Sejauh ini memang belum ada pembuktian khusus terkait metode alami yang dapat secara efektif membantu wanita hamil anak perempuan. Meskipun demikian banyak pasangan yang berhasil, menerapkan cara memperoleh anak perempuan selain berpacu pada pengetahuan kedokteran.

Metode hamil alami tetap berdasarkan pengetahuan bahwa sperma pria terdiri atas kromosom Y (laki-laki) dan X (perempuan). Dimana kromosom Y bergerak lebih cepat, sedangkan kromosom X terbilang lebih kuat. Selain itu kondisi vagina wanita juga bisa mempengaruhi perjalanan dua kromosom tersebut.

Bagi Anda yang mendambakan memiliki anak perempuan dapat mencoba beberapa cara lengkap berikut ini. Tersedia mulai dari jenis asupan apa saja untuk calon ibu hamil, hingga rekomendasi program kedokteran dan estimasi biayanya.

Program Hamil Anak Perempuan Didukung Asupan Makanan

Tidak sedikit sang Ibu mengupayakan agar bisa hamil anak perempuan. Pasalnya terdapat sejumlah cara untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Langkah pertama adalah memperhatikan asupan makanan, mulai dari asupan suplemen hingga jenis gizi ibu hamil yang dikonsumsi setiap harinya.

Berdasarkan jurnal Reproductive Biomedicine, wanita yang menjalani diet kalsium dan magnesium memiliki potensi tinggi mengandung anak perempuan. Selain itu dapat pula secara rutin mengkonsumsi makanan non olahan seperti keju, susu, mentega, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain kalsium dan magnesium, kalium juga bagus untuk program hamil anak perempuan yang banyak tersedia pada jeruk, sayur bayam, ubi-ubian, serta jamur. Namun, harus diperhatikan untuk mengatur jumlah asupan agar tidak berlebihan. Pasalnya mengkonsumsi kalium terlalu banyak pada awal kehamilan dapat menyebabkan preeklamsia.

Asupan makanan dengan kandungan vitamin E sangat baik bagi wanita yang menjalani program kehamilan. Vitamin E sangat kaya akan antioksidan, baik pula untuk meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Bahkan bagi ibu hamil ampuh mencegah terjadinya keguguran, serta meminimalisir risiko kehamilan seperti darah tinggi.

Mengkonsumsi asam folat juga sangat dianjurkan selama persiapan program kehamilan. Asam folat terkandung pada sayuran hijau layaknya asparagus, brokoli, selada, buah-buahan, jeruk, lemon, alpukat, tomat, pepaya, kacang-kacangan, kacang merah, kacang tanah, kacang polong, hati ayam, seafood, dan telur.

Asam folat mampu mencegah berbagai gangguan kehamilan pada janin. Seperti gangguan penutupan tuba neural pada bayi.

Asam folat nyatanya sangat bermanfaat untuk proses pembelahan sel, pertumbuhan, dan perkembangan janin, hingga mengurangi risiko cacat bawaan. Selain itu calon ibu hamil juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.  Karena vitamin D membuat perkembangan hormon lebih sehat.

Makanan dengan banyak kandungan vitamin D adalah minyak ikan dengan asam lemak omega 3 dari ikan salmon, ikan tuna, dan ikan sarden. Diakui dapat meningkatkan kualitas telur sebelum terjadinya pembuahan. Bagi wanita yang merencanakan kehamilan di atas 40 tahun juga bisa membantu kesuburan dengan suplemen dari dokter berkandungan antioksidan.

Program Hamil Menggunakan Metode Kedokteran

hamil anak perempuan

Jaman sekarang ilmu kedokteran sudah sangat maju, Anda juga dapat merencanakan program hamil anak perempuan secara medis. Diantaranya adalah menggunakan program in vitro fertilization atau bayi tabung. Peserta program bayi tabung dapat memilih gender anak yang diharapkan. Namun harus bersiap dengan budgetnya yang terbilang besar.

Program kehamilan dengan metode IVF harus terlebih dahulu melakukan skrining embrio. Dimana nantinya embrio yang paling baik akan dimasukkan ke dalam rahim ibu. Proses ini dikenal dengan sebutan preimplantation genetic diagnosis. Calon ibu tentunya harus dinyatakan sehat dan lolos serangkaian tes.

Proses persiapan bayi tabung membutuhkan waktu 3 bulan, dengan cukup banyak konsultasi ke dokter kandungan terkait. Pasangan haruslah bebas dari HIV/AIDS, Hepatitis, menjalani tes AMH, tes sperma, test torch, dan banyak lagi. Dokter juga akan memberikan vitamin untuk menyuburkan dan menyehatkan kedua pasangan.

Ketika memasuki tahap stimulasi, ada suntikan untuk awal pergoveris yang harus diberikan 4 hari berturut-turut. Setelah tahap stimulasi maka darah calon ibu akan diperiksa guna mengetahui hasilnya. Ketika dokter melihat semuanya sudah sempurna, artinya siap untuk dilakukan tindakan OPU alias pengambilan telur.

Penutup

Perlu diingat bila program hamil anak perempuan secara alami, meski tidak memerlukan budget khusus tingkat keberhasilannya beragam. Hanya saja semua pendapat yang diberikan rata-rata memberi masukan positif. Sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba, bila Anda dan pasangan belum siap menggelontorkan budget untuk program kehamilan.

Sejatinya peluang hamil antara anak perempuan dan anak laki-laki terbagi secara seimbang. Terlepas apapun buah hati yang bisa Anda dapatkan, sebaiknya berfokus memiliki masa kehamilan tanpa permasalahan. Demikian pembahasan seputar cara hamil anak perempuan, semoga bermanfaat.