Demam adalah salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi, sehingga penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit umum yang akan bisa sembuh selama kurang lebih 3 hari. Namun demam tentu akan membuat tidak nyaman khususnya untuk anak anak. Jangan terburu panik bila anak demam, gunakan 5 tips ini untuk mengatasi anak demam. 

5 Cara Mengatasi Demam Pada Anak

baca juga : Tips Mengatasi Anak Kecanduan Handphone Yang Wajib Dikenali Dan Dihindari Sedari Dini!

1. Pakaikan baju yang longgar

Bila si kecil terserang demam, maka anda bisa membuat si kecil nyaman dahulu. Demam akan membuat si kecil menjadi tidak nyaman dan menjadi rewel. Salah satu caranya adalah dengan memakaikan pakaian yang longgar kepada anak. Pilih pakaian dengan bahan yang nyaman seperti katun sehingga akan membuat badan si kecil lebih dingin dan sejuk. 

2. Turunkan demam dengan kompres

Mengatasi anak demam juga bisa dengan menggunakan kompres air dingin. Cara tradisional ini memang masih terbukti ampuh untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak yang sedang tinggi. Metode ini sudah lama digunakan dan bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi demam agar tidak semakin tinggi. 

Dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini, banyak produk penurun panas yang berbentuk kemasan sudah dijual dengan praktis. Kompres berupa plester banyak dijual yang akan membantu menurunkan demam pada anak lebih praktis. Bila anda tidak punya handuk basah dan air dingin maka produk ini bisa digunakan sebagai alternatif. 

3. Mandi dengan air hangat

Bila sedang demam maka pasien tidak boleh mandi. Anggapan tersebut banyak dipercaya namun tidak sepenuhnya benar. Siapa bilang seseorang yang demam malah tidak boleh mandi. Justru mandi adalah salah satu cara untuk menurunkan demam yang ampuh dan mempunyai fungsi yang sama dengan cara kompres. 

Memang cara mandinya tidak seperti mandi mengguyurkan air ke badan atau dengan cara berendam, namun dengan menyeka tubuh ecara menyeluruh. Bila di kecil demam, maka anda juga bisa membantu mengatasi anak demam dengan cara menyeka seluruh tubuhnya dengan menggunakan air hangat yang nyaman dibantu dengan handuk yang lembut. 

Jangan-Panik-Gunakan-5-Tips-Mengatasi-Anak-Demam-Saat-Musim-Hujan-yang-Ampuh-Disini

4. Minum obat penurun panas

Beberapa obat penurun panas khusus untuk anak naka juga disarankan untuk dikonsumsi dengan dosis yang tepat, Obat penurun panas ini akan membantu menurunkan demam pada anak dengan cara yang efektif. Beberapa jenis obat demam yang biasa dikonsumsi antara lain seperti acetaminopen dan ibuprofen.

Untuk Acetaminophen akan dapat digunakan untuk anak usia 2 tahun lebih. Sedangkan untuk Ibuprofen akan disarankan untuk digunakan pada anak diatas umur 6 bulan. Sebelum menggunakannya, maka anda harus lebih memperhatikan dosis pemakaian yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan dokter untuk pemakaian lebih lanjut. 

5. Lebih banyak minum air putih 

Selain memberikan obat, jangan lupa juga untuk terus memastikan si kecil mendapatkan asupan cairan tubuh yang cukup. Minum banyak air putih juga akan membantu mengatasi anak demam dengan efektif. Cairan tubuh yang cukup ini akan membantu menetralkan suhu tubuh dan membuat demam menjadi turun. 

Itu dia sekilas tentang cara mengatasi deman pada anak yang bisa anda gunakan di rumah. Musim hujan dan kondisi cuaca yang sedang tidak menentu saat ini memang membuat banyak orang tua khawatir tentang kondisi kesehatan anaknya. Jangan terburu panik bila anda demam atau flu, anda bisa gunakan beberapa cara singkat diatas.