Meskipun buah ini terkenal akan kelezatannya, namun durian bisa beresiko untuk beberapa kondisi. Banyak mitos yang melarang ibu hamil makan durian karena dianggap berbahaya. Benarkan mitos tersebut?

Memang ada banyak hal yang harus Anda perhatikan setiap trimester kehamilan. Terutama masalah nutrisi serta gizi yang dikonsumsi bumil untuk perkembangan dan pertumbuhan si janinnya.

Namun, di beberapa negara Asia, ibu hamil makan durian bahkan dijadikan salah satu pantangan. Sebab dipercaya oleh masyarakat bisa menyebabkan panas dalam tubuh dan akan menimbulkan dampak yang buruk pada janin

Hingga kini, masih belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa adanya dampak negatif dari durian untuk ibu hamil. Hal ini bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya saat kondisi hamil.

Namun ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes gestasional tak boleh sama sekali mengkonsumsi durian sebab kandungan gulanya tinggi. Kemudian untuk trimester 3  sebaiknya juga hindari mengkonsumsi durian ini karena bisa mengakibatkan obesitas pada si janin.

Manfaat Ibu Hamil Makan Durian

Diketahui bahwa kandungan nutrisi dalam durian juga bermanfaat bagi tubuh seperti organosulfur dan triptofan. Kedua senyawa ini memiliki sifat antioksidan. Selain itu, durian juga punya sifat anti mikroba, anti jamur, dan anti bakteri, dimana ketiganya sangat berperan dalam mencegah janin dan bumil dari serangan bakteri dan virus

Lain halnya dengan mitos yang sedang beredar, sebenarnya durian justru bermanfaat untuk ibu hamil dengan tanda kutip “dikonsumsi dalam batas jumlah yang wajar”. Anda harus ingat hal tersebut. Lalu apa saja manfaat ibu hamil makan durian?

  1. Memberikan energi tambahan

Bumil tak akan mudah lelah apalagi setelah beraktivitas seharian jika ia mengkonsumsi durian ini. Karena didalamnya terkandung karbohidrat, kalori, dan juga gula yang akan mencukupi kebutuhan energi yang diperlukan tubuh bumil.

  1. Menambah asupan folat

Asam folat yang terkandung dalam durian cukup tinggi. Nutrisi ini pastinya akan berperan dalam pembentukan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang si janin. Selain itu juga akan mencegah janin mengalami kecacatan.

  1. Menjaga kolesterol agar stabil

Meskipun lemak yang terkandung dalam durian terbilang tinggi, namun ini bukanlah kolesterol. Kolesterol hanya bisa diperoleh dari lemak hewani. Sementara lemak nabati justru bisa melawan peningkatan kolesterol.

  1. Mencegah radikal bebas

Durian mengandung antioksidan yang akan mencegah dan melawan serangan dari radikal bebas serta polutan. Adapun nutrisi yang berperan dalam melawan radikal bebas tersebut adalah zink, organosulfur, dan triptofan.

  1. Memenuhi asupan vitamin B

Durian sangatlah kaya akan vitamin B, sehingga ini akan sangat membantu sekali untuk bumil dalam mencukupi vitamin B nya. Vitamin B yang terdapat dalam buah ini antara lain vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin B1 (tiamin).

  1. Mencegah Sembelit

Banyaknya bumil yang mengalami sembelit disebabkan karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh. Buah durian bisa berperan untuk membantu menghilangkan semua bahan kimia berbahaya pada usus. Selain itu, dengan adanya serat tentu akan melindungi selaput lendir.

  1. Mencukupi Kebutuhan Vitamin C

Manfaat ibu hamil makan durian berikutnya adalah vitamin C. Seperti yang diketahui vitamin C sangatlah berperan penting dalam memelihara kesehatan ibu hamil. Perannya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa menyerap kalsium serta zat besi.

Apa Saja Resiko Jika Ibu Hamil Makan Durian?

Ibu Hamil Makan Durian 1

Konsumsi durian yang terlalu banyak akan mengancam kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam perutnya. Durian memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Dari penelitian dijelaskan bahwa ketika Anda mengkonsumsi makanan yang kadar gulanya tinggi bisa menimbulkan risiko pada bayi, yaitu lahir terlalu besar.

Tak hanya itu, obesitas juga bisa terjadi dan tentunya akan mempengaruhi perkembangan anak kedepannya. Apalagi untuk ibu hamil yang kondisi diabetes gestasional lebih baik hindari dulu buah ini.

Kandungan kalori dan karbohidrat dalam durian sangatlah tinggi yaitu ada sekitar 357 kalori dalam satu buah durian atau setara dengan 243 gram. Jadi jika terlalu banyak mengkonsumsinya, bisa meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh. Apalagi jika Anda sedang berada dalam kondisi berat badan berlebih.

Hal ini tentunya akan memicu timbulnya penyakit lain seperti preeklampsia, infeksi saluran kemih, diabetes gestasional, dan kelahiran secara prematur. Dalam beberapa kasus, ini juga akan mengganggu kerja bius epidural ketika persalinan normal.

Meskipun durian ini memiliki resiko seperti meningkatkan kalori dan gula darah. Namun, ini tidak menutupi manfaat sebenarnya dari buah durian dengan catatan harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Dari informasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa ibu hamil makan durian itu diperbolehkan apabila tidak berlebihan. Selain itu jika Anda punya kondisi tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum ingin mengkonsumsi durian.