Ketika anda menjadi seorang ibu baru, maka anda pun tak boleh melewatkan salah satu rutinitas wajib bagi bayi anda yakni imunisasi. Jadwal imunisasi yang diperuntukkan untuk bayi, sebenarnya telah memiliki jadwalnya tersendiri. Untuk itu, bagi anda yang merupakan ibu muda maka anda pun perlu mengetahui kapan waktu yang tepat bagi si kecil untuk mendapatkan imunisasi. Berikut simak ulasan selengkapnya utuk anda.

Imunisasi Wajib Yang Harus Dilakukan Oleh Si Kecil

Jadwal imunisasi bayi

1. Pentavalen (DPT, HB, HiB)

Untuk imunisasi wajib pertama yang harus dijalani oleh si kecil adalah pentavalen. Dengan mengikuti imunisasi ini, maka vaksin satu ini pun akan mampu untuk mencegah berbagai macam penyakit. Vaksin satu ini merupakan gabungan dari beberapa vaksin sekaligus. Yakni vaksin HiB atau haemophilus influenza tipe B, vaksin HB atau hepatitis B dan juga vaksin DPT yang terdiri dari difteri, pertusis dan tetanus.

Sehingga anda pun tidak boleh untuk melewatkan jadwal imunisasi bayi yang satu ini. Hal ini dikarenakan dengan menjalani imunisasi ini maka akan mampu untuk mencegah 6 penyakit sekaligus. Dimana yang terdiri dari meningitis atau radang otak, pneumonia, hepatitis B, tetanus, pertusis atau batuk rejan dan juga difteri atau infeksi selaput lendir hidung dan juga tenggorokan. Vaksin satu ini akan diberikan dalam 4 kali yakni pada usia 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan dan 18 bulan.

imunisasi bayi

2. Campak

Vaksin lain yang juga wajib diperoleh si kecil adalah campak. Untuk vaksin ini sendiri diberikan pada dua kali periode yakni pada usia 9 bulan dan juga 24 bulan. Ketika anak anda telah mendapatkan vaksin MMR ketika berusia 15 bulan, maka untuk vaksin campak periode yang kedua ini tidak diberikan lagi. Dengan memperoleh vaksin ini maka akan mampu untuk mencegah penyakit campak berat yang bisa menyebabkan diare, pneumonia dan bahkan menyerang otak si kecil.

vaksin BCG

3. BCG

Selanjutnya, anda juga perlu mengikuti jadwal imunisasi BCG ketika bayi berusia dua bulan. Dengan vaksin satu ini maka akan berfungsi untuk mencegah terkena kuman tuberculosis bagi anak. Dimana kuman ini pun dapat menyerang selaput otak dan juga paru paru. Bahkan bisa menimbulkan kecacatan hingga kematian. Untuk itu, anda pun sebaiknya jangan melewatkan imunisasi vaksin satu ini.

imunisasi bayi

4. Polio

Penyakit yang disebabkan oleh virus dalam saluran pencernaan dan juga tenggorokan ini, ternyata mampu untuk menyebabkan kelumpuhan. Kelumpuhan tersebut dapat terjadi pada kaki, tangan bahkan juga otot pernafasan yang bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, anda pun bisa menjadwalkan bayi anda untuk mengikuti imunisasi ini pada 4 kali periode. Yakni di usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan juga 18 bulan serta 5 tahun.

imunisasi hepatitis

5. Hepatitis B

Jadwal imunisasi bayi untuk bayi satu ini pun pada umumnya akan diberikan sebanyak 3 kali. Yakni pada saat bayi baru lahir, dimana paling lambat dalam 12 jam setelah bayi lahir. Hal ini dikarenakan vaksin tersebut dapat memiliki manfaat yakni untuk mencegah penularan hepatitis B dari ibu ke bayi saat proses persalinan. Sedangkan untuk vaksin selanjutnya dapat diberikan ketika usia 3 hingga 6 bulan.

Untuk itu, anda pun jangan sampai melewatkan jadwal untuk imunisasi tersebut. Hal ini dikarenakan dapat memiliki dampak yang berbahaya ketika anda tidak memberikan si kecil imunisasi yang sesuai dengan jadwal. Bagi anda yang belum tahu, maka anda pun sebaiknya bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai jadwal dari imunisasi tersebut.