Rasanya semua orang tua tentu menginginkan anak memiliki tinggi badan yang ideal. Hanya saja tidak semua anak mendapatkan pertumbuhan optimal. Terdapat sejumlah faktor yang membuat fase pertumbuhan tinggi badan anak mengalami hambatan.

Orang tua bisa mengupayakan fase pertumbuhan tinggi badan anak dengan cara alami dan pastinya sehat. Sebaliknya saat buah hati masih berusia dini, hindari memberikannya obat atau suplemenĀ  yang dijual secara bebas. Pasalnya anak-anak hingga memasuki usia remaja akan terus mengalami proses pertumbuhan alias growth spurt. Berikut adalah cara cepat membantu pertumbuhan tinggi badan anak agar berjalan maksimal.

Asupan Gizi Seimbang Mempercepat Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Asupan gizi harus seimbang agar pertumbuhan tinggi badan anak tidak mengalami kendala. Makanan yang bergizi penting menjadi menu sehari-hari buah hati. Perhatikan susunan menu dasar si kecil. Sebaiknya mencakup protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, hingga mineral.

Paling dianjurkan pada usia dini mengkonsumsi susu, lantaran mengandung cukup protein, magnesium, lemak, nutrisi, zinc, dan berbagai mineral. Semua kandungan dalam susu dibutuhkan bagi masa pertumbuhan tulang si kecil. Terlebih lagi susu berkualitas akan dilengkapi kandungan asam amino esensial.

Perhatikan pertumbuhan anak-anak yang mudah makan dan sulit makan. Mereka yang mengonsumsi lebih banyak gizi pastinya mengalami perkembangan tubuh yang optimal. Karena itu usahakan agar si kecil tidak menolak sejumlah makanan selama masa pertumbuhan. Selain bagus untuk tinggi badan, nutrisi sempurna akan menjaga kepadatan pada tulang.

Pada usia anak-anak hingga menuju remaja, ibu dapat pula menambahkan asupan pangan dengan kandungan kalsium dan vitamin D. Teruntuk situasi khusus dokter dapat menyarankan suplemen, demi menghindari malnutrisi. Terapi hormon juga membantu proses pertumbuhan bagi buah hati. Namun, kembali lagi ahli medis akan melakukan observasi terkait kondisi si kecil.

Olahraga yang Tepat Selama Masa Pertumbuhan Tulang

Sejatinya faktor genetik merupakan penentu bagaimana proses pertumbuhan tinggi badan anak terjadi. Kabar baiknya, upaya dari eksternal bisa membantu memaksimalkan pertumbuhan. Setelah tadi kita membahas tentang makanan, maka kini giliran jenis olahraga yang direkomendasikan. Berikut daftar olahraga lengkapnya:

1. Basket

Olahraga basket melibatkan gerakan melompat, berlari, melempar dan mengambil bola. Rangkaian gerakan tersebut mampu merangsang pertumbuhan otot serta tulang.

2. Peregangan

Stretching juga disebut-sebut mampu mengoptimalkan pertumbuhan badan pada anak-anak. Olahraga ini membuat tulang terbentuk lebih kuat, bahkan bila dilakukan secara rutin efektif memanjangkan tulang belakang. Selain itu, postur tubuh anak-anak menjadi proporsional.

Tinggi Badan Anak

Cobalah melakukan peregangan bersama dengan si kecil, misalkan melakukan gerakan split. Yaitu kedua kaki dibuka lebar, kemudian jangkau ibu jari kaki dengan tangan. Ulangi kembali gerakan ini setidaknya tiga kali dalam sehari.

3. Yoga

Yoga juga efektif membantu perkembangan otot dan pertumbuhan tulang anak-anak. Yoga melibatkan stretching dan keseimbangan tubuh. Gerakan sederhana yang bisa dicoba adalah anak berbaring terlentang di atas matras. Kemudian posisikan tangan dan kaki untuk menopang tubuh sehingga membentuk huruf U.

4. Hanging

Gerakan hanging yoga yang menggantung sejenis tali pada tiang, juga ampuh membantu pertumbuhan si kecil. Ibu membutuhkan instruktur saat melakukan olahraga ini. Posisi tubuh si kecil nantinya menarik tulang bagian belakang sehingga memanjang. Selama menggantung, cobalah melakukan gerakan pull up.

5. Berenang

Berenang juga efektif membantu pertumbuhan otot dan tulang. Selama berenang semua bagian tubuh akan bergerak. Bahkan beberapa gaya renang melibatkan peregangan tubuh. Sehingga bukan tidak mungkin rutin berenang akan memperkuat tulang bagian belakang.

6. Jogging

Olahraga jogging ternyata ampuh menambah tinggi badan anak. Gerakan berlari akan memperkuat tulang pada kaki, sekaligus menaikan hormon human growth.

7. Skipping

Lompat tali atau skipping bagian dari gerakan kardio yang mudah si kecil ikuti. Gerakan melompat akan membuat bagian tubuh berserta otot bergerak bersamaan. Sehingga membantu pertumbuhan tulang selama usia dini.

Waktu Tidur Sesuai Jendela Usia Si Kecil

Tidur diakui membantu proses pertumbuhan tinggi badan anak, pasalnya selama beristirahat hormon growth dilepaskan oleh tubuh. Itulah mengapa anak-anak membutuhkan istirahat yang cukup sesuai dengan usianya. Jika membahas bagaimana sejatinya fase pertumbuhan bekerja? Tentu saja membutuhkan penjabaran yang kompleks.

Namun, sederhananya hormone growth pada si kecil merupakan zat tubuh yang akan menstimulasi proses perkembangan darah, organ, otot hingga tulangnya. Ibu dapat mengoptimalkan proses pertumbuhan dari luar, lewat asupan gizi dan olahraga yang tepat.

Hormon pertumbuhan dihasilkan kelenjar hipofisis yang mengalir menuju otak bersama aliran darah. Pelepasan terbanyak terjadi saat buah hati tidur dengan nyenyak. Minum susu sebelum tidur dapat menenangkan pikiran sehingga mampu beristirahat optimal. Durasi tidur si kecil tergantung dari usianya saat ini. Kurang tidur yang berkepanjangan bisa mempengaruhi fungsi kerja jantung, paru-paru, serta mengurangi sistem imun. National Sleep Foundation merilis pada tahun 2011 jendela tidur bagi bayi hingga memasuki usia remaja. Berikut daftar lengkap jam tidur bayi.