Kebutuhan ASI Bayi – Menyusui merupakan proses alamiah untuk memberi nutrisi terbaik kepada bayi secara optimal. Bahkan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sangat menyarankan ibu menyusui secara eksklusif selama 6 bulan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) hingga bayi berusia 2 tahun. 

Setelah itu Bunda perlu menyesuaikan kebutuhan ASI bayi sesuai dengan usia bayi Bunda. Ini penting karena ada yang beranggapan sejumlah wanita tidak menghasilkan ASI yang cukup untuk bayi, padahal, kebutuhan asi bayi itu sendiri berbeda-beda, loh. Untuk itu, berikut telah kami rangkum informasi terkait kebutuhan ASI bayi sesuai jenjang usianya.

Bayi baru lahir (newborn)

Bayi baru lahir memiliki ukuran lambung yang masih sangat kecil, sehingga kebutuhan  terhadap ASI masih sedikit. Namun, Bunda harus tahu bahwa kebutuhan ASI bayi baru lahir itu akan berubah-ubah dalam hitungan hari, yaitu:

  • Bayi berusia 24 jam: 5-7 ml
  • Bayi berusia 3-5 hari: 22-27 ml
  • Bayi berusia 10-14 hari: 60-85 ml

Nah, kebanyakan bayi baru lahir akan menyusu setiap 2—3 jam sekali. Namun, ketika bayi memperlihatkan tanda-tanda ingin menyusu, seperti gelisah, terus menangis, sampai memperlihatkan tanda-tanda lainnya, Bunda juga bisa langsung memberikan bayi ASI. 

Bayi usia 1 bulan

Saat bayi berusia 1—2 bulan, biasanya bayi akan menyusu setiap 1,5 sampai 3 jam setiap sesinya, dengan kebutuhan ASI bayi sekitar 80—150 ml dalam sekali menyusu. 

Bayi usia 2 bulan

Yang perlu Bunda ketahui adalah kebutuhan ASI bayi 2 bulan akan mengalami peningkatan seiring perubahan ukuran lambungnya setiap bertambah usia. Namun, semakin panjang pula jeda di antara 2 waktu menyusu.

Saat bayi berusia 2 bulan, biasanya bayi akan menyusu setiap 1,5 sampai 3 jam setiap sesinya, dengan kebutuhan ASI bayi sekitar 120—150 ml dalam sekali menyusu. 

Bayi usia 3—4 bulan

Ketika bayi berusia 3—4 bulan, kebutuhan ASI bayi itu sekitar 120-180 ml dalam sekali menyusu. Di usia ini pula Bunda yang bekerja mulai kembali ke kantor. Sehingga harus mulai menyimpan stok ASI perah untuk diminum bayi saat Anda tinggalkan selama 8—10 jam per hari.

Bayi usia 5 bulan

Di usia bayi 5 bulan,  bayi maksimal membutuhkan asi sebanyak 240 ml per menyusu. Biasanya, semakin bertambahnya usia, frekuensi menyusu pun semakin berkurang. Di mana bayi 5 bulan akan menyusu setiap 4 atau 5 jam sekali. 

Bayi usia 6—24 bulan

Setelah bayi menginjak usia 6 bulan, Bunda bisa merasa lebih lega karena kebutuhan ASI bayi berkurang menjadi 720—840 ml per harinya. Karena pada usia ini, mereka bisa mulai mendapatkan nutrisi lain dari  MPASI. Dengan catatan bahwa tekstur makanannya masih lembut. 

Sedangkan untuk usia 7—24 bulan, Pusat Pelayanan Kesehatan Inggris (NHS) mengungkapkan bahwa bayi pada usia 6-24 bulan adalah sebagai berikut sebagai berikut:

  • 7-9 bulan: 600 ml per hari
  • 10-12 bulan: 400 ml per hari
  • 13-24 bulan: 350-400 ml per hari

Akan tetapi, ada juga beberapa bayi yang menyusu atau meminum ASI lebih banyak dari jumlah yang disebutkan di atas. Hal tersebut adalah hal yang normal, jadi Bunda tetap bisa berikan ASI sesuai kemauan bayi, ya!

Tagged in:

,