Melihat bayi kembar menjadi hal yang sangat menggemaskan. Meski begitu, ada tantangan yang harus dihadapi dalam merawatnya, khususnya bagi orang tua baru. Agar tidak kerepotan, berikut ini beberapa trik dalam merawat buah hati yang kembar bagi Anda.

Tips / Cara Merawat Bayi Kembar

bayi kembar lucu

Ayo sobat detikbayi simak pembahasan cara merawat bayi kembar di bawah ini.

  1. Mencatat Kebiasaan si Kembar

Meski kembar, setiap bayi memiliki kebiasaan yang berbeda. Anda bisa menulis rutinitas si kembar sebagai langkah awal agar bisa mendapatkan waktu dan jadwal yang sama.

Contoh yang harus dicatat, seperti berapa kali menyusu dalam sehari, durasi saat tidur, berapa kali buang air besar, jumlah popok yang digunakan dalam sehari, dan terdapat reaksi alergi atau tidak.

Dengan menulis catatan maka Anda bisa lebih mengenal kebiasaan mereka. Jika kerepotan pada saat menyusui, berikan ASI perah yang disimpan dalam botol kepada salah satu secara bergantian.

  1. Membuat Jadwal yang Sama

Cara merawat bayi kembar kedua adalah membuat jadwal yang sama. Termasuk jadwal makan, menyusui, mandi, tidur, hingga bermain.

Jika salah satu tertidur dan kembarannya ingin menyusu, usahakan keduanya harus menyusu bersama dengan membangunkan yang sedang tertidur. Meski akan mengganggu tidurnya, dengan menyusu bersama bisa memudahkan ibu dalam beristirahat setelah itu.

Agar saat menyusu tidak kesulitan, gunakan bantal menyusui yang dibuat khusus bagi anak kembar. Ini adalah salah satu cara merawat bayi kembar yang wajib diketahui.

  1. Menyiapkan Baju dan Handuk Sebelum Mandi

Mandi adalah salah satu cara merawat kulit bayi sehingga tetap lembab. Saat memandikan anak kembar, siapkan baju, handuk, hingga berbagai perawatan kulit bagi bayi sebelumnya dan mudah dijangkau. Hal ini bisa memudahkan Anda ketika mengeringkan badan dan tidak akan bingung mencari pakaian atau popok.

Pada dasarnya, bayi mandi cukup 2-3 kali dalam seminggu dan menjadi cara memandikan si kembar sehingga tidak kerepotan. Sedangkan pada saat mandi, lakukan secara bergantian. Mintalah bantuan pasangan atau kerabat sehingga lebih mudah.

  1. Menarik Napas Panjang Ketika si Kembar Menangis Berbarengan

Satu bayi saja sudah bisa membuat panik orang tua saat menangis, apalagi jika ada dua anak menangis bersamaan. Marah, panik dan bingung bisa saja menjadi satu saat hal tersebut terjadi.

Jika hal tersebut memang terjadi, tariklah napas panjang agar emosi mereda. Jika Anda tengah sendirian, tempatkan si kembar pada stroller dan ajaklah jalan secara perlahan. Jika ada orang lain, mintalah bantuan untuk menggendong salah satunya agar lebih tenang.

Jika Anda bingung, Anda bisa menangis bersama bayi. Merawat dua bayi kembar tidaklah mudah dan dengan menangis bisa menjadi salah satu cara menenangkan diri.

cara mendapatkan bayi kembar

  1. Mengikuti Komunitas Orang tua Anak Kembar

Segala tantangan dalam merawat bayi kembar bisa lebih ringan jika ada komunitas atau teman yang juga memiliki anak kembar. Anda bisa saling berbagi informasi hingga rasa cemas, khawatir, susah dan senang dalam merawat anak kembar. Bahkan dengan mengikuti komunitas atau memiliki teman yang memiliki anak kembar bisa menjadi sebuah penyemangat dalam menjaga si buah hati.

  1. Berbelanja Perlengkapan Secara Online

Pergi dengan dua orang bayi sekaligus jelas tidak mudah. Sedangkan memiliki bayi kembar bisa membuat kebutuhan buah hati jadi cepat habis. Keperluan yang dimaksud seperti popok, losion, tisu, hingga sampo dan sabun.

Untuk memenuhi kebutuhan seperti itu, berbelanja secara online adalah solusi terbaik karena akan menghemat waktu dan tenaga. Apalagi saat sedang repot merawat dua anak sekaligus.

  1. Meluangkan Waktu Sendiri (Me Time)

Tenaga dan emosi sudah pasti akan terkuras habis saat mengasuh dan merawat anak kembar. Banyak ibu yang mengalami stres ketika memiliki anak karena tidak ada waktu khusus bagi dirinya sendiri. Tentu hal tersebut bisa sangat berakibat pada kondisi kesehatan ibu m88.

Jangan sampai mengalami stress berkelanjutan karena bisa membuat Anda mengalami apa yang disebut baby blues. Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri sebagai bentuk pengisian ‘baterai’ yang terkurang habis karena seharian sudah mengasuh bayi. Tentu Anda bisa meminta bantuan untuk menjaga si buah hati kembar kepada pasangan atau keluarga selama Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time.

Memang tidak mudah merawat dan mengasuh anak kembar. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup dan jangan lupa untuk menjaga pola makan bergizi sehingga bisa tetap sehat meski merasakan lelah. Jangan ragu untuk meminta pasangan untuk ikut membantu agar Anda tidak kerepotan sendiri.

Itulah tips dalam cara merawat bayi kembar sehingga Anda bisa tahu apa yang harus Anda lakukan saat melahirkan anak kembar nantinya. Satu bayi saja sudah cukup merepotkan, apalagi dengan dua bayi yang kembar. Meski begitu, Anda tetap harus merawat dan mengasuh kedua buah hati agar tumbuh sehat dan kuat. Selain 7 tips cara merawat bayi kembar yang kami bahas, mungkin saja masih terdapat tips tips lainnya yang dapat anda temukan di internet ataupun melalui pedia anda.