Mainan bayi 6 bulan ini akan membuat bayi mempelajari sebab akibat, serta darimana sumber bunyi berasal.

Mainan Untuk Bayi 6 Bulan

4. Soft Book

Kini buku juga hadir dalam bentuk soft book, yang sebenarnya adalah buku cerita bergambar. Bedanya, buku ini tak menggunakan kertas, namun menggunakan kain. Umumnya, mainan ini memiliki warna mencolok serta gambar karakter yang lucu. Bunda, tak perlu khawatir si kecil akan terluka jika bermain dengan mainan ini. Buku ini juga memiliki warna warna yang menarik pada setiap gambarnya sehingga bisa melatih imajinasinya.

Mainan Untuk Bayi 6 Bulan

5. Bola Plastik

Mainan yang bisa anda berikan selanjutnya adalah bola plastik yang ukurannya sedang. Bola ini biasanya memiliki warna warna yang mencolok. Meskipun terlihat sederhana, namun mainan satu ini bisa dimainkan dengan berbagai cara. Mulai dari mengelindingkan ke arah si kecil agar bayi mengambilnya dan lainnya. Bola plastik ini termasuk aman untuk di menjadi mainan bayi 6 bulan. Tetapi sebaiknya dijaga kebersihannya karena kadang suka digigit atau dijilat.

Memilih mainan untuk si kecil tidak bisa sembarangan, mengingat mainan juga sebagai perantara untuk merangsang perkembangannya. Begitu juga dengan memilih mainan untuk bayi yang usianya 6 bulan. Pada usia ini anak anak sudah mulai banyak bergerak dengan mainan yang tepat makan motorik serta kognitifnya bisa terangsang. Beberapa mainan yang telah disebutkan, bisa Bunda jadikan pilihan dan juga mudah didapatkan.