Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar – Biasanya, ciri-ciri hamil anak kembar tidak akan jauh berbeda dengan kehamilan pada umumnya. Namun, ada beberapa ciri hamil anak kembar di mana ibu hamil akan merasakan ciri tersebut lebih dari hamil tunggal. Salah satunya adalah ukuran perut yang lebih besar biarpun usia kehamilan masih muda. 

Selain itu, ada ciri-ciri hamil anak kembar lain yang dengan mudah dapat Ibu kenali secara kasat mata. Setelah sebelumnya kami membahas cara mendapatkan anak kembar, berikut telah kami rangkum informasi mengenai 7 ciri-ciri hamil anak kembar untuk Ibu.

Anak Kembar Lucu

Ilsutrasi Anak Kembar. Sumber; Pexels

Morning sickness yang lebih berat

Morning sickness adalah ciri yang umum terjadi pada ibu hamil. Namun, kehamilan anak kembar dapat menyebabkan morning sickness lebih berat. Hal ini bisa terjadi karena kadar hormon human chorionic gonadotropin (HCG) pada kehamilan anak kembar akan lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan tunggal.

Kenaikan berat badan yang drastis

Ciri-ciri hamil anak kembar selanjutnya adalah ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis sejak awal kehamilan. Perlu Ibu ketahui bahwa perbedaan berat badan hamil anak kembar dengan kehamilan tunggal bisa mencapai 4.5 kg di usia kehamilan yang sama.

Merasa cepat lelah

Hal yang wajar jika Ibu merasa cepat lelah. Namun, rasa lelah yang dirasakan pada kehamilan anak kembar akan terasa lebih berat. Kemungkinan, hal ini disebabkan tubuh yang membutuhkan energi lebih besar dan kandungan yang terasa lebih berat jika dibandingkan dengan kehamilan tunggal.

Sering sesak nafas

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan dapat menstimulasi pusat pernafasan di otak. Sehingga hal ini membuat Ibu bernapas lebih cepat dan lebih dalam. Selain itu, adanya bayi kembar di dalam kandungan membuat otot diafragma Ibu terdorong sehingga menyebabkan ketidaknyamanan atau kesulitan saat bernafas.

Jantung berdetak lebih cepat

Berat badan yang bertambah dan meningkatnya volume darah hingga mencapai 70% pada kehamilan anak kembar dapat membuat jantung Ibu bekerja lebih keras. Sehingga Ibu akan merasakan debaran jantung yang lebih kencang.

Tinggi fundus yang  lebih besar

Selama kehamilan, Ibu akan diukur tinggi fundus yaitu jarak antara puncak tulang kemaluan dengan puncak rahim oleh bidan atau dokter kandungan. Hal ini dilakukan untuk memperkirakan usia kehamilan dan pertumbuhan bayi. 

Karena hamil anak kembar, rahim pun akan meregang lebih jauh agar kedua janin mendapatkan cukup ruang. Sehingga Ibu akan memiliki perut dan tinggi fundus lebih besar dibandingkan dengan kehamilan tunggal. 

Merasa tidak nyaman

Ciri-ciri hamil anak kembar yang terakhir adalah Ibu merasa lebih tidak nyaman saat hamil ini dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Ketidaknyamanan tersebut bisa berupa:

  • Sering buang air kecil
  • Kualitas tidur berkurang
  • Gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung
  • Kram perut
  • Sering mengalami nyeri punggung

Meskipun 7 ciri di atas biasanya dikenali sebagai tanda kehamilan anak kembar, namun Ibu tetap perlu memastikan hal tersebut dengan pemeriksaan USG oleh dokter. 

Pemeriksaan kandungan juga perlu dilakukan secara rutin agar kondisi Ibu dan janin dapat selalu dipantau. Selain itu juga dapat mencegah dan menghindari komplikasi kehamilan yang bisa terjadi.

Tagged in: