Banyak sekali pantangan yang harus ditaati oleh ibu hamil, termasuk juga makanan pedas. Beberapa orang menganggap bahwa saat ibu hamil konsumsi makanan pedas maka akan memberikan peluang rambut bayi menjadi botak. Apakah benar hal yang demikian?

Makanan pedas sendiri pastinya berkaitan sangat erat dengan cabai. Jenis makanan ini memberikan sensasi yang berbeda yaitu rasa panas dengan lidah atau mulut terasa seperti terbakar. Meskipun kadang terdengar tidak nyaman, namun tetap saja banyak yang menyukainya.

Bolehkan ibu hamil konsumsi makanan pedas?

ibu hamil konsumsi makanan pedas

Selama masa kehamilan memang Anda akan lebih dituntut agar selektif dalam memilih makanan. Sebab tumbuh kembangnya janin serta kesehatannya sangat tergantung dari apa yang ibu hamil konsumsi.

Pada umumnya, makanan pedas sendiri memang tidak termasuk makanan yang perlu dihindari. Sebenarnya boleh-boleh saja dan tidak membahayakan si calon bayi. Sebab banyak dari hal tersebut belum didukung dari hasil penelitian dan juga bukti klinis lainnya.

Akan tetapi efek sampingnya memang banyak membuat orang merasakan nyeri di bagian ulu hati, kembung, mual, diare, dan naiknya asam lambung. Hal tersebut bisa saja terjadi pada ibu hamil bahkan kadang bisa lebih berat gejalanya.

Maka dari itu, meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan makanan tersebut berbahaya. Akan tetapi, waspada adalah hal utama yang perlu Anda terapkan agar si janin tetap sehat dan aman di dalam kandungan.

Memberikan batasan pada tingkat kepedasan serta porsinya adalah cara terbaik untuk mewujudkan gizi yang seimbang. Serta hal yang tidak kalah penting menjaga kebersihan dari makanan tersebut.

Ibu hamil wajib ingat 4 hal ini!

Dari penjelasan diatas, Anda pastinya sudah tahu bahwa ibu hamil konsumsi makanan pedas memang diperbolehkan. Sebab masih belum ada bukti pengujian klinisnya.

Namun hal yang perlu dicatat adalah membatasi asupan makanan pedas tersebut. Selama ibu hamil masih bisa membatasi pengonsumsiannya dan tidak menimbulkan reaksi alergi sama sekali.

Maka dari itu, apabila Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan pedas ingatlah beberapa hal berikut ini. Sehingga Anda dijauhkan dari segala resiko yang buruk baik itu bagi ibu hamil sendiri dan juga janinnya.

  1. Konsumsi berlebih bisa membuat mulas

Meskipun diperboleh untuk mengkonsumsinya selama masa kehamilan, namun dalam jumlah batas yang tidak wajar akan menyebabkan Anda merasa mulas setelah mengkonsumsinya. Tidak hanya rasa mulas saja, namun juga membuat kondisi asam lambung akan semakin parah.

Hal tersebut menjadikan makanan pedas harus dibatasi konsumsinya. Sebab kondisi ibu hamil sendiri berbeda-beda. Sehingga efek yang ditimbulkan juga tidak sama. Ada ibu hamil yang tidak sakit saat mengkonsumsi makanan pedas dan ada pula yang merasakan mulas setelah konsumsi makanan tersebut.

  1. Apabila lambung lemah bisa memicu diare

Adapun rasa mulas yang Anda rasakan setelah mengkonsumsi makanan pedas akan memperbesar resiko timbulnya diare. Diare memang tidak akan mempengaruhi si janin dalam kandungan Anda. Akan tetapi akan sangat mengganggu ibu hamil sehingga merasa tidak nyaman dan terus gelisah.

Maka dari itu Anda harus segera diberikan obat diare agar penyakitnya cepat mereda. Namun, pemilihan obat harus diperhatikan lagi, pilihlah yang tidak berdampak pada si janin dalam kandungan.

Kemudian diare bisa menimbulkan terjadinya dehidrasi pada ibu hamil apabila terus diare dan berkepanjangan. Saat sudah dehidrasi, pastinya tubuh ibu hamil akan mulai terasa pusing, mual, dan mudah lelah. Kondisinya yang seperti ini sangat membahayakan janin dalam kandungan. Maka dari itu, sediakanlah air putih jika memang ingin mengkonsumsi makanan pedas tersebut.

  1. Makanan pedas meningkatkan keparahan morning sickness

Adapun morning sickness atau lebih dikenal dengan mual merupakan kondisi umum yang selalu dialami oleh ibu hamil saat pagi hari, terutama di trimester 1. Namun, tentunya keparahan ini tergantung dari kondisi ibu hamil itu sendiri.

Maka dari itu, jika mual yang dialami cukup parah dan terlalu sering sebaiknya segera hindari makanan pedas tersebut. Sebab hanya akan membuatnya semakin parah saja. Bahkan aroma makanannya saja akan memicu tubuh Anda untuk mengeluarkan reaksi seperti mual dan muntah.

  1. Terlalu sering timbulkan kelebihan pendarahan ketika persalinan

Kandungan kapsaisin yang terdapat di dalam cabai akan membuat pendarahan meningkat selama proses persalinan. Apalagi jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang begitu banyak. Meskipun terbilang aman namun akan sangat bahaya sekali bagi janin saat akan dilahirkan.

Maka dari itu, meskipun ibu hamil konsumsi makanan pedas memang diperbolehkan. Namun, tetap saja membatasi asupan makanan pedas tersebut akan lebih baik lagi. Selain itu, ini juga menjaga proses tumbuh kembangnya janin yang ada di dalam perut ibu hamil.