Seusai melahirkan, Moms mulai berpikir untuk mengembalikan berat badan ideal. Namun, Moms ragu karena masih menyusui. Diet di saat menyusui bayi itu tidak dilarang. Namun, yang paling penting, Moms harus tahu cara diet untuk Ibu menyusui yang aman dan menyehatkan. Berikut adalah tips aman diet Moms yang menyusui:

Tips Diet untuk Ibu Menyusui

Moms perlu mengetahui bahwa diet saat menyusui memiliki sedikit perbedaan dengan diet ketika Moms belum hamil. Hal ini dikarenakan selama menyusui, Moms tetap harus mengkonsumsi makanan kaya nutrisi agar Moms tetap menghasilkan ASI sehat sehingga kebutuhan gizi bayi terpenuhi.

Maka, penting bagi Moms untuk menurunkan berat badan dengan aman dan mengikuti saran dokter terlebih dahulu tentang konsumsi jumlah kalori setiap hari. Selain itu, Moms juga perlu mendapatkan izin dari dokter untuk melanjutkan olahraga setelah melahirkan.

Ada beberapa tips yang dapat Moms ikuti untuk menurunkan berat badan dengan aman ketika menyusui:

1. Hindari Gula Berlebih

Salah satu kunci diet untuk ibu menyusui adalah dengan menghindari asupan gula yang berlebihan. Sebaiknya, Moms mengkonsumsi makanan kaya akan protein dan menu yang bervariasi. Dengan begitu, akan membantu bayi dalam proses penyapihan.

Moms juga perlu menjaga agar cairan tubuh terpenuhi selama menyusui dengan minum air putih. Konsumsi diet seimbang memiliki pengaruh dalam menjaga kadar ASI dalam tubuh.

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi Moms untuk lebih memperhatikan menu diet untuk menunjang proses pertumbuhan anak. Ketika menyusui, Moms perlu memperhatikan perubahan pada konsumsi pola makan yang lebih sehat.

2. Batasi Jumlah Karbohidrat

Tips yang kedua adalah membatasi jumlah karbohidrat. Dengan ini, Moms dapat menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Tips ini dapat menjadi salah satu cara diet bagi Moms yang menyusui.

Namun, Moms harus memastikan untuk mengkonsumsi banyak protein, buah-buahan, dan sayuran. Moms perlu mengusahakan makan minimal 1.800 kkal setiap hari dan perlu membicarakannya dengan dokter sebelum mulai diet setelah melahirkan.

Hal ini disebabkan diet penurunan berat badan yang sangat ketat, tidak dianjurkan ketika Moms dalam masa menyusui. Memenuhi kalori harian di bawah angka standar memiliki risiko menghambat produksi ASI.

3. Olahraga dengan Aman

Jika dokter mengizinkan Moms berolahraga, maka perlahan-lahan kembalilah berolahraga. Moms dapat fokus pada latihan seperti yoga dan berjalan-jalan dengan bayi.

Moms dapat memulai dengan olahraga mulai 20 hingga 30 menit setiap harinya. Moms dapat menambahkan olahraga tingkat sedang sampai 150 menit setiap pekan.

Untuk menghindari pembengkakan, Moms dapat menyusui bayi sebelum berolahraga.

4. Hidrasi Tubuh dengan Air

Moms yang ingin mencoba diet untuk ibu menyusui, penting untuk tetap terpenuhi cairan tubuhnya. Dengan minum 12 gelas air setiap hari, akan membantu tubuh Moms membuang berat air.

Jika Moms mencoba menurunkan berat badan, Moms perlu menghindari minuman manis yang penuh dengan kalori kosong.

5. Jangan Melewatkan Makan

Walaupun Moms sedang moncoba menurunkan berat badan dengan diet ketika menyusui, Moms jangan sampai melewatkan waktu makan, ya.

Ketika Moms melewatkannya, itu berarti dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan energi turun. Hal ini akan mempersulit Moms untuk menjadi aktif dan merawat si Kecil.

Moms dapat mencoba memakan camilan jika tidak memiliki waktu banyak untuk makan. Camilan sehat, antara lain buah. Moms dapat memakan camilan setelah menyusui untuk mengisi kembali kalori yang hilang.

6. Makan Lebih Sering

Tips diet untuk ibu menyusui selanjutnya adalah menambahkan frekuensi makan menjadi lebih sering. Jangan salah, sering makan juga dapat membantu Moms dalam mendukung penurunan berat badan.

Dengan lebih sering konsumsi makanan untuk Ibu menyusui, Moms memiliki lebih banyak energi untuk seharian karena menyusui membutuhkan kalori ekstra. Moms bisa makan berat sebanyak 3 dalam satu hari dan camilan sebanyak 2 kali sehari.

7. Beristirahatlah Ketika Ada Waktu

Istirahat ketika memiliki bayi baru lahir terdengar sulit. Oleh karena itu, cobalah tidur ketika Moms ada waktu. Dengan begitu, ini dapat membantu Moms untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat karena tubuh lebih cepat pulih.

Setelah Moms berolahraga, tidur juga punya peran penting karena otot memerlukan istirahat dan memulihkan diri. Jika bayi Moms menyusu sepanjang malam, Moms dapat mencoba tidur siang sebentar di siang hari ketika si Kecil sedang tertidur.

8. Menyusui Sesering Mungkin

diet untuk ibu menyusui

Hal yang mendukung kelancaran ASI supaya Moms bisa lebih memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan. Semakin Moms sering menyusui, semakin banyak ASI yang akan Moms produksi.

Moms bisa menggunakan pompa ASI agar membantu melancarkan produksi ASI selain menyusui secara langsung dari payudara. Jangan lupa untuk menyimpan ASI dengan cara yang tepat agar kualitasnya tetap baik.

ASI eksklusif yang teratur dapat membantu Moms menurunkan berat badan jika ingin diet pada masa menyusui. Yang tak kalah menarik, ASI eksklusif dapat membantu Moms mencegah kehamilan, biasanya dikenal dengan metode amenore laktasi.

Moms Sudah Siap Melakukan Diet untuk Ibu Menyusui?

Itulah tips aman diet untuk ibu menyusui yang perlu moms tahu. Moms perlu ingat bahwa hasil serta waktu diet akan berbeda pada setiap ibu hamil. Jadi, Moms membandingkan diri dengan orang lainnya, ya. Yang terpenting, program penurunan berat badan ini adalah agar Moms tetap sehat dan bugar. Selamat mencoba!