Merawat bayi termasuk susah-susah gampang. Hal ini karena bayi memiliki kulit yang sensitif termasuk di area lidah. Bagaimana cara membersihkan lidah bayi? Membersihkan lidah bayi relatif sederhana. Moms tidak membutuhkan peralatan mahal dan rumit.

Moms hanya membutuhkan air hangat dan kain kasa. Adapun cara membersihkan lidah bayi sebagai berikut.

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Adapun cara membersihkan lidah bayi yaitu :

1. Bayi Usia 3 Bulan

Untuk bayi yang berusia kurang dari 3 bulan, proses pembersihannya termasuk sulit. Adapun tahapan dalam pembersihan yaitu pertama siapkan air hangat untuk membersihkan lidah bayi.

Selanjutnya moms bisa mengambil sepotong kasa kecil. Kasa tersebut kemudian bisa moms lipat di bagian jari.

Basahi kain kasa tersebut dan aplikasikan pada lidah bayi untuk membersihkan lidahnya. Adapun caranya yaitu dengan menggosokkan secara lembut kain tersebut di atas permukaan lidah dengan gerakan melingkar.

Moms bisa melakukan prosedur ini setidaknya sekali sehari ya. Terutama setelah moms selesai menyusui.

Hal yang terpenting juga, hindari menggunakan pasta gigi untuk membersihkan lidah bayi ya. Karena pasta gigi biasanya rawan tertelan oleh bayi dan malah akan menjadi membahayakan bayi.

2. Bayi Usia 6 Bulan

Untuk bayi berusia 6 bulan yang biasanya akan tumbuh gigi pertama. Moms membutuhkan cara berbeda untuk membersihkannya.

Moms bisa menggunakan sikat gigi yang lembut dan ramah bersamaan dengan pasta gigi untuk membersihkan lidahnya ataupun bagian gigi yang baru tumbuh. Bagaimana cara pengaplikasiannya?

Untuk proses pengaplikasiannya, Moms hanya perlu menggunakan sedikit pasta gigi. Kira-kira sebesar sebutir beras, untuk menghindari tertelannya pasta gigi tersebut.

Nah, jika anak sudah berusia minimal 3 tahun, moms bisa meningkatkan jumlah pasta giginya. Kira-kira jumlah pasta gigi yang bisa moms gunakan yaitu seukuran biji kacang.

3. Anak Usia 1 Tahun

Cara membersihkan lidah bayi pada anak usia 1 tahun tergolong cukup mudah. Hal ini karena moms bisa langsung mengajari mereka bagaimana cara menyikat gigi dan lidah sendiri.

Untuk mulai mengajari anak, moms bisa memulai dengan menaruh sedikit pasta gigi pada sikat gigi yang basah. Kemudian peragakan cara menggosok gigi yang baik dengan menggosok gigi moms sendiri.

Setelah itu, moms bisa langsung mulai meminta anak untuk membersihkan giginya sendiri. Namun dengan tetap memberikan arahan seperti menyikat bagian depan dan belakang gigi dengan merata.

Biarkan anak melakukan dan mencobanya sendiri ya. Hal ini karena ini akan membuat anak terbiasa untuk melakukannya sendiri kedepannya.

Sebaiknya tidak hanya cara menyikat giginya. Tetapi juga moms bisa mengajarkan cara membersihkan lidah mereka dengan lembut menggunakan sikat gigi pada mereka.

Arahkan juga kepada anak, untuk tidak menelan pasta gigi dengan cara memuntahkannya kembali. Jangan sampai tertelan ya.

4. Anak Usia 2 Tahun

Cara membersihkan lidah bayi untuk usia 2 tahun sudah terbilang cukup mudah. Karena kebiasaan menyikat gigi yang moms ajarkan sebelumnya, sudah mulai menjadi kebiasaan untuk anak.

Pada tahap ini, moms sudah bisa mengoleskan sedikit pasta gigi bebas fluorida pada anak moms. Mulai lah dengan memberikan pasta gigi yang tidak terlalu banyak dulu ya.

Pastikan juga untuk memberikan pasta gigi jenis ini saat anak sudah berhasil meludahkan pasta giginya. Hal ini karena kandungan fluorida dapat berbahaya untuk pencernaan anak.

Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Putih

cara membersihkan lidah bayi

Beberapa bayi terkadang memiliki lidah dengan permukaan berwarna putih. Hal ini sering sekali membuat ibu merasa khawatir, takut terjadi hal buruk pada bayinya.

Tapi tahukah moms bahwa lapisan putih tersebut merupakan sisa ASI. Jadi bisa dikatakan hal tersebut merupakan suatu yang normal.

Moms bisa membersihkan bagian putih tersebut dengan cara menyekanya menggunakan jari. Tapi sebaiknya selalu perhatikan kondisi tangan agar selalu bersih ya.

Hal yang perlu moms perhatikan juga bahwa lapisan putih pada lidah terkadang merupakan sariawan. Sisa ASI dan sariawan terlihat hampir mirip. Bedanya sariawan tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyekanya.

Untuk menghilangkannya moms bisa menggunakan obat anti jamur. Namun jika pemberian obat anti jamur tidak mempan, moms sebaiknya langsung menghubungi dokter terdekat.

Sehingga bayi moms dapat segera diobati dan sariawan pun dapat diatasi. Jadi jangan panik ya!

Sudah Tahu Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar?

Nah, setelah mengetahui cara membersihkan lidah bayi tersebut. Moms tinggal menerapkannya.

Memang terdengar sepele, namun kebiasaan menjaga kebersihan lidah bayi merupakan hal yang penting. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit pada bayi.