Mengetahui usia yang tepat untuk memasukkan anak ke dalam sekolah adalah hal mendasar yang perlu untuk diketahui oleh kedua orang tua. Hal ini dikarenakan terdapat orang tua yang memasukkan anaknya ketika masih berusia 1 tahun. Sebenarnya, kapan anak masuk sekolah yang tepat? Untuk itu, anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Kapan Waktu Yang Tepat Bagi Anak Untuk Masuk Sekolah

Kapan Anak Masuk Sekolah

1. Ditentukan Oleh Kesiapan Fisik

Ketika ingin memasukkan anak ke dalam sekolah, maka anda pun juga perlu untuk mengetahui adanya beberapa hal yang perlu untuk anda pertimbangkan. Salah satunya adalah faktor kesiapan secara fisik. Selain itu, motorik dari anak pun juga bisa menjadi salah satu alasan penting anak untuk masuk sekolah. Untuk itu, sebagai orang tua maka anda pun bisa memantau bagaimana perkembangan dari motorik anak.

Sehingga nantinya anda pun menjadi tahu kapan anak masuk sekolah dengan waktu yang tepat. kemampuan motorik seperti sanggupkah ia menggambar secara sederhana, memegang pensil dan berpakaian secara mandiri merupakan salah satu hal yang perlu untuk anda perhatikan. Hal ini dikarenakan ketika si kecil masih belum sanggup untuk melakukan hal tersebut maka nantinya akan berimbas pada kepribadian dan juga lingkungannya.

Dimana ketika anak anda masih tidak mampu untuk melakukan hal yang kecil, maka kemungkinan si kecil akan menjadi tidak percaya diri. Selain itu, juga bisa berakibat nantinya ia menjadi dikucilkan oleh teman teman lainnya. Hal tersebut merupakan hal awal yang tidak menyenangkan dan mungkin bisa menyebabkan anak menjadi tidak ingin untuk bersekolah kembali.

 

Kapan Anak Masuk Sekolah

2. Ditentukan Oleh Kesiapan Emosional

Selain ditentukan oleh kesiapan fisik dan motorik, kapan anak masuk sekolah juga bisa ditentukan dengan kesiapan dari emosionalnya. Di dalam faktor satu ini, maka anak pun haruslah mampu untuk memiliki ketenangan dan mampu untuk mengatasi beberapa hal. Salah satunya adalah mampu untuk berbicara secara jelas kepada orang yang lebih dewasa. Mulai dari meminta pertolongan ataupun bertanya tentang hal yang bisa dilakukannya ketika sedang berada di sekolah.

Selain itu, anda pun juga perlu untuk memperhatikan gerak gerik anak. apakah si kecil telah siap untuk anda tinggal ketika sedang berada di sekolah. Maka apabila anak anda masih menangis dan tidak ingin ditinggal, maka anda pun bisa menundanya untuk masuk sekolah terlebih dahulu. Terutama ketika si kecil masih dalam usia 3 tahun. Tentu saja hal tersebut akan membuat si kecil menjadi stres.

Sehingga, bila anak anda merasakan stres selama anda tinggai di sekolah, maka nantinya sekolah pun akan menambah stres si kecil. Untuk itu, anda pun perlu memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada anak anda sebelum anda meninggalkannya di sekolah. Disini, anda bisa menjelaskan bahwa anak perlu berpisah sebentar selama berada di sekolah.

Dengan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti oleh si kecil, maka nantinya hal tersebut akan bisa mengurangi kecemasan yang dirasakan oleh anak anda. Sehingga anda pun menjadi tahu kapan anak masuk sekolah yang tepat. Anda pun juga perlu menjelaskan bahwa waktu berpisah hanyalah sementara. Sehingga ketika setelah selesai sekolah, anda pun akan bisa untuk bertemu dengan si kecil kembali.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin memasukkan si kecil ke sekolah. Anda pun tentunya perlu untuk memperhatikan kesiapan dari segi fisik maupun emosional. Apabila anak anda belum siap untuk masuk ke sekolah, maka anda pun bisa menunda dulu dan memberikannya pengertian tentang dunia sekolah.

Tagged in:

,