Buah yang bagus untuk ibu menyusui adalah buah yang mengandung nutrisi tinggi agar bisa menstimulasi kelancaran ASI. Asupan nutrisi selama menyusui memang sangat penting untuk Moms perhatikan, termasuk dengan buah-buahan.

Selama menyusui, Moms disarankan untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang, termasuk dengan mengkonsumsi buah setiap harinya.

Hal ini karena memang buah-buahan bisa menjadi sumber energi, vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik bagi ibu menyusui. Sebab, nutrisi yang terkandung dalam buah bisa membantu Moms dalam meningkatkan produksi ASI dengan baik.

Perlu Moms ketahui, bahwa saat menyusui Moms akan membutuhkan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per harinya.

Buah sendiri merupakan bagian penting dari makanan yang Moms makan. Buah menyediakan antioksidan, mineral esensial, dan serat bagi tubuh. Jika Moms memang sedang menyusui, maka sangat penting untuk mengkonsumsi buah-buahan segar untuk memberikan nutrisi dan energi bagi tubuh.

7 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Nah, berikut ini ada beberapa buah yang bisa Moms coba

1. Jeruk

Buah yang bagus untuk ibu menyusui salah satunya adalah jeruk. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk ibu menyusui.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk ini memiliki peranan penting untuk menumbuhkan gigi dan otot yang sehat pada bayi baru lahir. Selain itu, asupan jeruk juga bisa meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan selama proses menyusui.

Tidak hanya itu, jeruk juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Moms setidaknya harus mengkonsumsi sekitar 120 mg vitamin C per hari atau setara dengan dua jeruk kecil.

2. Pepaya

Buah buat pelancar ASI selanjutnya adalah pepaya. Buah pepaya ini mengandung sumber galactogogue yang bisa mendorong produksi ASI semakin lancar.

Perlu Moms ketahui juga, bahwa pepaya memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, yakni sekitar 50 persen dari buah jeruk.

Kalium ini sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Sebab, kalium ini bisa membantu melancarkan ASI dengan cara meningkatkan produksi hormon oksitosin.

Selain mengandung antioksidan, buah pepaya ini juga bisa membantu Moms dalam memperlancar BAB sekaligus sembelit.

3. Alpukat

Buah yang bagus untuk ibu menyusui

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu menyusui. Alpukat sendiri merupakan sumber asam lemak esensial yang kaya akan asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9.

Selain itu, alpukat juga memiliki berbagai nutrisi, seperti kalium, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan folat. Bahkan, terdapat sekitar 975 mg potasium yang terkandung dalam alpukat.

Sumber asam amino yang ada dalam buah alpukat ini mampu menyusun protein, sehingga bisa membantu Mom dalam proses pertumbuhan sel bayi selama proses pemberian ASI Moms lakukan.

Buah alpukat ini juga sangat bagus untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol Moms. Untuk itu, pertimbangkan untuk memasukkan beberapa potongan alpukat dalam salad atau memakannya sebagai camilan.

4. Pisang

Perlu Moms ketahui, bahwa pisang yang dikonsumsi selama masa kehamilan bisa mempertahankan kadar kalium selama proses menyusui.

Konsumsi buah pisang secara rutin ini bisa menggantikan kalori yang hilang selama Moms menyusui.

Untuk jumlah kalium yang disarankan selama proses pemberian ASI adalah 5100 mg. Perlu Moms ketahui, bahwa pisang mengandung sekitar 450 mg kalium. Jadi, bila Moms mengkonsumsi pisang secara rutin, maka bisa membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

5. Kurma

Penelitian menyebutkan bahwa buah kurma bisa meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena memang kurma bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin, yakni hormon pendorong produksi ASI.

Tak hanya itu, buah kurma juga memiliki rasa yang manis dan mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu menyusui.

Buah yang bagus untuk ibu menyusui ini mengandung triptofan yang merupakan salah satu asam amino esensial untuk membuat protein.

Selain itu, triptofan ini juga berfungsi sebagai prekursor serotonin yang mendukung kimiawi laktasi. Buah kurma ini juga bisa membantu tubuh dalam menciptakan hormon prolaktin.

Prolaktin sendiri merupakan hormon yang akan mendukung produktifitas ASI secara berlebih. Selain itu, kurma juga kaya akan kalsium, tinggi serat, dan manis secara alami.

6. Kismis

Kismis merupakan salah satu buah yang bisa melancarkan ASI. Faktanya, untuk mendapatkan cukup ASI, maka tubuh seorang ibu menyusui akan membutuhkan banyak karbohidrat.

Itulah sebabnya mengapa sebagian besar wanita dalam masa menyusui sangat tertarik pada makanan manis yang berkalori tinggi.

Perlu Moms ketahui, bahwa karbohidrat cepat memiliki kemampuan untuk membelah perut dengan cepat. Selain itu, karbohidrat ini juga bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah wanita.

Hal ini tentunya akan membantu Moms dalam meningkatkan emosional, dan produksi energi dalam tubuh ibu menyusui.

Namun sayangnya, karbohidrat cepat ini kadar konsumsinya harus dibatasi. Untuk itulah, sangat disarankan untuk mengganti permen dengan buah-buahan kering yang kaya manfaat.

Buah kering kaya vitamin ini adalah kismis yang bermanfaat untuk mendukung aktivitas sistem saraf dan sangat membantu bagi Moms yang baru melahirkan.

7. Mangga

Buah mangga kaya akan antioksidan dan vitamin K. Buah ini juga mengandung serat dan kalium yang membantu Moms mengisi kembali nutrisi dalam tubuh.

Manakah Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui Favorit Moms?

Inilah beberapa buah yang bagus untuk ibu menyusui yang perlu Moms coba. Tentunya, buah-buah tersebut sangat aman Moms konsumsi asal tetap dalam batas wajar, ya. Selamat mencoba!