Apakah Moms salah satu penggemar mie instan? Jika iya, pasti Moms bertanya-tanya apakah aman Ibu konsumsi mie instan saat sedang menyusui.

Mie instan merupakan makanan praktis yang hanya membutuhkan waktu terbilang singkat dan mudah untuk membuatnya. Mie instan sangat digemari oleh semua orang dari berbagai usia. Di setiap warung bahkan rumah pasti tersedia mie instan.

Selain tidak membutuhkan cara yang rumit untuk mengolahnya, mie instan juga disukai karena rasanya enak dan memiliki banyak variasi. Mie instan sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang hujan, ditambahkan telur atau sosis. Siapa yang tidak menyukainya?

Disamping kelebihan mie instan, Moms juga perlu memperhatikan nutrisi harian yang harus dikonsumsi oleh Ibu menyusui. Saat menyusui, Moms memerlukan lebih banyak kalori, vitamin, dan mineral untuk menunjang kebutuhan energi.

Lalu apakah mie instan boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Kandungan Gizi Dalam Sebungkus Mie Instan

Mie instan merupakan makanan yang dibuat dengan bahan dasar tepung. Dalam bumbu pelengkap kemasan mie instan terkandung di antaranya minyak sayur, garam, dan beberapa zat aditif seperti natrium polifosfat (yang berfungsi sebagai pengemulsi penstabil), natrium karbonat, kalium karbonat (yang berfungsi sebagai pengatur asam) serta tartrazine (pewarna kuning) dan monosodium glutamat (penguat rasa).

Dikutip melalui Fat Secret, berikut ini nutrisi yang terkandung pada 1 bungkus mie instan (70g):

  • 320 kalori
  • 14 g lemak
  • 42 g karbohidrat
  • 8 g protein
  • 5 g serat
  • 2 g gula
  • 950 mg sodium
  • 0 mg kalium

Mie instan merupakan makanan yang pengolahannya sangat praktis dan juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Melihat kandungan yang ada dalam 1 bungkus mie instan di atas, dapat disimpulkan bahwa makanan ini tidak mengandung cukup banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Jadi, Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Mie Instan?

konsumsi mie instan

Faktanya, mie instan boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui selama tidak berlebihan. Mie instan merupakan makanan dengan kandungan monosodium glutamate (MSG) yang sangat tinggi, sehingga sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsinya setiap hari, terutama bagi ibu hamil dan menyusui.

Kandungan nutrisi dalam mie instan juga cukup rendah dan hanya didominasi oleh kandungan lemak serta karbohidrat. Moms disarankan untuk mengolahnya dengan menambahkan bahan makanan lain seperti telur atau sayuran untuk menambah kandungan nutrisi pada sajian mie instan.

Batasi konsumsi mie instan sebanyak 2-3 kali saja dalam sebulan. Konsumsi mie instan terlalu sering dapat memicu terkena hipertensi karena kandungan sodium yang sangat tinggi.

Moms sebaiknya jangan menjadikan mie instan sebagai menu makan tanpa dilengkapi dengan makanan bernutrisi tinggi yang lain. Hal ini karena ibu menyusui membutuhkan nutrisi jauh lebih banyak dari orang normal. Konsumsi mie instan saja akan membuat Moms kekurangan nutrisi harian.

Bahaya Konsumsi Mie Instan Bagi Ibu Menyusui

Meskipun konsumsi mie instan untuk ibu menyusui tidak dilarang, namun apabila tidak dilakukan secara tepat dapat berdampak pada kesehatan ibu dan bayi, lho!

Beberapa fakta mengenai konsumsi mie instan bagi ibu menyusui di bawah ini dapat berakibat fatal apabila mie instan dikonsumsi secara terus-menerus. Apa saja? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Kandungan Zat Aditif Berbahaya

Zat aditif seperti proplen glycol pada mie instan dapat menyebabkan kerusakan hati dan gagal ginjal. Moms tentu sudah tau bahwa dalam sebungkus mie instan kandungan zat aditif tidak hanya 1, melainkan banyak.

Coba bayangkan bagaimana dampak yang akan ditimbulkan jika seluruh zat aditif tersebut masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Tentu akan meningkatkan resiko terkenan komplikasi kesehatan. Belum lagi dampak yang ditimbulkan saat zat tersebut ikut dikonsumsi oleh buah hati, mengerikan bukan?

Dapat Memicu Tekanan Darah Tinggi

Bila dikonsumsi secara terus menerus, mie instan dapat memicu hipertensi bagi ibu hamil. Kandungan natrium yang cukup tinggi pada sebungkus mie instan dikhawatirkan dapat melebihi batas konsumsi natrium harian jika ditambah dengan kandungan natrium pada makanan lainnya yang dikonsumsi.

Minim Nutrisi

Nutrisi yang terkandung dalam mie instan tidak cukup banyak, sehingga penyajiannya disarankan dengan menambahkan bahan makanan lain seperti sayuran dan telur. Hal ini karena konsumsi mie instan saja tidak dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh seseorang dalam sekali makan.

Tips Memasak Mie Instan Bagi Ibu Menyusui

Berikut ini tips bagi Moms memasak mie instan untuk meminimalisir bahaya yang ditimbulkan. Meskipun begitu, tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsinya terlalu sering, ya.

  1. Gunakan setengah atau seperempat bungkus bumbu mie instan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi zat aditif berbahaya yang masuk ke tubuh.
  2. Tambahkan sayuran, telur, atau daging ayam untuk menambah kandungan nutrisi.
  3. Ganti air rebusan mie. Buang air rebusan pertama, lalu ganti dengan air matang yang baru. Ini penting untuk menghilangkan pengawet dan zat aditif pada mie instan.