Belajar lebih dalam seputar anak dan parenting adalah hal yang menyenangkan, terlebih bagi anda ibu ibu muda. Tingkah bayi kerap kali menjadi petunjuk tentang apa yang sedang dia rasakan. Jam jam rawan bagi anak untuk rewel adalah dimalam hari. Lantas apa saja alasan anak Gelisah Saat Tidur? Yuk simak informasi lengkapnya!

Alasan Anak Rewel Saat Tidur

baca juga : Awas Pergantian Musim Picu Alergi! Simak Gejala Alergi Yang Wajib Diwaspadai

1. Sakit

And yang memiliki anak bayi tentu perlu mengamati setiap gerak gerik si kecil untuk dapat mengerti apa yang diperlukan oleh mereka. Anda pun perlu mengenal apa saja penyakit yang biasa terjadi kepada mereka. Salah satu yang paling umum adalah demam. Gangguan kesehatan ini biasanya terjadi di pagi hari sehingga membuat perutnya terasa kaku. 

Penyakit lain yang erat kaitannya dengan bayi yang rewel adalah sesak nafas dan nyeri perut, kedua penyakit ini rentan diderita oleh anak kecil karena sistem kekebalan tubuh yang belum kuat dan pencernaan yang masih lemah. Anda bisa menerimanya minyak telon di bagian perut agar merasa lebih nyaman dan membungkus tubuh si kecil dengan bedongan ketika hendak bekerja. 

2. Mimpi Buruk

Ternyata anak anak bahkan bayi pun bisa mengalami yang namanya mimpi buruk. Alasan anak gelisah saat tidur yang berikutnya berkaitan dengan hal tersebut. Cara yang bisa anda lakukan tentang hal ini adalah memberikan perhatian dengan mengusap tubuh mereka dengan perlahan, hal ini akan membuat perasaannya menjadi lebih baik.

Lantas bagainana jiak anak sudah terlanjrut terbangin di malam hari? Tidak ada vara istimewa, anda hanya perlu memeluk anak hingga kembali tertidur. Jika dia sudah terlanjur terbnagun, maka lelapkan kembali dengan menepuk bagian punggung secara perlahan untuk melepas rasa gelisahnya. Dalam hal ini, setiap ibu memiliki teknik yang berbeda beda. Lakukan saja apa yang biasa anda lakukan. 

Jangan-Dianggap-Remeh-Yuk-Simak-4-Alasan-Anak-Gelisah-Saat-Tidur

3. Lingkungan Yang Tidak Nyaman

Anak kecil sangat sensitif dengan gangguan lingkungan ketika tidur bahkan suara sedikit saja bisa membuat mereka terbangun. Perlu anda ketahui pula bahwa anak akan mudah merasa gelisah ketika kondisinya panas atau terlalu dingin. Suhu udara yang tidak pas juga dapat menjadi alasan anak gelisah saat tidur. Disamping itu, usahakan agar kondisi rumah tetap tenang dan minim sumber keributan.

Selain suhu dan suara, lingkungan yang nyaman bagi bayi adalah kondisi yang gelap. Sebenarnya poin ini sama seperti  orang dewasa. Kebanyakan orang lebih suka tidur dengan mematikan lampu dibandingkan dnegan tidak. Namun jika dibandingkan dengan faktor yang lain, maka faktor cahaya adalah yang pengaruhnya tidak terlalu signifikan. 

4. Sedang Tertekan Atau Stress

Apa yang dialami oleh si kecil di hari tersebut akan berpengaruh pada ketenangannya ketiak sedang tidur. Ketika anak baru saja mendapat kejadian yang kurang menyenangkan, maka anak akan cenderung rewel saat menjelang tidur. Teknik yang bisa anda lakukan sama seperti ketika memenangi anak yang rewel karena mimpi buruk.

Anda perlu membuatnya merasa aman dan nyaman ketika tidur. Selain itu, anda juga perlu menemaninya sepanjang malam untuk membuat mereka semakin merasa dilindungi. Sejatinya memperlakukan bayi maupun balita tidak jauh berbeda. Alasan anak gelisah saat tidur pun tetap sama dan disitulah peran anda diperlukan.  

Ada baiknya, anda sebagai orang tua menggali informasi lebih dalam terkait dengan penanganan bayi dan anak. Dengan menggali informais tersbeut, maka anda akan mengenal berbagai teknik yang nantinya memudhakan anda dalam merawat dan mendidik si kecil. Gunakan pula sumber terpercaya agar teknik atau info yang diberikan tidak salah.