Dongeng Abu Nawas adalah salah satu tokoh dongeng anak yang sangat populer karena kecerdikannya. Tak heran jika banyak orang yang merasa tertipu dengan semua permainan Abu Nawas tersebut. Hal ini juga terjadi dengan dongeng Abu Nawas mau terbang yang sempat membuat masyarakat setempat gempar. Bagaimana kisah Abu Nawas yang mau terbang tersebut? Yuk simak kisahnya berikut.

Abu Nawas Mau Terbang Gemparkan Masyarakat

Konon telah tersiar kabar bahwa Abu Nawas mau terbang yang menggegerkan seluruh antero negeri. Banyak orang yang ingin tahu kebenaran berita tersebut hingga mendatangi Abu Nawas langsung. Masyarakat bertanya apakah benar Abu Nawas mau terbang. Dengan santainya Abu Nawas menjawab kebenaran berita tersebut, dan mengatakan dengan lantang jika ia mau terbang.

Berita tersebut kemudian sudah menyebar ke seluruh penjuru kota hingga pedesaan. Baginda Harus Al Rasyid adalah raja yang berkuasa mendengar juga kabar Abu Nawas mau terbang. Baginda begitu kaget dan sedikit panik mendengar kabar Abu Nawas mau terbang sudah sampai hingga penjuru negeri. Tak sedikit orang yang bertengkar dan berdebat dengan kebenaran berita tersebut.

Sebagian dari mereka mempercayai kabar dari Abu Nawas tersebut, namun ada juga yang tidak mempercayainya. Karena Baginda sangat resah, ia kemudian memanggil Abu Nawas untuk datang ke istana untuk menyampaikan kebenaran berita tersebut. Baginda pun langsung menanyakan kepada Abu Nawas jika ia mau terbang. Dengan sangat santai Abu Nawas menjawab kebenaran berita yang sudah menghebohkan seluruh penjuru negeri tersebut.

Dongeng Abu Nawas Mau Terbang

Baginda kemudian bertanya kapan Abu Nawas mau terbang dan ke mana? Abu Nawas pun menjawab ia mau terbang hari Jum’at yang akan datang ke Menara Masjid Baitussalam. Baginda raja yang mendengar jawab dari Abu Nawas ini kemudian memberikan keputusan. Jika Abu Nawas berbohong mengenai kabar yang sudah menjadi perdebatan tersebut, maka ia akan mendapatkan hukuman yang berat.

Berbohong apalagi membohongi raja adalah kriminal dengan pasal hukuman sangat berat. Pasa masa tersebut hukuman seorang penipu adalah hukuman gantung. Kabar ini segera menyebar ke seluruh penjuru kerajaan, apabila abu nawas berbohong maka ia akan menerima hukuman gantung.

Hari Jum’at pun tiba, masyarakat yang penasaran segera berbondong bondong memenuhi halaman Masjid Baitussalam. Tak jauh dari arena ini terdapat persiapan peralatan lengkap untuk melaksanakan hukuman gantung untuk Abu Nawas terbukti berbohong. Namun orang orang yang sudah ramai tersebut terpana melihat Abu Nawas yang datang dengan berjalan santai.

Tanpa ragu, ia mulai melangkah menaiki menara Masjid Baitussalam. Dongeng Abu Nawas pun berlanjut dengan banyak kerumuman masyarakat yang mulai bertanya benarkah Abu Nawas terbang. Suasana kemudian menjadi semakin tegang ketika abu nawas mencapai puncak menara masjid tersebut

Semua mata tertuju pada gerak gerik Abu Nawas seolah mereka sedang menanti kejadian yang luar biasa menimpa Abu Nawas. Sementara itu, Abu Nawas masih berdiri dan belum beraksi. Beberapa menit kemudian ia mulai menggerak gerakkan tangannya seolah ia akan terbang. Berulang kali ia merentangkan tangganya dan mengibas ngibaskan tangganya berulang ulang seolah seperti burung.

