Pilek atau flu pada bayi memang menjadi hal yang sering kali akan anda temui pada si kecil, tentu saja penting mengetahui cara mengatasi flu bayi. Beberapa dari orang tua bahkan sempat memiliki kekhawatiran yang berlebih, jika terjadi sesuatu pada bayi anda. Namun, anda pun perlu menghadapinya dengan tenang apabila mengalami hal tersebut. Kali ini kami akan mengulas beberapa cara mengatasi flu bayi yang bisa anda terapkan kepada bayi Anda. Mari kita Simak ulasan berikut ini.

infeksi virus

Perawatan Penting Untuk Meringankan Gejala Flu Pada Bayi

1. Dengan Memberikan Banyak Cairan

Ketika mengetahui bahwa bayi anda sedang mengalami flu, maka sebagai orang tua anda pun perlu memberikan banyak cairan. Hal ini bertujuan agar pilek dapat berangsur angsur menghilang. Caranya adalah dengan mencampurkan air putih hangat dengan sedikit madu kemudian berikan kepada si kecil. Cara satu ini cukup ampuh untuk mengatasi flu si kecil.

Cairan hangat yang Anda berikan akan membuat tubuh si kecil berkeringat. Sehingga nantinya, ingus yang berada di dalam hidung pun akan dapat keluar. Dengan begitu, anda pun bisa menyekanya dan hal ini akan membuat nafas si kecil menjadi lebih nyaman dan lega. Anda pun bisa melakukannya secara rutin hingga flu pada bayi lebih mereda.

2. Dengan Mengatur Posisi Tidur si Kecil

Hal lain yang bisa anda lakukan ketika bayi anda mengalami flu adalah dengan mengubah posisi tidur. Dengan menggunakan cara ini dapat menjadi salah satu langkah untuk mengatasi flu yang dideritanya. Posisi tidur yang baik adalah dengan membuat posisi kepada lebih tinggi dibandingan dengan badannya. Dengan begitu, nantinya akan membuat di kecil menjadi lebih mudah untuk bernafas dan membuat lendir tidak menggumpal pada area hidung.

3. Dengan Menggunakan Alat Penyedot Ingus

Untuk mengatasi flu yang terjadi pada bayi selanjutnya adalah dengan memakai alat penyedot ingus atau yang dikenal dengan istilah bulb syringe. Alat tersebut biasanya akan digunakan ketika ingus tak kunjung keluar meskipun telah diberikan saline atau obat semprot. Dengan menggunakan bulb syringe akan lebih cepat membuat ingus keluar dari hidung dan membuat bayi menjadi mudah untuk bernafas.

4. Dengan Menggunakn Obat Semprot Hidung

Mengatasi flu bayi
Cara atasi flu pada bayi selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakn obat semprot hidung. Obat satu ini akan memiliki fungsi untuk mengurangi adanya produksi lendi berlebih yang ada di dalam tuuh. Hal tersebut nantinya akan membuat sumbatan pada hidung si kecil. Caranya adalah dengan membaringkan si kecil dengan menggunakan obat ini. Lalu, semprotkan sebanyak 2 hingga 3 kali, lendir pun akan keuar bersama dengan batuk dan bersin.

5. Dengan Menggunakan Pelembab Udara

Dengan menyalakan pelembab udara dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi flu yang terjadi pada si kecil. Hal ini terjadi karena pelembab udara mampu untuk membuat udara menadi hangat. Sehingga dengan menggunakan cara ini akan membuat lendir yang berada di hidung bayi menjadi keluar. Tentu saja, cara ini menjadi salah satu hal ampuh untuk atasi flu pada bayi.

Selain itu, ketika anda telah menggunakan cara cara tersebut, maka anda pun juga perlu memberikan waktu yang cukup bagi si kecil untuk beristirahat. Hal ini dikarenakan ketika bayi kekurangan istirahat akan mampu membuat tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Untuk itu, pastikan bayi anda mendapatkan istirahat yang cukup ketika menderita flu.

Tagged in:

, ,