Tahukah, Moms?  Memilih KB aman untuk busui adalah hal yang sangat penting mengingat harus ada jeda waktu tertentu hingga Moms bisa hamil kembali. Pemberian jarak usia pada anak sangatlah penting agar Moms bisa berfokus pada gizi satu anak saja untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

Sekalipun menyusui bisa menjadi alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan bagi ibu menyusui (busui).  Anda akan tetap membutuhkan KB atau alat kontrasepsi lainnya yang juga aman dalam mencegah kehamilan.

Pilihan KB aman untuk busui saat ini sangatlah banyak di pasaran yang dapat Moms gunakan dalam jangka panjang sampai Moms berhenti menyusui.

5 Pilihan KB Aman untuk Busui

Stunting menjadi isu yang hangat di Indonesia belakangan ini. Salah satu penyebab terjadinya stunting adalah jarak usia anak yang terlalu dekat. Oleh karena itu, pemerintah menyarankan ibu untuk memberi jarak kelahiran pada anak.

Berikut ini 5 rekomendasi KB aman untuk busui yang bisa Moms pilih sebagai langkah pencegahan kehamilan dalam waktu dekat:

1. Kondom

Kondom adalah salah satu KB aman untuk busui karena tidak ada efek samping tertentu yang akan dirasakan ibu. Alat kontrasepsi ini pun sangat mudah digunakan karena hanya akan dipakai setiap kali berhubungan seksual.

Satu-satunya efek samping dari pemakaian kondom ini adalah kemungkinan terjadinya kerusakan kondom saat berhubungan seksual. Namun jangan khawatir, Moms bisa menambahkan spermisida, sebuah foam atau krim yang bisa membunuh sperma.

Hal ini dapat membuat persentase resiko kehamilan semakin rendah. Moms pun tidak perlu khawatir dengan spermisida karena tidak mengandung hormon apapun.

2. IUD

IUD atau intrauterine device adalah salah satu KB yang aman untuk busui dan bisa Moms gunakan dalam jangka panjang. Alat kontrasepsi ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk huruf T. Cara memasang alat kontrasepsi ini adalah dengan memasukannya ke dalam rahim Moms.

Kontrasepsi ini memiliki dua jenis, yakni IUD Tembaga yang tidak mengandung hormon sama sekali dan IUD yang berisi hormon progesteron. Keduanya adalah pilihan KB yang aman untuk busui karena tidak akan mempengaruhi produksi ASI.

3. Implan

KB Implan adalah pilihan aman untuk busui yang tidak suka memasukkan alat ke dalam rahim. Alat kontrasepsi ini menggunakan implan yang mengandung hormon progesteron yang ditempatkan di bawah kulit pada lengan atas.

Alat kontrasepsi ini bisa Moms pakai untuk mencegah kehamilan secara efektif hingga tiga tahun. Sama seperti IUD, implan tidak mempengaruhi produksi ASI karena hanya mengandung hormon progesteron.

4. KB Suntik

KB Suntik adalah jenis kontrasepsi yang menyuntikkan hormon progesteron kepada busui. Jenis KB suntik ini bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali melalui penyedia layanan kesehatan seperti bidan, puskesmas, dan masih banyak lagi.

KB ini sangatlah aman untuk busui dan juga umum digunakan di Indonesia. Karena tidak mempengaruhi produksi ASI pada busui. Hanya saja, efek samping dari KB suntik ini adalah kesulitan mengembalikan masa subur. Moms akan butuh waktu sekitar 1 tahun untuk dapat mengembalikan masa subur.

5. Pil KB

kb aman untuk busui

Pil KB adalah alat kontrasepsi yang umum digunakan dan masih sangat aman untuk busui. Sekarang ini ada dua pil KB yang bisa Moms pilih, yaitu pil KB kombinasi dan pil KB mini.

Pil KB kombinasi merupakan jenis kontrasepsi hormonal yang berisi gabungan hormon estrogen dan progestin yang disebut sebagai ethinylestradiol. Kedua hormon ini sebenarnya sudah diproduksi secara alami dalam tubuh. Namun, dengan minum pil KB ini membantu pencegahan kehamilan semakin efektif.

Sayangnya, Pil KB kombinasi ini tidak terlalu dianjurkan untuk dikonsumsi oleh busui. Karena kandungan hormon estrogen yang ada di dalam pil KB kombinasi dapat mempersingkat jangka waktu pemberian ASI eksklusif.

Selain itu, mengkonsumsi Pil KB Kombinasi dapat mengakibatkan penggumpalan darah pada busui apabila dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa minggu setelah kelahiran.

Selanjutnya, ada juga pil KB mini yang disebut dengan mini pil, yakni alat kontrasepsi yang hanya mengandung progestin di dalamnya. Sehingga relatif lebih aman untuk ibu menyusui dibandingkan dengan pil KB kombinasi karena tidak mempengaruhi produksi ASI.

Sebaliknya, kandungan progestin dan progesterone dalam pil ini dapat memperlancar ASI, lho Moms. Moms dapat mengkonsumsi pil ini dalam waktu 6 – 8 minggu setelah melahirkan. Jangan lupa untuk meminumnya sesuai dengan resep yang diberikan dokter.

Kira-Kira, Mana Alat Kontrasepsi yang Moms Pilih?

Ada banyak sekali pilihan KB aman untuk busui, namun tetap harus menyesuaikan alat kontrasepsi dengan kondisi tubuh Moms. Alat kontrasepsi yang kami bahas sebelumnya adalah alat kontrasepsi yang relatif mudah untuk ditemukan dan harganya cukup terjangkau bagi semua kalangan.