ASI atau Air Susu Ibu wajib diberikan mulai dari bayi pertama lahir hingga berusia 6 bulan. Pada fase ini pemberian ASI harus diperhatikan dengan benar. Pemberian ASI tidak boleh ditambahkan dengan asupan apapun. Meski begitu ada banyak ibu yang masih belum tahu apa saja manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi. Untuk itu simak manfaatnya berikut.

Manfaat Memberikan ASI Secara Eksklusif

baca juga : Yuk Simak 4 Tips Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Aman

1. Mencegah Bayi Terserang Penyakit

Manfaat pertama dari pemberian ASI eksklusif pada bayi adalah meningkatkan ketahanan tubuh bayi. ASI eksklusif yang diberikan ibu mempunyai peranan yang sangat penting bagi bayi. ASI ini bisa mencegah bayi terserang berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan. Hal ini karena air susu yang diproduksi oleh tubuh memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik baik perkembangan bayi.

ASI sendiri ternyata mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan virus dan bakteri di tubuh bayi. Bayi yang diberi ASI eksklusif berisiko lebih kecil terserang penyakit seperti asma, diare, alergi, dan penyakit lainnya. Selain itu manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi adalah berisiko lebih rendah mengalami obesitas dan diabetes.

2. Berat Badan Anak Ideal

Bayi yang mendapat asupan ASI eksklusif kan cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan. Ada banyak bayi baru lahir yang mengalami berat badan kurang atau bahkan obesitas. Hal ini disebabkan oleh ibu yang tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Air susu ibu ini ternyata lebih sedikit merangsang produksi insulin daripada susu formula.

Jadi pemberian ASI eksklusif tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. ASI juga mendukung pertumbuhan bakteri sehat yang hidup di dalam sistem pencernaan. Pemberian ASI eksklusif pada bayi juga akan mempererat hubungan antara ibu dan anak. Itulah manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi dan ibu.

3. Mengurangi Resiko Sindrom Kematian Bayi Mendadak

Sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS) adalah kematian pada bayi baru lahir yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan. Sindrom kematian bayi mendadak ini terjadi pada bayi berusia di bawah satu tahun yang nampak sehat. Seringnya, kematian mendadak ini terjadi pada saat bayi sedang tidur pulas.

Pemberian ASI eksklusif ini mampu mengurangi resiko terjadinya SIDS. Terdapat penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang menunjukkan bahwa pemberian ASI dalam mengurangi resiko terjadinya sindrom kematian mendadak ini baru akan terlihat jika diberikan secara eksklusif selama minimal dua bulan.

Jangan-Disepelekan-Ini-Manfaat-ASI-Eksklusif-Untuk-Kesehatan-Bayi

4. Membuat Anak Cerdas

Manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi yang diberikan selama 6 bulan ini tidak main-main. Bayi yang diberikan ASI eksklusif ini akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi daripada bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif. Hal ini dikarenakan asam lemak yang terkandung dalam air susu ibu memiliki peranan yang sangat penting bagi kecerdasaan otak si kecil. 

5. Mendapat Limpahan Kolesterol

Lain halnya dengan orang dewasa yang tidak boleh mengonsumsi banyak kolesterol, bayi baru lahir sangat membutuhkan asupan kolesterol. Air susu ibu mengandung banyak nutrisi di dalamnya, salah satunya adalah kolesterol. Nutrisi ini sangat dibutuhkan bayi untuk menunjang proses tumbuh kembangnya.

ASI juga mengandung antibodi yang membantu bayi tetap sehat dan terhindar dari alergi. ASI bisa menunjang dan membantu proses perkembangan otak dan fisik bayi. Selama enam bulan pertama, ASI eksklusif yang diberikan pada si kecil akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan otak serta fisik bayi selama kedepannya.