Ketika anak mengalami demam sebaiknya Anda sebagai orangtua janganlah terlalu panik. Jadi cara menurunkan demam pada anak merupakan suatu hal yang sangat perlu untuk Anda ketahui.

Ada banyak cara untuk bisa menurunkan demam yang terjadi pada anak. Berbagai cara tersebut bisa dilakukan tanpa harus pergi ke dokter. Jadi Anda tidak perlu pusing ataupun khawatir karena cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan.

Cara Mengukur Tingkat Demam pada Anak

Termometer merupakan alat yang sangat tepat untuk mengukur tingkat demam yang menyerang anak.

Sangat perlu untuk Anda ketahui pada dasarnya ketika demam terjadi pada anak itu timbul sebagai suatu bentuk mekanisme pertahanan dari tubuh untuk melawan penyakit.

Ketika Anda melihat tingkatan angka yang ditunjukkan pada termometer maka Anda harus fokus untuk mengobati gejala yang terjadi pada anak bukan malah terfokus dengan angka pada termometer.

Berikan obat penurun panas yang mengandung acetaminophen pada anak Anda sesuai dengan tingkatan usianya bila anak terlihat kesakitan atau tidak nyaman.

Selain dengan menggunakan obat, bisakah demam yang menyerang anak disembuhkan dengan menggunakan cara yang alami? Jawabannya tentu saja sangat bisa!

Untuk Anda semua yang belum mau untuk memberikan obat pada Anak, maka berikut ini ada beebrapa cara untuk menurunkan panas yang menyerang Anak secara alami!

Cara Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami

Berikut ada berbagai macam cara menurunkan demam pada anak yang bisa Anda praktekkan langsung di rumah.

1. Mandikan Anak dengan Air Hangat

Ketika anak mulai terlihat demam maka segeralah coba memandikan anak dengan air hangat, karena ini merupakan salah satu cara untuk menurunkan demam pada anak. Janganlah menggunakan air dingin karena kondisi tubuh anak bisa sangat kedinginan serta suhu tubuh bisa meningkat.

Ketika sedang mandi, Anda bisa menambahkan air hangatnya dengan minyak esensial dan juga garam epsom supaya tubuh anak terasa rileks dan nyaman. Jika sudah selesai mandi, segeralah keringkan tubuh anak agar tidak kedinginan

2. Kompres dengan Menggunakan Air Hangat

cara menurunkan demam pada anak

Mengompres dahi dengan menggunakan air hangat juga merupakan salah satu cara menurunkan demam pada anak. Cara seperti ini cukup sering dilakukan oleh para orangtua di rumah ketika anak sedang demam. Tapi ingat gunakan air hangat, jangan menggunakan air dingin.

Menurut para dokter dan juga para tenaga kesehatan, melakukan kompres dengan air hangat dianggap lebih manjur dalam hal menurunkan panas. Hal ini disebabkan kain hangat tersebut mampu untuk melebarkan pembuluh darah serta pori-pori yang ada di kulit anak. Dengan begitu, maka panas yang ada di dalam tubuhnya bisa menguap lebih cepat.

Bila kompres mulai kering maka segeralah basahi kembali dengan air hangat, lakukan hal ini secara berkala jika sudah tidak terasa hangat. Lakukan secara berulang sampai demam pada anak mulai berkurang atau hilang.

3. Perbanyak Asupan Cairan

Cara menurunkan demam pada anak selanjutnya yaitu dengan cara menyediakan dan membuat anak lebih banyak untuk minum air putih. Ketika anak demam maka tubuh anak biasanya akan mengalami dehidrasi. Jadi ini sangat perlu untuk diperhatikan agar anak tidak mengalami kekurangan cairan tubuh atau terhidrasi.

Banyaknya asupan air yang masuk ke dalam tubuh anak maka bisa juga untuk menurunkan demam anak. Anda juga bisa memberikan anak air kelapa, karena air kelapa ini dianggap mengandung antioksidan dan elektrolit yang bisa membuat tubuh terasa segar.

4. Balur Dengan Ramuan Kayu Putih

Membalur tubuh anak dengan kayu putih juga salah satu cara untuk menurunkan demamnya. Campurlah minyak kayu putih dengan menggunakan sedikit parutan bawang merah dan juga seiris jeruk nipis.

Anda juga bisa mengganti minyak kayu putih ini dengan minyak kelapa apabila tidak terlalu suka dengan aroma minyak kayu putih. Usaplah ke badan secara merata sambil sesekali memijat pelan tubuh anak sampai terasa nyaman.

5. Perbanyak Istirahat

Ketika anak sedang sakit atau demam maka jangan biarkan anak bermain dan segeralah untuk beristirahat supaya anak tidak lelah. Kalau anak terlalu lelah bermain maka demamnya akan bisa terus meningkat.

Dengan beristirahat, maka tubuh akan bisa melakukan regenerasi sel sehingga rasa panas bisa cepat turun. Pastikan juga demam anak sudah benar-benar berkurang sebelum Anda mulai mengizinkannya untuk bisa kembali bermain.

6. Pakailah Pakaian yang Tipis

Ketika anak sedang demam maka sebaiknya anak menggunakan atau memakai pakaian yang tipis. Pakaian bisa terbuat dari katun atau kaos yang tipis yang bisa untuk menyerap keringat.

Pakaian dari bahan yang tipis dianggap bisa membantu panas yang terdapat pada cepat keluar. Sebaliknya pakaian yang tebal malah akan terus memerangkap semua udara panas dan juga keringat yang terdapat di dalam tubuh.

Inilah beberapa cara menurunkan demam pada anak yang bisa Anda ketahui sebagai orangtua. Jadi ketika anak mengalami demam maka Anda tidak perlu panik atau khawatir berlebihan. Anda harus mengingat berbagai tips ini maka semua permasalahan demam anak bisa teratasi.