Rekomendasi Jajanan Sehat Anak Sekolah – Sebagai orang tua, tentu saja Bunda merasa khawatir apakah jajanan yang ada di sekolah anak aman atau tidak. Karena Bunda tidak bisa tidak bisa selalu mengontrol apa yang dimakan oleh anak, terutama ketika mereka berada di sekolah atau di luar. Terlebih jika mereka tidak membawa bekal dari rumah, banyaknya jajanan yang menggugah selera ini sering membuat anak Bunda tergoda untuk membelinya.

Apalagi, belakangan ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan banyak camilan anak-anak yang ternyata tidak layak konsumsi. Sehingga jajanan tidak sehat yang juga tidak memenuhi standar keamanan ini kemudian ditarik dari peredaran. Mirisnya, jajanan-jajanan yang ditarik inilah yang laris manis di sekolah. 

Oleh sebab itu, Bunda sebagai orang tua harus cermat dan mengupayakan untuk selalu tahu apa yang dimakan anak di sekolah. Bunda bisa memberikan panduan pada mereka ketika akan membeli jajanan sehat atau Bunda sendiri yang memberi bekal jajanan sehat anak sekolah pada si kecil. Berikut ini Detikbayi rekomendasikan jajanan anak sekolah yang sehat dan praktis sehingga bisa Bunda buat di rumah, silakan dicoba!

Daftar Jajanan Anak Sekolah

Martabak manis

Salah satu contoh jajanan sehat anak sekolah yang bisa direkomendasikan ke anak atau bahkan Bunda yang membuatnya sendiri adalah martabak manis. Terlebih makanan manis itu sangat digemari anak-anak. Kalau dirasa martabak berukuran normal itu terlalu besar.

Bahan baku yang digunakan sangat mudah sekali didapatkan, seperti susu, terigu, dan telur. Prosesnya pun dipanggang tanpa minyak sehingga martabak mini bisa menjadi salah satu pilihan jajanan anak sekolah yang praktis namun tetap memiliki gizi yang penting untuk anak. Topping yang diberikan di atas martabak pun bisa beragam, sesuai kesukaan anak.

Sosis Mie

Sosis mie juga terbilang sebagai jajanan yang sedang trend saat ini. Sajian ini bisa menjadi alternatif ketika anak bosan. Rasanya yang gurih membuat sosis mie bisa menggugah selera anak. Kandungan protein dan nutrisi yang ada di dalam sosis juga baik untuk anak dan juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa.

Bunda juga bisa menambahkan saus yang dibuat sendiri untuk menambah cita rasa sosis mie yang dihidangkan. Cocok sekali kan untuk dijadikan jajanan sehat anak sekolah.

Yoghurt

yoghurt

Yoghurt merupakan jajanan sehat anak sekolah yang mengandung vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin K. Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium dan protein. Tidak hanya karena sehat dan segar, yoghurt juga merupakan jajanan anak sekolah yang praktis. Yoghurt sekarang ini juga memiliki banyak varian rasa buah yang ditawarkan yang tentunya bisa membuat anak-anak tertarik memakannya. 

Pizza

Pizza bisa menjadi rekomendasi jajanan sehat anak sehat selanjutnya. Bunda tidak perlu membuat pizza dengan ukuran besar, pizza ukuran mini pun tidak mengapa asalkan tetap dengan tampilan yang menarik untuk menggugah selera anak. 

Topping untuk pizza mini pun kini beragam sekali. Bunda bisa pilih sesuai selera anak, atau bisa membuat banyak variasi. Mulai dari sosis, keju, jamur, hingga daging.

Buah Potong

Setiap buah pasti memiliki manfaatnya masing-masing, misalnya pepaya yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menghindari panas dalam. Kemudian juga melon yang berfungsi untuk menyehatkan rambut, menghaluskan kulit, dan mengurangi resiko terserang diabetes.

Rasa segar dan manisnya buah juga tentunya membuat siapapun tergoda untuk memakannya, termasuk anak-anak. Sekarang ini, buah yang disajikan terpotong-potong mudah ditemui di mana-mana. Namun akan lebih baik jika Bunda yang menyiapkan buah potong dari rumah untuk menjaga kehigienisannya. Biarkan anak memilih buah yang mereka ingin bawa hari ini ke sekolah agar mereka semangat.

Telur Gulung

Telur gulung adalah salah satu jajanan anak sekolah yang sangat digemari dan populer saat ini. Selain itu, orang tua bisa berinovasi dengan menambahkan hiasan atau bahan pelengkap lain di dalam adonan telur seperti sosis, bakso atau bihun.

Es Pop

Es pop adalah contoh jajanan sehat anak sekolah yang direkomendasikan untuk anak Bunda. Membuat es pop pun sangat praktis, Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Sebab, es pop yang dijual di luaran sana tidak jarang banyak mengandung pemanis dan pewarna buatan yang tidak baik untuk kesehatan anak .

Nah, dengan membuatnya sendiri, Bunda bisa memastikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Bunda bisa membuat es pop dengan bahan dasar jeruk yang kaya vitamin C dan kalsium untuk anak. Atau, bisa juga dengan menambahkan potongan buah stroberi. Sehat dan enak! Tentunya menggugah selera anak.