Doa Untuk Bayi Baru Lahir – Kelahiran bayi merupakan hal yang dinantikan oleh orang tua. Baik itu bayi pertama, kedua, dan seterusnya. Bahkan tak ada kata yang pas untuk menggambarkan isi hati Bunda sebagai orang tua ketika bayi lahir dengan selamat ke dunia. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk mensyukuri kelahiran bayi adalah dengan membaca doa untuk bayi baru lahir. 

Bahkan dalam Islam, membaca doa ketika bayi baru lahir adalah hal yang dianjurkan. Hal tersebut dilakukan agar bayi dipenuhi keberkahan dan dijauhkan dari ganguan setan. Lalu, apa saja doanya? Berikut telah kami rangkum kumpulan doa untuk bayi baru lahir.

Doa memohon keberkahan untuk bayi

Dari Abu Musa radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan, 

“Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku. (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145).

Meskipun begitu, tidak ada teks doa khusus yang isinya memohon keberkahan untuk bayi. Karena itu, Bunda bisa membaca doa untuk bayi baru lahir dengan bahasa apa pun yang dipahami. Misalnya dengan membaca:

Barakallahu fiik

Artinya: “Semoga Allah memberkahi kamu.”

Doa memohon perlindungan dari godaan setan

Bunda dapat mencontoh doa yang dipraktikan oleh istri Imran saat melahirkan Maryam. Hal tersebut Allah ceritakan dalam QS. Ali Imran: 36. 

Hanya saja, doanya perlu disesuaikan dengan jenis kelamin bayi Bunda. Berikut doa untuk bayi baru lahir untuk memohon perlindungan dari godaan setan,

  • Jika bayi yang dilahirkan laki-laki, maka Bunda membaca: 

Allahumma inni uidzuhu bika waduriyataha minasyaitonirrojim

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

  • Jika bayi yang dilahirkan perempuan, maka Bunda membaca:

Allahumma inni uidzuha bika wadzuriyataha minasyaitoni rojim

Artinya: “Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu untuknya dan untuk keturunannya dari setan yang terkutuk.”

Doa perlindungan dari Rasulullah

Ibnu Abbas menceritakan bahwa Rasulullah SAW membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya yaitu Hasan dan Husein. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud dan dishahihkan al-Albani. 

Sama seperti sebelumnya, doa Rasulullah untuk anak yang baru lahir ini juga perlu disesuaikan tergantung dengan jenis kelamin bayi Bunda.

  • Jika bayi yang dilahirkan laki-laki, maka Bunda membaca: 

U’iidzuka bikalimaatillaahit-tammati min kulli syaithoonin wa hammatin wa min kulli ‘ainil lammah.

Artinya: “Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pAndangan mata buruk.”

  • Jika bayi yang dilahirkan perempuan, maka Bunda membaca:

U’iidzuki bikalimaatillaahit-tammati min kulli syaithoonin wa hammatin wa min kulli ‘ainil lammah.

Artinya: “Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.”

Doa ketika menjenguk bayi baru lahir

Tidak hanya orang tua, ada juga ucapan doa untuk bayi baru lahir yang bisa dibaca ketika menjenguk bayi baru lahir:

Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakarta al-wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Artinya: “Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rezeki atas kebaikan-Nya.”

Nah, bagaimana? Sekarang kan Bunda sudah tahu doanya, jadi semoga nggak lupa ya untuk membacakan doa ini ketika bayi Bunda sudah lahir. Selain membacakan doa terbaik, Bunda juga bisa memberikan nama bayi Islami agar anak senantiasi menjadi pribadi yang taat kepada Allah SWT.