Kehamilan merupakan masa yang penting bagi seorang ibu serta janin di dalam kandungannya, dan umumnya akan banyak terjadi keluhan ibu hamil. Itu karena perubahan hormon yang drastis menyebabkan tubuh Moms mengalami perubahan yang belum pernah dirasakan pada saat sebelum kehamilan.

7 Keluhan Ibu Hamil yang Paling Umum

Tentunya Moms tidak ingin keluhan-keluhan ini mengganggu proses kehamilan dan tumbuh kembang janin, bukan? Maka dari itu, Moms wajib tahu nih tips-tips untuk mengatasi keluhan tersebut.

1. Morning Sickness

Morning sickness biasanya ditandai dengan rasa mual dan muntah-muntah pada tahap awal kehamilan. Keluhan ini merupakan hal yang paling umum terjadi pada saat ibu sedang hamil dan biasanya terjadi selama tiga bulan pertama kehamilan. Bahkan beberapa dari Moms mungkin bisa berlangsung lebih lama.

Bila sedang mengalami keluhan ini, ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan, nih.  Misalnya dengan makan sedikit tapi sering, makan cemilan untuk ibu hamil, dan perbanyak istirahat. Selain itu, pastikan tubuh Moms tetap terhidrasi dengan perbanyak air serta menghindari alkohol dan kafein.

Yang tak kalah penting, kenakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat ya, Moms. Namun jika morning sickness yang Moms alami belum juga membaik setelah melakukan tips di atas, jangan ragu untuk memberi tahu bidan atau dokter.

2. Keluhan Konstipasi pada Ibu Hamil

Konstipasi atau sembelit juga sering terjadi pada wanita hamil, dimulai pada awal kehamilan dan berlanjut hingga awal trimester kedua. Keluhan ini tentu akan sangat mengganggu Moms dalam menjalani keseharian. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Moms disarankan untuk perbanyak makan makanan yang tinggi serat, seperti roti gandum, sereal gandum, buah dan sayuran, dan kacang-kacangan. Cobalah untuk berolahraga secara teratur untuk menjaga otot-otot Moms tetap kencang. Jangan lupa untuk banyak minum air putih dan menghindari suplemen zat besi.

3. Pusing Selama Kehamilan

Keluhan ibu hamil yang paling umum selanjutnya adalah mudah merasa pusing. Untuk mengatasinya, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen tidak direkomendasikan selama masa kehamilan, ya Moms. Ibuprofen dapat menyebabkan keguguran dan dapat mengganggu fungsi ginjal.

Aspirin juga tidak dianjurkan untuk menghilangkan rasa pusing selama hamil karena dapat meningkatkan risiko perdarahan. Sebaiknya, Moms konsumsi parasetamol karena lebih aman. Tetapi konsumsi parasetamol hanya jika diperlukan, ya. Selain mengonsumsi obat, Moms juga bisa mengikuti kelas pregnancy yoga supaya lebih rileks.

4. Perubahan Kulit

Tak sedikit wanita akan mengalami perubahan pada kulit selama kehamilan. Ini sepenuhnya normal dan tidak perlu Moms khawatirkan. Perubahan kulit tersebut di antaranya hiperpigmentasi atau penggelapan pada puting dan area genital, muncul stretch mark pada area perut dan paha, jerawat, serta varises di kaki.

Hal ini wajar karena selama hamil, tubuh Moms memproduksi lebih banyak sebum pada kelenjar minyak. Tips yang bisa Moms lakukan antara lain menggunakan pelembab dan sunscreen, konsumsi yoghurt, dan rajin berjalan kaki supaya peredaran darah Moms tetap lancar.

5. Pergelangan Kaki Bengkak

keluhan ibu hamil

Keluhan ini juga kerap dialami ibu hamil, terutama pada awal trimester ketiga hingga menjelang persalinan. Itu karena tubuh Moms menahan lebih banyak air dari biasanya.

Untuk meminimalkan pembengkakan, sebaiknya Moms jangan terlalu sering berdiri untuk waktu yang lama, pakai sepatu yang nyaman, dan lakukan senam kaki. Jika pembengkakan tidak juga berkurang, mintalah dokter atau bidan untuk memeriksakan tekanan darah Moms.

6. Sakit Gigi dan Gusi

Keluhan ibu hamil selanjutnya yaitu lebih rentan mengalami sakit gigi dan gusi. Selama kehamilan, perubahan hormonal dalam tubuh Moms dapat menyebabkan plak yang membuat gusi jadi lebih meradang dan bahkan membengkak. Keluhan ini biasanya sembuh begitu bayi Moms lahir.

Tipsnya rajinlah menyikat gigi dua kali sehari selama 2 menit dan kurangi konsumsi makanan serta minuman yang banyak mengandung gula dan asam. Bila sakit gigi dan gusi Moms tidak tertahankan, maka hubungi dokter gigi untuk penanganan yang lebih professional.

7. Keputihan

Hampir semua bumil pernah mengalami keputihan selama masa kehamilan. Keputihan yang normal umumnya berwarna putih atau bening dan tidak berbau terlalu menyengat. Jika keputihan yang Moms alami berwarna, berbau aneh, merasa gatal, atau sakit, maka bisa jadi Moms mengalami infeksi

Untuk membantu mengatasinya, sebaiknya Moms mengenakan pakaian dalam berbahan katun yang longgar. Namun, jika tidak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter atau bidan.

Sudah Tahu Apa Saja Keluhan Ibu Hamil yang Umum Terjadi?

Nah, itulah beberapa keluhan ibu hamil yang paling umum terjadi selama masa kehamilan. Dengan mengetahui jenis-jenis keluhan serta tips mengatasinya, semoga Moms bisa menjalani masa kehamilan dengan nyaman dan aman, ya.