Panduan Jam Tidur Bayi – Kebutuhan tidur bayi dan orang dewasa tentunya berbeda. Bayi memang lebih banyak waktu tidurnya. Karena tidur yang cukup diperlukan oleh bayi untuk mendukung perkembangan dan tumbuh kembangnya. Ibu harus tahu bahwa hormon perkembangan justru menjadi aktif ketika mereka sedang terlelap.

Nah, jam tidur bayi yang baru lahir dengan bayi yang sudah hampir berusia 1 tahun pun berbeda. Untuk itu, berikut kami sajikan informasi mengenai panduan jam tidur bayi sesuai dengan usianya.

jam tidur bayi baru lahir

Bayi baru lahir

Dilansir dari stanfordchildrens.org, bayi baru lahir biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 16 jam. Jam tidur bayi dibagi menjadi 8 jam tidur siang dan 8 jam tidur malam. Namun, pola tidur bayi pada usia ini masih belum beraturan. Bayi biasanya akan terbangun 1 atau 2 jam sekali ketika merasa lapar atau merasa tidak nyaman.

Bayi 1 bulan

Ketika usia bayi memasuki 1 bulan, durasi tidurnya menjadi 15,5 jam sehari. Di mana jam tidur bayi 1 bulan bisa terbagi menjadi 7 jam tidur siang dan 8—9 jam untuk tidur malam. Di usia ini, bayi biasanya sudah mulai mengenali siang dan malam. Umumnya bayi akan lebih banyak menghabiskan jam tidurnya di malam hari.

Bayi 3 bulan

Pada usia 3 bulan, durasi tidur bayi tidak jauh berbeda dengan bayi 1 bulan, yaitu sekitar 15 jam sehari. Namun perbedaannya, pada usia ini jam tidur siang bayi menjadi 4—5 jam dan durasi tidur malam bayi menjadi 10—11 jam.

Bayi 6 bulan

Saat menginjak usia usia 6 bulan, bayi memerlukan tidur sebanyak 14 jam sehari. Umumnya durasi ini akan terbagi menjadi 4 jam untuk tidur siang dan 10 jam untuk tidur malam.

Bayi 9—12 bulan

Sama seperti usia 6 bulan, durasi tidur bayi berusia 9—12 bulan juga 14 jam sehari. Yang membedakannya adalah pembagian jam tidurnya. Bayi akan tidur 3 jam di siang hari dan 11 jam di malam hari. Terkadang di usia ini, bayi merasa sulit tidur atau bahkan tidak mau tidur jika tidak bersama dengan orang tuanya. Di usia ini juga biasanya gigi pertama bayi akan tumbuh. Nah, rasa tidak nyaman saat gigi mulai tumbuh ini juga bisa memengaruhi pola tidur bayi.

Bayi 18 bulan

Semakin bertambahnya usia, durasi tidurnya pun akan berkurang. Bayi 18 bulan membutuhkan sekitar 13,5 untuk tidur. Di mana jam tidurnya terbagi menjadi 2,5 jam tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.

Bayi 24 bulan

Tidak beda jauh, jam tidur yang baik bagi bayi 24 bulan yaitu 13 jam sehari. Di mana jam tidurnya terbagi menjadi 2 jam tidur siang dan 11 jam untuk tidur malam.

Nah, itulah perkiraan jam tidur bayi sesuai dengan usia pada umumnya. Ibu perlu tahu bahwa biasanya ketika usia bayi 10-12 bulan, Ibu sudah bisa memprediksi jadwal tidur siang bayi. Namun, jika bayi masih belum memiliki jadwal tidur siang yang bisa diprediksi, cobalah untuk mulai membuatnya!

Ibu bisa memulai dengan menerapkan waktu-waktu krusial untuk tidur siang maupun tidur malam bagi si kecil. Kemudian lakukanlah secara rutin agar bayi menjadi terbiasa dengan jadwal tersebut.

Karena dengan pola tidur yang terjadwal ini akan membantu Ibu untuk memastikan jika bayi memiliki tidur yang cukup. Namun Ibu harus menyadari bahwa kebiasaan tidur setiap anak itu berbeda, bisa saja bayi Ibu membutuhkan waktu tidur yang lebih atau kurang dari daftar di atas. Atau bahkan durasi tidurnya terbalik, di mana malamnya tidur sebentar sedangkan bayi terlelap hingga berjam-jam pada siang hari.

Ibu juga bisa mencoba pijat bayi agar bayi merasa nyaman karena salah satu manfaat pijat bayi adalah membuat bayi tidur lebih nyenyak. Yang perlu Ibu ingat adalah pola tidur yang tidak sama pada setiap anak ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, usia, kondisi tubuhnya, waktu menyusui, serta aktivitas harian orang-orang di sekitarnya. Bagaimana pun itu, tetap saja Ibu harus memastikan jam tidur bayi tercukupi.

Tagged in:

,