Sejatinya buah anggur sangatlah terlihat menyegarkan apabila dikonsumsi ketika Anda hamil. Selain itu, ada banyak manfaat buah anggur untuk ibu hamil. Namun ada kalanya buah anggur malah menyebabkan resiko yang tinggi bagi ibu hamil apabila dikonsumsi secara berlebih.

Adapun suatu hal yang tidak ditutup kemungkinannya yaitu memastikan bahwa semua gizi janin telah terpenuhi dengan sangat baik terutama jika ini adalah pengalaman pertama Anda hamil. Tentu saja jika ibunya ternutrisi, maka janin di dalam kandungan juga ternutrisi dengan baik.

Maka dari itu, tidak jarang juga ibu hamil yang sebelumnya memang sama sekali tidak menyukai sayuran, namun setelah hamil ia harus menyukai sayuran dan jumlahnya pun perlu ditingkatkan lagi. Sehingga kesehatan ibu hamil dan janin di dalamnya terjaga dengan baik.

Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

Adapun salah satu diantara sekian banyaknya buah yang bernutrisi yaitu anggur. Anggur seringkali menimbulkan kontroversi karena dianggap berbahaya bagi ibu hamil. Namun ada juga ibu hamil yang masih mengkonsumsinya karena mereka mampu menjaga jumlah asupan buah anggur itu sendiri.

Pada umumnya, konsumsi anggur berlebihan hanya akan membuat anggur tersebut menjadi beracun sebab kadar resveratrol sangat tinggi di dalam darah. Maka dari itulah, anggur dikenal sebagai buah yang cukup berbahaya. Tentunya ini hanya terjadi saat Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang sangat banyak.

manfaat buah anggur untuk ibu hamil

Supaya Anda tidak khawatir lagi selama mengkonsumsi buah anggur dalam jumlah yang wajar. Berikut ini kami sajikan manfaat buah anggur untuk ibu hamil.

1. Antiinflamasi

Manfaat pertama yaitu sebagai anti peradangan. Sifat antiinflamasin yang dimiliki anggur mampu mengontrol saat terjadinya peradangan sendi yang bisa saja memperburuk kehamilan Anda.

Kemampuan anggur dalam menghidrasi tentunya juga meningkatkan sistem kelembaban dari paru-paru itu sendiri. Sehingga Anda pun bisa dijauhkan dari penyakit asma yang bisa menyerang ibu hamil.

2. Antioksidan

Anggur termasuk salah satu buah yang sangat kaya dengan sifat antioksidannya seperti antosianin, flavonoid, geraniol, linalool, dan tanin. Sehingga manfaat buah anggur pun diyakini bisa menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Kemudian pastinya antioksidan akan mencegah tubuh Anda sehingga bisa terhindar dari berbagai infeksi yang menyerang tubuh.

3. Mengatasi kram otot

Jumlah magnesium sangat berpotensi untuk membantu ibu hamil dalam meredakan kram otot yang dialaminya terutama kejadian ini sangat sering dialami saat masa kehamilan. Meskipun kram otot termasuk masalah umum yang sering terjadi, namun tentunya dengan mengkonsumsi anggur akan mengurangi resiko terjadinya kram otot.

4. Mengatasi sembelit

Sembelit juga termasuk kondisi umum selama kehamilan karena adanya peningkatan dari hormon progesterone. Akibatnya terjadilah relaksasi otot-otot dalam tubuh termasuk juga usus. Hingga akhirnya kondisi tersebut menyebabkan timbulnya sembelit pada ibu hamil.

Namun beruntungnya anggur memiliki serat yang sangat berpotensi sebagai pencahar dan bisa mengatasi rasa sembelit selama kehamilan Anda.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Senyawa resveratrol dalam anggur mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh Anda, terutama saat masa kehamilan. Sebab senyawa tersebut akan meningkatkan kinerja dari empedu dan lemak darah pun bisa terkendali dengan baik.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi buahnya langsung bukan diolah menjadi jus terlebih dahulu. Sebab seratnya akan didapatkan lebih banyak saat Anda memakan anggur dalam kondisi yang masih sangat segar.

6. Menetralkan bakteri di rongga mulut

Adapun anggur juga mengandung asam organic. Asam organic ini telah diketahui bisa membantu untuk menetralkan bakteri yang terdapat di dalam rongga mulut ibu hamil. Selain itu, dengan adanya asam organic juga akan mendukung untuk pembentukan kalsium di dalam darah.

7. Menjaga jumlah haemoglobin tubuh

Anggur mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup sehingga zat besi ini pun akan menjaga tingkat dari haemoglobin Anda. Kadar haemoglobin pun akan berada pada jumlah yang normal di dalam tubuh.

Zat besi ini juga bisa mencegah agar ibu hamil tidak mengalami anemia selama masa kehamilannya karena kekurangan darah merah. Anemia sendiri akan cenderung membuat ibu hamil tampak lebih pucat dan juga lemas. Anda bisa memilih anggur merah yang telah terbukti mengandung zat besi lebih banyak dibandingkan jenis anggur yang lain.

8. Membantu metabolisme tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan, tidak hanya ibu hamil saja yang bisa merasakan manfaat dari buah anggur. Janin dalam rahim juga merasakan manfaat nutrisi yang dikonsumsi ibunya. Salah satunya yaitu vitamin B yang bisa membantu proses metabolisme tubuh dan tumbuh kembangnya janin juga menjadi lebih optimal.

Sementara untuk mendukung perkembangan dari sistem sarafnya maka akan Anda dapatkan dari sodium di dalam buah anggur ini.

Itulah manfaat buah anggur untuk ibu hamil. Namun Anda harus tahu bahwa jika dengan memakan anggur menimbulkan gejala lain yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Maka segeralah untuk menghentikan konsumsi buah tersebut dan lakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit.