Cara Mendapatkan Anak Kembar – Memiliki anak kembar merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi sebagian orang tua. Di mana pasangan yang memiliki gen kembar mempunyai peluang yang besar juga untuk mendapatkan anak kembar. Lalu bagaimana jika Ibu dan pasangan tidak punya riwayat kembar? 

Jangan khawatir! Ada beberapa cara mendapatkan anak kembar laki-laki atau perempuan yang dapat Ayah dan Bunda lakukan. Berikut Detikbayi rangkum informasinya. 

cara mendapatkan bayi kembar

In vitro fertilization (IVF) 

Cara mendapatkan anak kembar yang pertama adalah dengan In Vitro Fertilization (IVF).  Dilansir dari healthline.com, prosedur medis ini bisa meningkatkan peluang hamil kembar. Di Indonesia, IVF lebih dikenal dengan istilah bayi tabung. 

Saat melakukan bayi tabung, sel telur Ibu dan sperma pasangan akan dikeluarkan sebelum dibuahi. Yang selanjutkan akan diinkubasi bersama di laboratorium di mana embrio terbentuk. 

Setelah itu, dokter akan menempatkan embrio ke dalam rahim Ibu. Biasanya, untuk meningkatkan kemungkinan embrio tumbuh dengan baik, dokter akan memasukan lebih dari satu embrio. Proses inilah yang dapat meningkatkan peluang Ibu dan pasangan memiliki anak kembar.

Konsumsi obat kesuburan

Ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan. Di mana setelah dikonsumsi, obat ini dapat meningkatkan jumlah sel telur yang diproduksi di indung telur perempuan.

Nah, ketika lebih banyak sel telur yang diproduksi, maka ada kemungkinan besar lebih dari satu sel telur juga yang dapat dilepaskan dan dibuahi. Sehingga Ibu bisa mendapatkan anak kembar. 

Program kehamilan saat Ibu masih menyusui

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine pada 2006 menemukan bahwa ibu menyusui yang kemudian hamil lebih mungkin untuk mengandung anak kembar.

Saat menyusui, kadar prolaktin dalam tubuh perempuan akan diproduksi lebih banyak. Komponen hormon ini disebut-sebut dapat meningkatkan peluang hamil kembar. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk hal ini. 

Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara mendapatkan anak kembar ini, ya!

Konsumsi susu dan produk olahan susu

Cara mendapatkan anak kembar selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi susu sapu dan produk olahannya. 

Ternyata terdapat beberapa hormon pertumbuhan yang ditemukan dalam susu dan produk susu sapi. Di mana hormon ini dianggap baik dikonsumsi saat sedang program hamil kembar.

Konsumsi makanan yang kaya akan seng dan protein

Salah satu faktor penting dan cara mendapatkan anak kembar adalah dengan mengatur pola makan.

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan Ibu akan protein setiap hari. Pada dasarnya, peluang perempuan bisa hamil anak kembar bergantung pada hiperovulasi.

Selain itu, Ibu juga bisa memperbanyak konsumsi sumber protein seperti biji-bijian utuh, tahu, kedelai dan ubi. Yang mana makanan ini dapat membantu merangsang ovarium, sehingga meningkatkan peluang untuk memiliki anak kembar.

Tidak hanya Ibu, ajak pasangan untuk konsumsi makanan yang kaya akan seng. Banyak yang meyakini kalau seng dapat meningkatkan produksi sperma. Sehingga ada kemungkinan besar bahwa proses pembuahan akan terjadi lebih efektif dan meningkatkan peluang hamil kembar.

Mengonsumsi minyak biji rami dan akar licorice

Ibu bisa memanfaatkan tanaman herbal tertentu untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar. 

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minyak biji rami (flaxseed oil) dan akar licorice.

Ternyata minyak biji rami dan akar licorice tidak hanya dapat menjaga keseimbangan hormon tetapi juga meningkatkan kesuburan Ibu. Kedua tanaman herbal ini juga membantu dalam mengatur siklus menstruasi sehingga dapat meningkatkan ovulasi dan membuat proses pembuahan lebih mudah.

Gunakan posisi tertentu saat berhubungan intim

Ibu perlu tahu kalau beberapa posisi seks tertentu bisa membantu meningkatkan peluang untuk hamil anak kembar. 

Posisi misionaris, doggy style, dan woman on top dapat membuat sperma menjangkau lebih dekat dengan sel telur, sehingga meningkatkan peluang hamil anak kembar.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan bayi kembar yang semoga dapat menambahkan ibu dan bapak semuanya. Beberapa cara bisa kita lakukan namun hasilnya kita serahkan pada Tuhan Yang Maha Esa.