Sebagian orang tua, tentu saja akan merasa panik ketika si kecil mengalami keadaan demam. Ketika mengetahui hal tersebut, maka disarankan bagi orang tua untuk bersikap tenang agar bisa menangani bayi demam dengan baik. Demam yang dialami oleh si kecil tersebut, tidak selalu menandakan hal yang serius. Namun, anda pun harus tetap waspada dan berhati hati untuk menurunkan panasnya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya yang perlu anda tahu.

Beberapa Cara Mengatasi Bayi Demam

Mengatur suhu udara

1. Dengan Menjaga Suhu Kamar Agar Tetap Sejuk

Pertama, anda bisa mengusahakan untuk menjaga agar suhu di ruangan tetap dalam keadaan sejuk. Hal ini dikarenakan ketika suhu kamar menjadi panas, akan mempengaruhi suhu badan si kecil. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan penyejuk udara ataupun kipas angin. Namun, anda pun perlu mengaturnya agar tidak terlalu kencang dan hindari untuk mengarahkannya secara langsung kepada si kecil.

Dengan melakukan cara satu ini akan mampu untuk menormalkan kembali suhu si kecil. selain itu, anda juga perlu untuk menghindari mennyalakan AC dalam suhu yang terlalu dingin. Sehingga, akan kah lebih baik jika anda mengatur suhu ruangan sesuai dengan kondisi yang anda inginkan, yakni tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Apabila tidak terdapat AC atau kipas angin, maka anda pun bisa membuka jendela atau pintu di kamar anda.

Cara Mengatasi Bayi Demam

2. Dengan Menggunakan Pakaian yang Lebih Tipis

Untuk mengatasi bayi demam, maka anda bisa memakaikan baju yang tipis kepada si kecil. Hal ini dikarenakan ketika anda memberikan pakaian yang berlapis atau tebal, maka anda pun bisa melepaskannya sejenak. Sehingga, anda bisa membiarkannya untuk menggunakan satu lapis pakaian saja. Selain itu, anda pun juga perlu memastikan agar pakaian tersebut lebih nyaman untuk dikenakan.

Baca juga  Ciri Ciri Anak Indigo

Apabila si kecil mengalami kedinginan, maka anda pun bisa memakaikannya selimut. Cara satu ini dapat anda lakukan ketika si kecil telah mengalami kenaikan suhu di tubuhnya. Sehingga, ketika bayi demam maka anda pun tidak perlu panik dan wajib untuk bersikap dengan tenang. Sehingga, anda nantinya akan bisa untuk merawat dan memberikan pakaian yang tepat untuk menurunkan suhu dari anak anda.

Minum air yang banyak

3. Dengan Memenuhi Asupan Cairan untuk Si Kecil

Hal lain yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa tubuh dari bayi tersebut untuk tetap terhidrasi. Sehingga, dengan memberikan asupan cairan yang cukup kepada si kecil yakni seperti susu formula maupun ASI, maka hal tersebut akan membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya. Anda pun juga perlu untuk memastikan bahwa nutrisi dari si kecil telah tercukupi.

Untuk itu, ketika anda mengalami kondisi si kecil sedang demam maka anda pun haruslah tetap memberikan asupan cairan yag dibutuhkan oleh bayi. Hal ini dikarenakan dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi demam yang terjadi pada anak anda. Anda pun juga perlu untuk memeriksa suhu tubuhnya secara rutin, paling tidak selama beberapa jam sekali.

Cara Mengatasi Bayi Demam

4. Dengan Mengompresnya

Cara mengatasi bayi demam selanjutnya adalah dengan mengompresnya terlebih dahulu. Untuk itu, ketika bayi sedang tidur maka anda pun bisa mengompresnya pada bagian dahi dengan menggunakan lap basah. Hal ini dapat anda lakukan sebagai cara untuk menurunkan panas pada bayi dan juga anda bisa meletakkannya pada area lipat ketiak serta area di sekitar paha.