Abu Nawas Mengecoh Kerumunan yang Hadir dengan Kecerdikannya

abu nawas mau terbang

Abu Nawas melakukan aksi yang sama selama beberapa menit, namun ia tak kunjung terbang. Orang orang  sudah mulai saling menolehkan wajahnya, heran dengan aksi Abu Nawas tersebut. Hakim juga sudah mulai mempertimbangkan hukuman yang akan diberikan untuk Abu Nawas tersebut. Tak berapa lama kemudian, Abu Nawas pun turun dari menara dan menghampiri kerumunan.

Ia kemudian bertanya apakah masyarakat tidak melihat bahwa ia mau terbang. Banyak orang yang mengatakan jika Abu Nawas menggerak gerakkan tangan seolah mau terbang. Dengan santainya dongeng Abu Nawas ini diteruksan dengan pertanyaan yang diajukan oleh semua orang yang hadir. Abu Nawas bertanya lantas mengapa ia dikatakan berbohong jika mau terbang dari menara Masjid Baitussalam.

Banyak orang yang menggeleng gelengkan kepala dan tidak mengeluarkan suara sama sekali. Abu Nawas memberikan penekanan lagi, bahwa sejak awal ia mengatakan mau terbang. Jadi a mau terbang tapi tidak bisa terbang. Dari penjelasan Abu Nawas ini banyak orang yang menyadari jika inilah kecerdikan Abu Nawas dalam memainkan kata dan perilaku. Ia bisa mengubah sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin dengan caranya sendiri.

Hakim yang menyaksikan aksi yang dilakukan Abu Nawas pun tak berdaya. Mereka kesulitan untuk mencari pasal untuk menjerat Abu Nawas karena masalah yang dialami hanyalah permainan kata dan penafsiran. Abu Nawas pun memberikan pesan kepada warga yang datang menyaksikan aksi mau terbang tersebut. Bahwa kita harus berhati hati untuk menerima berita, jangan langsung ditelan dan renungkan terlebih dahulu.

Sesampainya di istana, para algojo pun menceritakan apa yang terjadi mengenai dongeng Abu Nawas mau terbang hari itu kepada Bagida Raja Harun Al Rasyid. Bukannya marah atau kecewa, justru baginda tertawa terbahak bahak. Ia mengatakan bahwa semua hanya ulah Abu Nawas, baginda juga mengaku sudah berulang kali dibuatnya tertawa karena kecerdikan yang dimiliki oleh Abu Nawas tersebut.

Amanat dalam Cerita Abu Nawas Mau Terbang

Kecerdikan yang dimiliki oleh Abu Nawas memang seringkali membuat semua orang terkecoh. Permainan kata yang digunakannya mampu membuat seantero negeri heboh dengan apa yang akan dilakukannya. Tidak hanya satu kali saja, sudah berulang kali Abu Nawas menggunakan kecerdikannya untuk mengelabui banyak orang mulai dari masyarakat kota hingga pedesaan.

Dari cerita Abu Nawas ini tentu bisa diambil kesimpulan yang sangat berarti untuk kehidupan. Dimana tidak seharusnya kita langsung menerima kabar yang belum tentu kebenarannya. Apalagi di era yang serba canggih seperti sekarang ini, tentu kita harus bijak untuk memilih informasi yang hendak dibaca. Jangan sampai membaca atau mendengar berita hoax yang dipercayai oleh masyarakat.

Pahami dulu maksud dari berita tersebut dan tanyakan kebenarannya. Sehingga anda tidak akan terkecoh dengan berita berita hoax yang bertebaran di internet. Dongeng Abu Nawas ini sangatlah berhubungan dengan keadaan canggih di jaman sekarang. Agar anda tidak tertipu seperti warga yang ada di dalam cerita, bijaklah memilih informasi untuk dikonsumsi.

Kisah Abu Nawas memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Kecerdikan kata kata yang dimilikinya tentu akan membuat siapa saja terkecoh jika tidak benar benar memahami secara mendalam. Namun kisah Abu Nawas sendiri memiliki banyak sekali hikmah yang bisa dipetik di dalamnya. Sehingga anda bisa menceritakan kisah Abu Nawas kepada anak untuk dijadikan pembelajaran di masa depan.

Tagged in:

,