Sejak awal virus menyebar, kota Bantul sudah mencatat 6 ibu hamil meninggal selama masa pandemi Corona. Satu diantaranya merupakan PDP Covid 19 yang terdeteksi melalui rapid test di sebuah rumah sakit. Pemerintah sendiri sudah menghimbau agar ibu hamil melakukan screening sebelum melahirkan. Hal tersebut untuk mengurangi jumlah ibu hamil meninggal yang terus bertambah saat pandemi. Simak ulasan tentang kehamilan dibawah.

Cara Menghadapi Kehamilan Saat Corona

meditasi

1. Tenangkan Pikiran

Banyak ibu hamil merasa panik saat pandemi Corona mulai mewabah ke seluruh wilayah. Pemikiran tersebut merupakan reaksi alami sebab takut membahayakan kandungan. Anda perlu bersikap tenang dan memasang pikiran-pikiran positif. Karena saat ibu hamil yang gelisah, membuat si janin dalam kandungan juga terganggu.

relax time
2. Hindari Tempat Ramai

Pemerintah memberlakukan social distancing untuk meminimal penularan virus Covid 19. Protokol kesehatan ini ada baiknya dipatuhi oleh ibu hamil, untuk menjaga kesehatan si bayi. Jadi anda perlu membatasi diri dari paparan area ramai, yang mana sirkulasi udaranya tidak ideal untuk ibu hamil. Mengingat kasus di kota Bantul dimana jumlah ibu hamil meninggal karena pandemi Corona terus bertambah.

ibu hamil meninggal
3. Tingkatkan Imun Tubuh

Kunci dari daya imun tubuh yang kuat adalah asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Sehingga virus Covid 19 tidak mudah menyerang tubuh, dan mengendapi organ vital. Karena imun tubuh ibu hamil cenderung melemah, sehingga rentan terserang berbagai penyakit. Cobalah konsumsi buah dan sayuran yang kaya serat serta antioksidan, jadi stamina tubuh tetap terjaga. Sesekali makan daging atau ikan untuk menambah protein dalam tubuh.

rajin cuci tangan
4. Rajin Cuci Tangan

Protokol kesehatan mewajibkan masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Anda juga perlu melaksanakan aturan tersebut, dengan cuci tangan selama 20 detik. Hal ini untuk mengurangi jumlah ibu hamil meninggal, karena paparan Covid 19. Selanjutnya keringkan tangan menggunakan tisu atau lap kain bersih. Atau gunakan hand sanitizer jika tidak ada air dan sabun, hand sanitizer punya kadar alkohol yang efektif untuk membunuh kuman.

bahaya covid19
5. Hindari Sentuh Area Mata, Hidung, dan Mulut

Anda tidak boleh menyentuh bagian tubuh tersebut sebelum mencuci tangan. Tiga indera tersebut berpotensi menyerap virus lebih cepat, lalu masuk melalui saluran pernapasan. Selagi tangan belum bersih dari kuman hindari menyentuhnya, jika perlu gunakan sarung tangan saat menggaruk. Atau anda bisa memanfaatkan tisu kering untuk menyentuhnya.

bahaya ibu hamil meninggal karena covid, ikutin terus berita
6. Konsultasi Kandungan Secara Online

Kasus yang terjadi di Bantul, tentang ibu hamil meninggal positif Covid 19 cukup meresahkan. Hal ini membuat mereka takut untuk memeriksakan kandungan di rumah sakit. Mengingat antrean dokter kandungan sangat lama, belum lagi harus bertemu dengan kerumunan. Maka dari itu pemerintah menyediakan telemedicine, untuk konsultasi kehamilan melalui online.

bahagia
7. Ikut Forum Ibu Hamil

Ibu hamil saat pandemi Corono membutuhkan dukungan moril dari banyak pihak. Bergabung di forum ibu hamil sedikit banyak membuat kecemasan menjadi hilang. Disana sesama ibu hamil akan saling menguatkan, dan memberi semangat bersama-sama. Jadi anda tidak akan merasa sendirian, ada teman yang selalu siap memberi kekuatan.

Belum ada kepastian kapan pandemi Corona akan berakhir, yang jelas setiap hari pasien positif semakin bertambah. Hal ini memunculkan gejala kepanikan bagi ibu hamil, karena takut membahayakan kandungan. Namun anda tidak perlu khawatir, cukup berpikiran positif dan tetap tenang. Anda hanya perlu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, serta menambah asupan gizi.