Saat Anda sudah mulai memasuki trimester 1 kehamilan, banyak sekali tanda-tanda yang belum ditemui sebelumnya. Apalagi jika ini adalah pertama kalinya Anda merasakan kehamilan. Maka dari itu, ciri-ciri hamil muda perlu diketahui sejak dini.

Adapun salah satunya yaitu hilangnya periode menstruasi Anda kira-kira selama dua bulan atau lebih dengan berturut-turut. Namun tidak selalu kondisi seperti ini mengindikasikan bahwa seseorang sedang hamil. Sehingga untuk mengkonfirmasi lebih lanjut Anda perlu lakukan beberapa tes kehamilan dan tes darah.

Ciri-Ciri Hamil Muda

Maka dari itu, meskipun tidak bisa menebaknya dengan pasti. Namun, Anda harus tetap mengetahui apa saja ciri-ciri hamil muda. Sehingga Anda pun bisa segerakan mengecek ke dokter kandungan di rumah sakit bersalin.

1. Payudara terasa membengkak

Pertama kali yang paling berbeda yaitu payudara terasa lebih bengkak. Pembengkakkan ini disebabkan karena adanya fluktuasi hormon pada tubuh. Sehingga tubuh pun perlu menyesuaikan diri dengan adanya perubahan hormon tersebut. Ketidaknyamanan ini hanya Anda rasakan pada beberapa minggu saja.

Namun, pada saat pra menstruasi Anda pastinya juga sering mengalami kondisi seperti ini. Akan tetapi tingkat keparahannya lebih meningkat saat hamil. Apabila payudara terasa membengkak dan menstruasi tak kunjung datang, sebaiknya segera lakukan pengecekan pada dokter untuk memastikannya.

2. Terasa mual di pagi hari

Kondisi seperti ini akrab disapa dengan morning sickness. Saat seseorang hamil muda seringkali ditandai dengan kondisi mual pada pagi harinya. Namun tentunya bisa juga terjadi pada siang bahkan malam hari.

ciri-ciri hamil muda

Jika Anda sudah dinyatakan hamil namun tidak merasakan mual juga tidak perlu khawatir. Sebab pada beberapa ibu hamil mual bisa saja dirasakan saat minggu ke 6 dan mulai mereda kembali ketika usia kehamilannya semakin bertambah.

Mual bisa terjadi sepanjang hari, namun biasanya yang lebih buruk akan terjadi pada pagi harinya. Ada sekitar 50-80% ibu hamil merasakan mual pada pagi hari dengan tingkat keparahannya yang sangat bervariasi sekali.

3. Bercak darah

Apabila Anda menemui bercak darah pada celana dalam, jangan takut dan panik. Ini adalah ciri-ciri dari ibu hamil muda. Bercak darah sendiri dikenal dengan pendarahan implantasi dan ini terjadi saat telur yang telah dibuahi ditanamkan pada lapisan rahim.

Kondisi ini terjadi selama 10-14 hari atau setara dengan 2 minggu setelah terjadinya pembuahan, namun tidak semua ibu hamil akan mengalami hal seperti ini.

4. Sering buang air kecil

Saat kehamilan terjadi, ginjal akan cenderung menyaring cairan lebih banyak. Hal ini akan memicu buang air kecil yang lebih sering. Kondisi ini juga merupakan ciri-ciri dari hamil muda.

5. Kelelahan

Setelah dibuahi, maka kadar progesterone akan meningkat. Peningkatan progesterone membuat ibu hamil lebih cepat lelah dan aktivitas pun biasanya menurun. Kemudian tubuh juga akan bekerja lebih kuat untuk memenuhi keinginan si janin Anda dalam kandungan.

Sehingga apabila Anda saat ini sedang merencanakan kehamilan, maka bicarakanlah dengan dokter kandungan terlbih dahulu serta perlunya meminum vitamin prenatal. Hindarilah konsumsi kafein dan produk sejenisnya. Usahakan untuk tidur lebih nyenyak agar tidak cepat lelah.

6. Perubahan suasana hati

Mood ibu hamil bisa berubah secara tiba-tiba. Hal tersebut disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Akibatnya akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan mental ibu hamil. Maka dari itu, sering-seringlah untuk mengkomunikasikannya bersama dokter kandungan.

7. Kembung

Hal lain yang juga disebabkan karena peningkatan kadar progesterone dalam tubuh adalah perut menjadi kembung karena proses pencernaan yang cenderung melambat sehingga menghasilkan gas.

Perut kembung ibu hamil juga akan diikuti dengan kentut dan sendawa secara menerus. Namun, perlu diketahui kembung juga bisa terjadi karena adanya masalah pencernaan yang lain.

8. Sembelit

Proses pencernaan yang semakin lambat karena perubahan hormon tadi tentu membuat makanan juga akan bergerak secara perlahan. Sehingga hal tersebut menyebabkan Anda mengalami sembelit.

Kondisi ini normal terjadi. Namun, jika terus-terusan menyerang Anda biasanya dokter akan mengarahkan pasiennya untuk mengkonsumsi obat sembelit khusus ibu hamil.

9. Kram

Otot ibu hamil akan mengalami kram selama masa kehamilannya, Akan tetapi, juga tidak semua ibu hamil akan mengalami kondisi seperti ini.

10. Sakit kepala

Adapun peningkatan hormon dalam darah akan cendeurng membuat Anda menjadi sering pusing dan sakit selama masa kehamilan. Kemudian kadar gula darah rendah juga bisa menyebabkan kepala menjadi sakit. Sebab sel-sel otak akan berusaha untuk mengatasi pasokan gula darah yang rendah tersebut.

Itulah ciri-ciri hamil muda yang akan ibu hamil rasakan nantinya. Kini pastinya kekhawatiran serta ketakutan akan kehamilan sudah cukup teratasi dengan beberapa penjelasan diatas. Namun jika gejala tak kunjung dirasakan namun menstruasi tidak datang segeralah menghubungi dokter.