Anak Albino atau albinisme merupakan suatu kondisi kurangnya kadar melanin dalam tubuh sehingga memberikan pengaruh terhadap warna kulit dan rambut. Dalam hal ini, biasanya penderita albino memiliki warna kulit pucat dan rambut putih. Namun, hal yang perlu Moms ketahui, kekurangan melanin dalam tubuh juga akan berpengaruh terhadap warna dan fungsi mata.

Jumlah penderita albino tergolong sedikit berdasarkan sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kejadian albinisme sebanyak 1:20.000 kelahiran. Namun, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu Moms ketahui lebih dalam mengenai anak albino. Yuk simak penjelasannya Moms!

Klasifikasi Albinisme

Umumnya, albinisme terjadi karena adanya gen yang bermutasi sehingga mengganggu produksi melanin. Dalam hal ini jumlah melanin yang dihasilkan oleh sel melanosit akan berkurang bahkan tidak diproduksi sama sekali. Terdapat beberapa klasifikasi albinisme berdasarkan gen yang bermutasi, yakni :

1. Albinisme Oculocutaneous (OCA)

Jenis albino ini dipengaruhi oleh adanya mutasi dari gen OCA1 hingga OCA7. Ketujuh gen ini bermutasi dan mengakibatkan menurunnya produksi melanin pada rambut, kulit, dan mata. Tidak hanya itu, menurunnya produksi melanin juga mengakibatkan menurunnya fungsi mata.

Jenis albinisme ini paling umum terjadi dan bisa diderita oleh anak yang memiliki garis keturunan albino OCA. Pola penurunan albinisme ini biasa disebut autosomal resesif dengan menurunkan satu gen salinan mutasi.

2.  Albinisme Okular

Albinisme okular memiliki angka kejadian yang lebih rendah dibandingkan albinisme OCA. Namun, jenis albinisme ini lebih banyak dialami oleh laki-laki dibandingkan wanita. Albinisme okular memiliki pola penurunan berupa X-linked recessive yang terjadi karena adanya mutasi gen kromosom X. Sehingga dapat disimpulkan bahwa albinisme ini bisa diderita oleh anak yang memiliki ibu penderita albino.

3. Albinisme Herediter

Anak albino dengan jenis albinisme herediter ini memiliki penyebab penyakit yang berasal dari garis keturunan. Terdapat pula beberapa penyakit yang memiliki keterkaitan dengan albinisme herediter seperti sindrom Chediak-Higashi.

anak albino

Penyebab dari sindrom ini adalah adanya mutasi gen LYST yang mengakibatkan adanya kelainan pada sel darah putih. Hal ini mampu meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi.

Terdapat pula sindrom Hermansky-Pudlak yang terjadi karena mutasi pada salah satu dari delapan gen pembentuk protein yang memiliki tanggung jawab untuk pembentukan Lysosome-Related Organelles (LROs). LROs ini juga teridentifikasi pada keping darah, melanosit, dan sel paru.

Kelainan yang terjadi pada LROs ini akan memunculkan albinisme okulokutaneus, kelainan paru-paru, usus, serta perdarahan.

Komplikasi Kesehatan yang Rentan Menyerang Anak Albino

Terdapat beberapa komplikasi kesehatan yang bisa terjadi pada anak penderita albino, yakni :

1. Masalah Mata

Menurunnya produksi melanin karena adanya mutasi gen tidak hanya mempengaruhi warna kulit, rambut, dan iris mata tetapi juga menurunkan fungsi penglihatan. Dalam hal ini, anak akan memiliki keterbatasan dalam penglihatan yang akan berpengaruh terhadap pembelajaran, pekerjaan, dan hal lainnya.

2.  Masalah Kulit

Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh anak albino adalah masalah kulit sensitif yang memberikan risiko yang besar terhadap kanker kulit dan penebalan kulit.

Hal ini tentunya karena kadar melanin dalam tubuh sangat minim sehingga pelindung kulit pun semakin menipis. Sehingga kulit mudah mengalami kerusakan terhadap paparan sinar matahari.

3. Masalah Sosial dan Emosional

Secara sosial, anak albino memiliki kondisi fisik yang berbeda dengan orang lain. Karena penderita albino ini termasuk dalam golongan minoritas sehingga terdapat kemungkinan adanya diskriminasi. Bahkan tidak sedikit penderita albino yang mengalami tindakan bullying dan hal lain yang berhubungan dengan penindasan.

Dengan kondisi ini, maka secara emosional penderita albino memiliki emosi yang tidak stabil. Dan cenderung kurang percaya diri saat tampil di depan umum bahkan hingga menimbulkan stres.

Perawatan yang Dapat Diberikan untuk Anak Albino

Beberapa perawatan yang bisa Moms berikan untuk anak albino, antara lain :

1. Penggunaan Kacamata

Adanya fungsi penglihatan yang menurun maka hal ini bisa diatasi dengan penggunaan kacamata yang sesuai dengan kondisi anak. Moms bisa memeriksakan anak terlebih dahulu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis kacamata yang cocok digunakan untuk sang buah hati.

2. Duduk di Barisan Depan Saat Memulai Pembelajaran

Untuk mengatasi masalah anak mengenai ketajaman mata saat belajar maka Moms bisa meminta guru untuk memberikan tempat duduk di barisan paling depan. Dengan ini, Moms tidak perlu khawatir nilai akademik akan terganggu karena kondisi penglihatan anak.

3. Menggunakan Tabir Surya

Dengan adanya kondisi kulit yang rentan terhadap kanker dan penyakit kulit saat terpapar sinar matahari. Maka Moms bisa memberikan tabir surya dengan SPF yang mampu memberikan perlindungan bagi si kecil. Moms bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau sesuai dengan saran dokter.

4. Pendampingan yang Lebih Intensif

Untuk mengontrol emosi dan mengetahui bagaimana interaksi anak dengan lingkungan sosialnya. Maka Moms bisa memberikan pendampingan secara intensi untuk anak seperti menanyakan kegiatan sehari-hari dan memberikan saran supaya anak tetap semangat dan tidak minder untuk bersosialisasi.

Demikian penjelasan mengenai anak albino yang bisa memberikan pengetahuan bagi Moms di rumah. Dengan adanya kelainan pada produksi melanin bukan berarti penderita albino memiliki kemampuan akademik yang berbeda dengan anak lainnya. Oleh karena itu, peran Moms di rumah sangat penting bagi anak untuk memberikan semangat setiap hari.

Tagged in: