Sudahkah buah hati Moms diberi imunisasi pentabio? Vaksin ini umumnya diberikan pada bayi usia dibawah 1 tahun. Pemberian imunisasi pentabio ini bertujuan untuk melindungi bayi pada serangan beberapa penyakit.

Vaksin ini sudah bisa diberikan pada bayi setelah umur 6 minggu. Umumnya sang buah hati akan di imunisasi pentabio dalam 3 dosis pemberian dengan selang waktu 2 bulan. Pemberian imunisasi ini telah menjadi program imunisasi nasional sesuai anjuran organisasi kesehatan dunia yaitu WHO.

Untuk imunisasi ini Moms tidak perlu mengeluarkan biaya dengan melakukan vaksin rutin di puskesmas. Sejauh ini tidak ada efek samping pada pemberian imunisasi ini. Namun untuk berjaga-jaga si kecil akan diberikan obat penurun demam untuk pencegahan jika setelah imunisasi suhu badannya naik.

Vaksin ini menjadi upaya pemerintah untuk melindungi penerus bangsa dalam pencegahan terhadap beberapa penyakit.

5 penyakit yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi pentabio

imunisasi pentabio

1.    Haemophilus Influenzae Tipe-B atau HIB

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit kronis seperti meningitis, epiglotitis, pneumonia dan masih banyak lagi. Bakteri ini dapat hidup pada hidung dan tenggorokan tanpa gejala.

Penyebaran bakteri ini hampir sama seperti influenza pada umumnya, yaitu melalui udara dan cairan (droplet). Gejala penyakit ini hampir sama dengan flu dan pilek pada umumnya. Jadi pemberian imunisasi pentabio wajib diberikan sebagai langkah pencegahan.

2.    Difteri

Selanjutnya ada difteri, yaitu infeksi bakteri yang terjadi pada hidung dan tenggorokan. Gejala umum dari infeksi ini adalah munculnya selaput abu-abu pada dinding tenggorokan, suara jadi serak, batuk, pilek, demam hingga menggigil lemas dan benjolan pada area leher.

Jika tidak segera ditangani, infeksi ini bisa menimbulkan masalah serius pada beberapa organ tubuh seperti jantung ginjal dan otak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheria, yang menyebar melalui udara dan juga droplet orang yang membawa bakteri.

Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menimbulkan gejala yang lebih serius seperti gangguan penglihatan, keringat dingin, sesak nafas, dan lain sebagainya. Jika gejala tersebut mulai muncul, Moms harus segera memeriksakan si kecil untuk mendapat penanganan medis.

3.    Batuk Rejan atau Pertusis

Penyakit selanjutnya yang dapat dicegah dengan pemberian imunisasi pentabio adalah batuk rejan atau pertusis. Penyakit ini menyerang saluran pernapasan dan paru-paru. Penyebab utamanya adalah bakteri Bordetella pertussis.

Jika si kecil mengalami batuk keras secara terus menerus, dengan tarikan nafas panjang hingga menyerupai bunyi “whoop”, maka Moms perlu berhati-hati dan segera melakukan pemeriksaan pada ahlinya.

Gejala tersebut biasanya baru muncul setelah 5 hingga 10 hari setelah bakteri menyerang saluran pernafasan. Pada tahap awal penyakit ini sangat mirip batuk pilek biasa, lalu masuk tahap lanjut gejala akan semakin berat seperti bayi muntah setelah batuk, muka memerah, hingga sulit bernapas.

4.    Tetanus

Penyakit berikutnya adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman. penyakit ini menyebabkan kondisi pasien menjadi kaku dan tegang di sekujur tubuh dan beresiko menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

Pada umumnya kuman atau bakteri tetanus yaitu clostridium tetani ini masuk melalui sel kulit yang mengalami luka. Bakteri ini banyak ditemukan pada kotoran hewan, tanah bahkan partikel debu.

Tetanus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang memiliki gejala demam, pusing, keringat berlebih, tegang dan kaku (otot rahang, leher dan perut), susah menelan, susah bernafas  dan jantung berdetak lebih kencang.

5.    Hepatitis B

Penyakit peradangan organ hati ini disebabkan oleh virus hepatitis B, yang penyebaran penularannya melalui hubungan seksual atau berbagi jarum suntik. Walaupun penyakit ini bisa sembuh tanpa pengobatan namun penanganan yang salah dapat menyebabkan masalah lebih serius.

Virus yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati serius pada bayi. Penyebaran virus pada bayi bisa terjadi jika sang ibu memiliki virus dalam tubuh yang terbawa saat proses melahirkan.

Gejala yang sering ditimbulkan penyakit ini adalah demam, sakit kepala, mual, muntah, lemas dan penyakit kuning. Walau pada beberapa kasus penyakit ini tidak menimbulkan gejala namun upaya pencegahan lebih baik tetap dilakukan.

Beberapa penyakit di atas bisa dicegah dengan pemberian imunisasi pentabio pada anak usia dibawah 1 tahun, dengan dosis pemberian per 2 bulan. Namun jika bayi belum mendapatkan vaksin hingga usia 1 tahun, maka solusi terbaik adalah pemberian vaksin DPT dan OPV.

Jika Moms merasa si kecil belum mendapat vaksin ini, maka segera hubungi petugas medis terdekat sesegera mungkin. Dengan memberikan imunisasi pentabio ini Moms akan lebih tenang.