Cara satu ini biasanya akan sering kali untuk anda lakukan. Hal ini dikarenakan dengan mengompres bayi memang bertujuan untuk menurunkan suhu dari si kecil. Dengan begitu, cara tersebut dapat anda lakukan sebagai langkah awal ketika anda mengetahui bayi anda mengalami demam yang tak kunjung turun dalam beberapa jam terakhir.

Baca juga  Jadwal Imunisasi Bayi

Cara Mengatasi Bayi Demam

5. Dengan Mengelap atau Mandi Air Hangat

Selain itu, anda pun juga bisa untuk memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat. Disini, anda bisa untuk menggunakan lap ataupun memandikan bayi dengan memakai air hangat atau suam suam kuku. Di samping itu, anda pun juga perlu untuk menghindari memandikan si kecil dengan menggunakan air dingin. Hal ini dikarenakan akan membuat suhu tubuhnya mengalami kenaikan.

Cara Mengatasi Bayi Demam

6. Dengan Memberikan Pengobatan yang Sesuai

Apabila bayi mengalami kenaikan suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat celcius, maka anda pun bisa menggunakan obat penurun demam. Ketika bayi masih berusia di bawah satu tahun, maka anda pun juga perlu untuk memperhatikan jenis obat penurun panas yang akan anda gunakan. Namun, apabila berusia diatas satu tahun, maka anda pun bisa memberikannya kompres agar suhu tubuhnya menurun.

Ketika mengalami kondisi satu ini, cara mengatasi bayi demam yang wajib untuk anda lakukan adalah dengan bersikap tenang. Pasalnya, ketika orang tua merasa panik ataupun gugup maka hal tersebut akan bisa dirasakan oleh bayi. Sehingga gejala demam yang dialami oleh si kecil pun akan bertambah parah. Hal ini dikarenakan ia akan tetap terus menangis dan mengakibatkan suhu tubuhnya ikut menjadi naik.

Cara Mengatasi Bayi Demam

7. Dengan Mengukurnya Menggunakan Termometer

Ketika anda mendapati si kecil demam, maka anda pun perlu untuk mengetahui suhu tubuhnya. Meskipun anda merasa bahwa demam yang dialami bayi anda tidak terlalu tinggi, namun ketika bayi tidak bergerak secara aktif maka anda pun perlu untuk menguhubungi dokter. Sebelum itu, anda bisa dengan mengukur suhu tubuh dari si kecil dengan menggunakan termometer.

Meskipun ibu memiliki insting yang tinggi, akan tetapi anda bisa mengetahui bahwa bayi benar benar sakit atau tidak dengan cara mengetahui suhu tubuh. Gunakan termometer yang tepat dan sesuai dengan umur si kecil. Ketika bayi anda berusia sekitar kurang dari 6 bulan, maka anda pun bisa mengambil suhu tubuhnya dengan menggunkana termomter dubur. Hal ini dikarenakan ketika menggunakan termometer telinga, hasilnya akan cenderung kurang akurat.

Baca juga  Rekomendasi Preschool untuk Anak Anda

dokter anak

8. Dengan Membawanya ke Dokter

Bagi anda yang memiliki bayi dengan usia sekitar kurang dari 3 bulan, maka cara mengatasi bayi demam bisa anda lakukan dengan menghubungi dokter. Demam yang terjadi pada usia bayi yang berumur kurang dari 3 bulan, dapat mengartikan adanya infeksi serius di dalam tubuh. Sebelum itu, anda pun juga perlu untuk memperhatikan gejala yang muncul. Seperti batuk, kehilangan nafsu makan, muntah atau rasa kantuk yang tidak biasa.

Dengan mengunjungi ke dokter, maka anda pun juga akan menjadi lebih tahu alasan mengapa si kecil mendadak demam. Sehingga, nantinya bayi anda pun akan bisa mendapatkan penanganan yang tepat. hal ini tentu saja akan menjadi salah satu cara yang paling efektif yang bisa untuk anda lakukan ketika mengalami momen seperti ini. Untuk itu, memberikan penanganan yang tepat akan membantu anda untuk atasi demam pada si kecil dengan cara yang tepat pula.

Ikutin Facebook kami di https://facebook.com/detikbayi