Untuk anda yang merupakan orang tua baru, kolik pada bayi merupakan salah satu hal yang bisa membuat panik. Perlu untuk anda ketahui, bahwa kolik merupakan suatu kondisi dimana bayi menjadi sangat rewel dan menangis dalam waktu yang lama. Kondisi ini dapat terjadi dalam hitungan jam ataupun hingga beberapa hari. Sehingga, ketika si kecil mengalami hal tersebut, maka ada beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan. Berikut simak ulasannya.

Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Yang Perlu Orang Tua Tahu

sakit kolik pada bayi

1. Dengan Menggendong Pada Posisi yang Berbeda

Ketika si kecil mengalami rewel selama seharian penuh, maka ibu pun bisa mulai menggendongnya dengan berbagai posisi yang berbeda. Hal ini dikarenakan dengan adanya gerakan lembut yang dilakukan oleh sang ibu, terkadang dapat membuat bayi akan merasa lebih aman dan juga tenang. Untuk itu, anda pun bisa menggendongnya dengan cara mengayunkannya perlahan. Selain itu, anda juga bisa untuk mencoba variasi gendongan lain yang membuat bayi tenang.

bayi

2. Dengan Mencoba Posisi Sendawa

Karena bayi belum bisa berbicara, maka ketika ada sesuatu yang mengganjal maka ia pun akan menangis. Untuk itu, cara untuk atasi kolik pada bayi ini salah satunya adalah dengan mencoba untuk memposisikan si kecil untuk bersendawa. Hal ini dikarenakan bisa saja bayi tersebut merasa kekenyangan sehingga perut akan menjadi sangat kencang. Untuk itu, dengan bersendawa maka hal tersebut akan bisa membuatnya lebih lega.

Hal ini pula yang bisa terjadi pada si kecil. Sehingga, anda pun bisa mencoba untuk menggendong si kecil dengan posisi yakni kepala yang bersandar di pundak sang ibu. Kemudian, anda pun bisa menepuk nepuk secara perlahan pada punggung bagian atasnya. Jika masih belum juga berhasil, maka anda pun bisa meminta bantuan suami ataupun orang yang ada di sekitar anda.

bayi tersenyum

3. Dengan Mengecek Suhu Ruangan

Cara untuk mengatasi kolik pada bayi selanjutnya adalah dengan mengecek suhu ruangan. Dimana kondisi suhu yang gerah dan terlalu panas, tentu saja akan bisa untuk membuat bayi menjadi menangis. Selain itu, kondisi ini pun juga bisa menimbulkan ruam pada bagian tubuh si kecil. Kondisi ruangan yang terlalu dingin pun tak baik untuk bayi anda. Untuk itu, anda pun bisa mengatur suhu AC maupun kipas angin anda.

bayi

4. Dengan Memeriksa Popok si Kecil

Hal lain yang perlu untuk anda perhatikan adalah dengan rutin untuk mengecek popok pada bayi. Hal ini dikarenakan mampu untuk memastikan apakah bayi merasa tidak nyaman dengan kondisi ketika buang air besar dan buang air kecil. Untuk itu, anda pun bisa untuk memeriksanya dan mengetahui apakah si kecil mengalami ruam pada penggunaan popok hingga menyebabkannya menangis.

bayi minum susu

5. Dengan Memastikan Bayi Tidak Haus atau Lapar

Selain itu, untuk mengatasi kolik pada bayi maka anda pun perlu juga untuk memastikan bahwa si kecil tidak dalam kondisi kelaparan. Untuk itu, anda bisa mengecek dan juga memeriksa adanya tanda apakah ASI telah cukup. Anda pun juga bisa untuk menawarkan menyusui kepada si kecil hingga bayi menjadi lebih tenang.

Kolik sendiri merupakan kondisi yang menantang bagi orang tua. Sehingga tak jarang hal tersebut akan menimbulkan rasa khawatir dan juga panik. Untuk itu, sebelum anda merasa cemas maka anda pun bisa mulai untuk melakukan beberapa cara tersebut ketika bayi menangis tak henti henti dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut tentuntya dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami oleh si kecil.