Memperhatikan gizi dalam kandungan itu penting lho, yakni makanan yang Moms konsumsi untuk sang jabang bayi. Jadi, selain mempersiapkan persalinan nanti pastikan Moms sudah memenuhi gizi janin di dalam kandungan dengan baik agar janin sehat, berat badan janin normal, dan tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan yang bisa mengancam nyawanya.

Perkembangan janin harus selalu dipantau agar berat badan janin normal. Seperti yang diketahui bahwa janin memiliki kenaikan berat yang bertahap dilihat dari usia dan juga perkembangannya. Nah, untuk mendapatkan berat yang normal, maka berat badan janin harus di naikan, hal ini akan memudahkan dalam persalinan nantinya.

Lalu, bagaimana ya cara ampuh dalam menambah berat badan janin dengan cepat? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Menambah Berat Badan Janin

1. Konsumsi Asupan Kalori

Penuhi asupan kalori Moms dengan minuman dan makanan yang sehat seperti jus buah ataupun buah-buahan sebagai cara dalam menambah berat janin yang ada dalam kandungan. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berkalori dengan porsi kecil setiap beberapa jam sekali dan hindari makanan yang berlemak katena hal tersebut tidak sehat, baik untuk janin maupun untuk sang bunda.

2. Mengkonsumsi Vitamin

Moms harus rajin dalam mengkonsumsi vitamin, karena vitamin bisa membantu meningkatkan berat pada janin. Konsumsi vitamin ibu hamil dan mineral dua kali lebih besar saat hamil, dan sebelum itu Moms bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan vitamin yang tepat agar mengetahui dosis yang tepat.

3. Minum Susu

Asupan susu selama masa kehamilan memiliki pengaruh yang besar dalam pertumbuhan janin. Moms bisa mengkonsumsi susu untuk ibu hamil sebagai cara dalam menjaga janin agar tetap sehat dan kuat. Selain itu, susu banyak mengandung protein dan kalsium yang bermanfaat bagi daya tumbuh janin. Konsumsi sekitar 200 sampai dengan 500 ml setiap harinya untuk meningkatkan berat badan janin.

4. Jauhkan Gaya Hidup yang Tidak Baik

Apabila sebelum hamil Moms memiliki kebiasaan yang kurang baik, maka saat kehamilan penting bagi Moms untuk menjauhi gaya hidup yang tidak baik. Apabila Moms memiliki kebiasaan dalam minum alkohol atau merokok, segera hindari karena hal tersebut bisa menghambat pertumbuhan janin dan bisa menyebabkan janin tidak normal berat badannya.

5. Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Mengonsumsi makanan penambah berat badan janin berikut ini bisa Moms coba :

Ubi jalar memiliki kadar zat besi yang baik bagi tumbuh kembang janin. Moms bisa memakan ubi jalar dengan cara direbus, ditumbuk, atau dipanggang.

Kacang-kacangan mengandung zat besi dan protein yang baik bagi pertumbuhan janin.

Yoghurt mengandung kalsium, vitamin B, protein, seng, dan nutrisi pembentuk tulang yang baik bagi tubuh. Dengan mengonsumsi Yogurt selain bisa meningkatkan tumbuh kembang sang janin juga menjaga kesehatan tulang dan gigi Moms.

Sayuran hijau contohnya adalah brokoli dan bayam menjadi sayuran yang bisa Moms makan. Apalagi sayuran dikenal bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi, Moms bisa mengonsumsi sayuran hijau ini dengan cara di sayur bening atau dipanggang. Namun ada juga sayuran yang dilarang untuk Ibu hamil.

Salmon juga merupakan makanan yang terbaik bagi ibu hamil. Asam lemak omega tiga dan protein tinggi yang terkandung pada ikan Salmon ini bermanfaat besar bagi tumbuh kembang janin, khususnya dalam pembentukan otak dan mata.

Selanjutnya ada telur yang mengandung Vitamin D dan A yang bermanfaat bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan. Faktanya protein yang terkandung pada telur membuatnya bermanfaat dalam tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

6. Tidur yang Cukup

berat badan janin

Kurangi begadang dan istirahat yang cukup menjadi hal yang penting untuk menjaga janin agar tetap sehat dan tumbuh. Jadi, beristirahat adalah hal yang penting bagi Moms dalam memberikan energy dan hindari untuk beraktivitas dengan pressure yang tinggi.

7. Jaga Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental yang harus dijaga. Jadi, moms hindari cemas berlebih dan stress agar tumbuh kembang janin tidak mengalami gangguan.

8. Cukupi Buah-Buahan

Buah-buahan mengandung serat yang bermanfaat bagi tubuh. Buah yang direkomendasikan untuk tumbuh kembang janin adalah buah aprikot dan buah ara di antara buah-buahan yang kering.

9. Penuhi Kebutuhan Karbohidrat

Banyaklah makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Jadi, jenis karbohidrat ini bisa menambah berat pada janin. Beberapa sayuran seperti jagung, kacang – kacangan atau kentang putih bisa Moms makan, karena ketiganya memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

10. Konsultasi dengan Dokter

Selama kehamilan, yang tidak boleh dilewati adalah mengkonsultasikan dengan dokter kandungan. Hal ini penting sebagai bahan rekomendasi untuk Moms agar janin di dalam kandungan bisa tetap sehat karena sudah pasti dokter akan memberikan saran kepada Moms agar janin selalu sehat dan tumbuh sampai pada masa persalinan.

Itu dia beberapa cara menambah berat badan janin dan makanan penambah berat badan janin yang bisa Moms lakukan dan konsumsi agar janin dapat tumbuh dengan sehat. Semoga bermanfaat.