Saat sedang hamil, mengkonsumsi cemilan sangatlah penting untuk menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh maupun calon buah hati. Sebagian besar ibu hamil selalu memanfaatkan waktu luangnya untuk makan cemilan. Namun perlu diperhatikan nih, cemilan ibu hamil tak boleh asal dan sembarangan demi kesehatan si calon buah hati. Semua keinginan, tidak harus dituruti, terlebih jika cemilan tersebut mempunyai resiko.

Pada awal – awal kehamilan, banyak ibu hamil yang mengalami masalah pada bagian perut seperti mual hingga kehilangan nafsu makan. Kondisi ini bisa diatasi dengan memilih cemilan ibu hamil yang sifatnya mudah dicerna. Selain memilih cemilan ibu hamil yang tepat pada usia awal kehamilan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah pada perut, seperti:

  • Sebaiknya tidak makan makanan berminyak maupun makanan pedas
  • Sering – sering untuk mengkonsumsi air putih
  • Biasakan mengatur pola makan dengan cara makan sedikit tapi sering, sehingga bisa mengontrol rasa mual dan efektif untuk menjaga kadar gula dalam darah

Rekomendasi Cemilan Ibu Hamil

Nah disini juga ada nih beberapa cemilan ibu hamil yang direkomendasikan

1.Jus Jeruk

Kandungan potassium yang ada di dalam jus jeruk, bisa membantu ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi. Akan lebih manjur jika jus jeruk tersebut sudah melalui proses pasteurisasi, dan mengandung kalsium.

Jika Ibu suka dengan yang manis-manis, sangat cocok menjadikan jus jeruk sebagai pilihan cemilan Ibu hamil.

2.Roti Gandum Mix Alpukat Halus

Roti Gandum yang dilapisi dengan buah alpukat lembut sangat cocok dijadikan sebagai cemilan ibu hamil. Roti gandum dan Alpukat bisa membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan serat sehari – hari.

Kandungan potassium cemilan Ibu hamil yang satu ini juga baik untuk penderita otot kaki kram.

3.Berbagai Macam Olahan Sayur

Olahan sayur sangat baik untuk dijadikan sebagai cemilan ibu hamil. Mengingat di dalam sayur terdapat banyak kandungan serat.

Cemilan yang satu ini juga dapat memberikan rasa kenyang.

4.Smoothies

Smoothies sangat mudah dikonsumsi oleh ibu hamil dan tak beresiko pada masalah pencernaan. Teksturnya yang lembut, membuat banyak ibu hamil menyukainya.

Pilihlah yogurt sebagai bahan dasarnya. Yogurt sangat baik untuk membantu melancarkan saluran cerna tak hanya untuk orang pada umumnya, melainkan juga untuk ibu hamil. Kandungan probiotik yang tinggi, membantu menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil.

5.Sandwich Tuna

Kandungan Omega 3 pada tuna sangat baik untuk perkembangan janin. Selain itu sandwich tuna juga sangat disukai oleh kebanyakan ibu hamil.

6.Trail Mix

Cemilan satu ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Trail Mix merupakan cemilan yang didalamnya berisi berbagai jenis kacang – kacangan, dark cokelat dan buah kering.

Zat besi, mineral, dan serat pada kacang-kacangan, sangat cocok untuk mengatasi sembelit.

7.Cokelat dan Buah

Perpaduan antara cokelat dan buah – buahan bisa menjadi cemilan ibu hamil yang nikmat. Di dalam cokelat terdapat zat yang bisa membantu menurunkan resiko terjadinya preeklamsia.

8.Bubur Kacang Hijau

Khusus untuk ibu hamil, bubur kacang hijau sebaiknya tak dikonsumsi menggunakan santan. Karena di dalam santan terdapat kandungan folat yang tinggi.

9.Keripik Ubi

Bagi ibu hamil yang suka dengan cemilan keripik, disarankan untuk mengkonsumsi jenis keripik ubi saja. Alasan utamanya adalah karena di dalam ubi kaya akan kandungan serat.

10.Kombinasi Apel dan Keju

Kebutuhan serat yang meningkat pada ibu hamil, bisa diatasi dengan mengkonsumsi apel dan keju. Kedua bahan makanan tersebut, bisa diolah sesuai selera dan dijadikan sebagai cemilan ibu hamil yang sehat serta kaya serat.

Cemilan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

cemilan ibu hamil

Selam hamil, sebaiknya tak mengkonsumsi cemilan yang rendah nutrisi, tapi tinggi kalori. Beberapa cemilan yang harus dihindari seperti kentang goreng, es sirup (mengandung pemanis buatan), minuman kekinian (boba tea dkk), dan cake.