Kumpulan Dongeng Anak Indonesia – Situs detikbayi. Cara mengajak anak berinteraksi dan menambah pengetahuan si kecil bisa dilakukan dengan banyak cara.  Salah satunya dengan membacakan dongeng khusus anak anak yang syarat akan pesan moral. Apalagi jika orang tua bisa membawakan cerita tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami. Pasti akan menjadi aktivitas bersama buah hati yang menyenangkan. Berikut beberapa dongeng anak Indonesia yang bisa anda bacakan untuk si kecil.

Kumpulan Dongeng Anak Indonesia Untuk Si Kecil

abu nawas mau terbang

1. Abu Nawas Mau Terbang

Dongeng ini dimulai dari gemparnya suatu kota di negara Timur Tengah. Kegemparan ini diakibatkan oleh Abu Nawas yang mengatakan dirinya akan terbang. Berita tersebut menyebar cepat dan terdengar oleh raja. Raja memanggil Abu Nawas untuk mengetahui kebenaran berita tersebut, dan akan mengumumkan akan memberikan hukuman mati jika terbukti berbohong. Akhirnya esok harinya semua warga berkumpul untuk menyaksikan terbangnya Abu.

Abu Nawas naik ke atas bangunan tertinggi dan mengepakkan tangannya. Warga mulai jengkel karena Abu terbukti tak bisa terbang sama dengan sang Raja. Lalu Abu Nawas mengatakan jika dia ingin terbang bukan berarti ia bisa untuk terbang. Sang Raja akhirnya tidak jadi menghukum abu Nawas karena memang tak berbohong. Dari dongeng satu ini memang tidak sepenuhnya dongeng anak dari tanah air namun tetap menarik untuk diceritakan.

2. Terbentuknya Danau Toba

Dongeng selanjutnya merupakan dongeng yang berlatar belakang Sumatra Utara. Dimana ada seorang pemuda dengan nama Toba. Suatu hari Toba pergi memancing di sungai, lama ia menunggu akhirnya mendapatkan ikan yang bersisik emas. Dengan hati gembira ia membawanya ke rumah dan akan segera memasaknya. Namun sayangnya di rumah kayu bakar sedang habis dan membuat Toba mencarinya lebih dahulu.

Dan ketika ia kembali ternyata ikannya menghilang dan di rumah Toba ada gadis cantik. Ternyata gadis tersebut adalah ikan yang Toba tangkap. Singkat cerita keduanya menikah dan memiliki putra yang bernama Samosir. Suatu hari Samosir yang bertugas untuk mengantarkan bekal sang ayah justru malah menghabiskannya. Membuat sang ayah marah dan menyebutkan “Dasar Anak Ikan”. Samosir yang terkejut mengadukan pada ibunya.

Dimana dalam dongeng anak ini, Toba sudah berjanji kepada sang istri untuk tak pernah menyebut tentang jadi diri sang istri lagi. Kemudian ibu Samosir meminta putranya untuk naik ke atas bukit. Setelah itu tibalah air bah yang sangat besar, Sang ibu melompat ke danau dan kembali menjadi ikan. Toba tidak selamat dan tenggelam. Dari sinilah kemudian muncul nama Danau Toba dengan pulau ditengahnya bernama Samosir.

3. SI Kancil dan Buaya

Dongeng satu ini begitu kondang, dimana Kancil yang cerdik selalu bisa meloloskan diri dari Buaya yang ingin memangsanya. Buaya memang sudah mengincar kancil sejak lama, hingga kancil pindah ke daerah yang jauh dari sungai. Tetapi buaya justru mencari kancil dan melihat keseharian kancil diam diam. Kancil punya kebiasaan untuk pergi ke pulau kecil dan mengambil apel di sana. Dan Buaya mengikutinya kemudian bersembunyi di tengah sungai.

Buaya menunggu hingga kancil melompat di atas batu. Kancil yang sudah akan kembali ke rumah nampak bingung ketika ada batu yang lebih tinggi dari biasanya. Dengan segala akalnya kancil mengajak batu tersebut berbicara. Dan Buaya yang menyamar menjadi batu kelepasan berbicara. Kemudian kancil meminta buaya membuka mulutnya dan menutup mata. Dalam dongeng anak ini, kancil justru melangkah melewati Buaya dengan mudahnya.

Ada banyak dongeng yang bisa diceritakan pada si kecil dengan pesan moral yang juga baik. Indonesia sendiri memiliki banyak dongeng populer,seperti yang sudah disebutkan. Masih banyak dongeng lain yang tak kalah menarik dan bisa menjadi bacaan sebelum tidur bagi si kecil. Pendampingan yang baik, akan membantu si kecil untuk memahami cerita sekaligus pesan moralnya.