Di masa saat ini, mulai banyak ibu muda yang telah ingin untuk memiliki keturunan. Oleh sebab itu, kehamilan di usia muda pun sudah bukan menjadi hal yang asing. Bagi anda yang tengah hamil pada usia yang masih muda maka anda pun perlu untuk menjaga kesehatan, baik bagi bayi yang ada di dalam kandungan maupun untuk diri sendiri. Berikut ini akan dibahas beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Simak ulasan selengkapnya.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ketika Hamil Di Usia Muda

konsultasi dalam menjaga kehamilan

1. Konsultasi Ke Dokter Mengenai Obat Obatan

Tips pertama yang bisa untuk anda lakukan adalah berkonsultasi ke dokter kandungan. Hal ini dikarenakan ibu hamil memiliki kondisi yang rentan terhadap pemakaian obat obatan. Sehingga ketika anda merasa sakit dan ingin mengonsumsi obat, maka anda pun bisa mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter terlebih dahulu. Tentu saja, hal tersebut bertujuan agar tidak membahayakan diri anda dan juga bayi yang ada di dalam kandungan.

hidup sehat penting semasa kehamilan

2. Dengan Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Selanjutnya, dalam kehamilan di usia muda anda pun wajib untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat. Hal ini disebabkan ketika anda sedang hamil maka tubuh pun akan bekerja dengan lebih keras. Sehingga hal tersebut akan membuat tubuh perlu untuk memiliki tambahan asupan nutrisi. Untuk itu, anda pun bisa mengonsumsi setidaknya sekitar 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Dengan begitu, asupan nutrsi yang dibutuhkan oleh tubuh pun akan bisa terpenuhi. Menurut penelitian, asam folat memiliki pengaruh dan manfaat yang cukup besar bagi ibu hamil dan juga bayi yang dikandungnya. Salah satu dari manfaat tersebut adalah untuk mengurangi resiko terkena cacat jantung bawaan. Selain itu, untuk menghindari persalinan prematur dan juga diabetes gestasional.

buah hati

3. Dengan Melakukan Kunjungi Prakonsepsi

Cara menjaga kehamilan di usia muda pun juga bisa anda lakukan dengan menjadwalkan kunjungi prakonsepsi. Hal ini merupakan salah satu upaya penting yang bisa anda lakukan untuk menjaga kehamilan. Dengan melakuakn kunjungan pra konsepsi maka anda pun nantinya akan belajar tentang gaya hidup yang bisa untuk membahayakan kesuburan dan juga calon bayi anda.

Selain itu, disini pun anda juga akan lebih mengetahui tentang bahaya genetik. Untuk itu, dengan melakukan kunjungan prakonsepsi maka anda pun juga bisa mempersiapkan dengan baik. Mulai dari mengumpulkan berbagai informasi mengenai jenis dari alat kontrasepsi, daftar dari obat obatan yang anda gunakan saat ini serta siklus menstruasi dan juga riwayat kesehatan keluarga anda.

menjaga kehamilan tanpa merokok

4. Dengan Menghentikan Kebiasaan Merokok

Untuk menjaga kehamilan di usia muda, maka bagi anda yang dulunya sering kali merokok maka anda pun wajib untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini dikarenakan merokok mampu untuk merusak kesuburan anda dan juga akan membahayakan bayi yang sedang berada di dalam kandungan. Selain itu, ketika anda merokok saat pembuahan maka hal tersebut juga akan memiliki resiko kehamilan ektopik. Tak hanya itu saja, ketika anda merokok pun dapat menyebabkan berbagai implikasi.

Itulah beberapa tips yang bisa untuk anda lakukan dalam menjaga kesehatan kehamilan anda. Terutama bagi anda yang sedang dalam usia masih muda, menjaga kehamilan tentunya akan menjadi salah satu hal penting yang perlu untuk anda perhatikan. Hal ini dikarenakan akan bertujuan untuk menjaga kesehatan dari kedua belah pihak yakni untuk diri anda sendiri dan juga bayi yang berada di dalam kandungan anda.