Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi – Pernahkah bayi Ibu mengalami cegukan? Cegukan merupakan suatu hal yang sangat umum terjadi, baik itu dirasakan oleh bayi baru lahir hingga yang sudah berusia 1 tahun. Biasanya cegukan dapat terjadi ketika bayi makan terlalu banyak atau terlalu cepat yang memicu kontraksi diafragma dan penutupan pita suara bayi yang berlangsung cepat. Terlalu banyak menelan udara dari botol susu dan perubahan suhu di dalam perut juga dapat menjadi penyebab kenapa bayi cegukan.

Tapi Ibu tidak perlu khawatir! Berikut kami rangkum beberapa informasi terkait cegukan pada bayi untuk Ibu.

Beberapa Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

bayi cegukan

Orang dewasa cenderung merasa terganggu ketika mengalami cegukan. Oleh karena itu, Ibu berpikir bahwa bayi juga akan merasakan hal yang sama. Namun, bayi biasanya tidak terpengaruh oleh cegukan tersebut. Pada kenyataannya banyak bayi tetap dapat tidur biarpun sambil cegukan. Lalu, cegukan juga jarang sekali mengganggu atau berdampak pada pernapasan bayi.

Dilansir dari healthline.com, sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa cegukan mungkin penting untuk perkembangan otak dan pernapasan bayi. Cegukan juga biasanya hanya berlangsung sebentar dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika bayi tampak tidak nyaman, ada beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi yang dapat Ibu lakukan:

Buat bayi bersendawa

Berhenti menyusu sejenak untuk menyendawakan bayi dapat membantu menghilangkan cegukan. Jadi, kelebihan gas yang mungkin menyebabkan cegukan dapat dihilangkan dengan cara bersendawa.

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar bayi yang diberi susu botol bersendawa tidak hanya setelah menyusu, tetapi juga secara berkala selama menyusu.

Gunakan pacifier alias empeng

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang berikutnya adalah dengan memberi pacifier atau empeng. Nah, Ibu juga harus tahu bahwa cegukan pada bayi tidak selalu dimulai dari menyusu. Jadi, ketika bayi mulai cegukan sendiri, cobalah membiarkan mereka mengisap empeng! Mengisap empeng dinilai dapat membantu mengendurkan diafragma dan menghentikan cegukan.

Berikan gripe water

Gripe water merupakan obat herbal berbahan cair. Kandungannya yaitu terdiri dari berbagai campuran bahan herbal, seperti  adas, jahe, chamomilelicorice, kayu manis, atau lemon balm. Banyak yang meyakini bahwa cara mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan memberikan gripe water meskipun belum ada bukti kuat untuk mendukung hal tersebut.

Tapi jika Ibu ragu untuk memberikan gripe water pada bayi, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu hal ini pada dokter bayi Ibu, ya!

Biarkan cegukan berhenti sendiri

Bayi di bawah 1 tahun biasanya akan lebih sering mengalami cegukan. Kebanyakan, cegukan bayi akan berhenti dengan sendirinya. Jika memang dirasa tidak mengganggu kenyamanan bayi, membiarkan cegukan berhenti sendiri juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat Ibu pilih.

Tapi jika Ibu sudah membiarkan cegukan dan ternyata cegukan pada bayi belum berhenti juga, maka sudah saatnya Ibu memberitahu atau memeriksakan hal tersebut secara lebih lanjut pada dokter. Meskipun jarang terjadi, cegukan bisa saja menjadi pertanda masalah medis yang lebih serius.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayi Cegukan

Banyak mitos yang berkembang di dalam masyarakat sebagai cara mengatasi cegukan pada bayi. Namun, Ibu sebaiknya menghindari hal-hal tersebut, terutama jika berisiko menyebabkan cedera. Beberapa mitos yang perlu dihindari antara lain:

  • Membuat bayi kaget atau menakut-nakuti bayi saat sedang cegukan
  • Menarik lidah bayi atau menekan dahinya saat ia cegukan
  • Memberi bantuan pernapasan
  • Meletakkan kain basah pada dahi

Nah, kira-kira cara mengatasi cegukan pada bayi nomor berapa yang akan Ibu lakukan ketika bayi Ibu mengalami cegukan? Yuk, tuliskan pilihan Ibu dalam kolom komentar!

Tagged in:

,