Susah tidur atau lebih dikenal dengan insomnia dapat dialami oleh semua orang, tak terkecuali anak-anak. Anak yang mengalami insomnia atau sulit tidur tentunya membuat Moms menjadi khawatir dan terpikir untuk memberikannya obat tidur anak.

Insomnia adalah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tertidur meski punya waktu untuk melakukannya. Akibatnya waktu tidur berkurang. Padahal, untuk anak usia 2-6 tahun dibutuhkan 11-13 jam dan pada usia 6-10 tahun diperlukan 10-11 jam waktu tidur.

Insomnia biasa terjadi pada anak yang sudah duduk di bangku sekolah. Beberapa akibat dari insomnia pada anak, yaitu kurang tidur, susah bangun di pagi hari, dan kehilangan fokus saat belajar.

Jika anak terus mengalami insomnia, hal ini dapat berdampak pada tumbuh kembang dan kesehatannya. Oleh sebab itu, Moms harus melakukan cara agar insomnianya hilang.

Solusi Insomnia Anak Tanpa Minum Obat Tidur

Obat tidur memang dapat membuat anak sampai orang dewasa tertidur dan memperpanjang waktu tidur. Tetapi memberikan obat tersebut kepada anak bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi Insomnia pada anak.

Berikut solusi tepat dalam mengatasi insomnia pada anak yang bisa Moms lakukan:

1. Atur Kembali Jadwal Tidur Anak

Salah satu cara mencegah anak mengalami insomnia, Moms harus perhatikan ritme tidurnya supaya tetap konsisten. Maka dari itu, Moms perlu membuat jadwal tidur anak yang telah disesuaikan dengan usia dan kebutuhan jam tidurnya.

Buatlah buah hati Moms tidur dan bangun secara konsisten pada waktu yang sama. Ajarkan anak bagaimana menerapkan kebiasaan tidur yang baik.

Jika anak mengalami insomnia atau susah tidur, Moms dapat memajukan jam tidurnya, sehingga anak tidak tidur terlalu malam. Jika anak tidur jam 9 malam, coba majukan menjadi jam 8. Lakukan secara berulang sampai terbiasa.

2. Buat Kamar Tidur Anak Senyaman Mungkin

Daripada memberikan obat tidur anak, Moms dapat mencoba dengan membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman. Salah satu caranya adalah dengan meletakan barang-barang kesukaan anak di dalam kamar. Sehingga, menimbulkan kesan nyaman untuk anak, karena ia dikelilingi benda-benda kesayangannya saat tidur.

Moms juga dapat membereskan dan menjaga kamar anak supaya rapi dan bersih agar terlihat nyaman saat waktunya jam tidur tiba. Perhatikan juga suhu kamarnya agar anak tidak kedinginan maupun kepanasan.

3. Buatlah Anak Nyaman untuk Tidur

obat tidur

Jika Moms sudah menciptakan ruangan tidur anak yang nyaman, kali ini buatlah anak menjadi nyaman ketika akan tidur. Biasanya anak punya pemicu kenapa mereka mengalami insomnia.

Insomnia atau susah tidur pada anak bisa jadi dikarenakan oleh kecemasan atau ketakutan akan sesuatu. Moms dapat mengurangi gangguan-gangguan tersebut tanpa menggunakan obat tidur anak dengan berada disampingnya ketika anak hendak terlelap.

Moms dapat menenangkan anak dengan mengusap-usap kepalanya, memberinya pelukan ataupun dengan ucapan lembut agar anak Moms merasa lebih baik dan bisa tidur dengan tenang.

Penyebab lain anak sulit untuk tidur adalah karena adanya kebisingan, seperti suara televisi. Moms dapat mematikan televisi atau sesuatu yang menimbulkan  kebisingan lainnya ketika anak beranjak tidur.

4. Batasi Gadget Sebelum Tidur

Banyak anak yang masih bermain gadget ketika waktu tidur telah tiba, ini dapat mengganggu ritme tidurnya. Akhirnya anak malah terjaga semalaman karena pancaran sinar dari layar gadget tersebut yang meniru matahari. Sehingga menipu tubuh untuk berpikir jika hari masih siang.

Karena gadget, hormon melatonin yang berfungsi memproduksi rasa kantuk dibatalkan yang mengakibatkan anak sulit tidur. Penggunaan gadget juga dapat merangsang anak untuk tetap terjaga.

Akibatnya otak anak terus aktif dan membuatnya kesulitan untuk tidur. Maka dari itu, daripada menggunakan obat tidur anak, lebih baik hindari 1 hingga 2 jam penggunaan gadget sebelum anak tidur.

5. Bercerita atau Mendongeng

Anak-anak paling suka mendengarkan cerita. Moms dapat membuat anak tertidur dengan membacakannya dongeng menggunakan buku-buku cerita agar membuatnya mengantuk.

Selain menjadi pengantar tidur untuk si buah hati, mendongeng dapat menumbuhkan minat baca dan menumbuhkan imajinasi di usia dini.

Moms juga dapat mengajaknya bercerita, misalnya bercerita tentang apa saja yang dilakukan si buah hati seharian ini. Biarkan anak bercerita sementara Moms menjadi pendengar yang baik.

Ketika anak bercerita, secara tidak langsung dia akan mengeluarkan semua rasa resah dan keluh kesahnya selama satu harian ini. Sehingga, meminimalisir gejala overthinking sebelum tidur yang membuatnya terjaga.

Siap Mengatasi Insomnia Anak Tanpa Konsumsi Obat Tidur?

Ternyata obat tidur tidak dianjurkan untuk diminum anak dan lebih baik menggunakan cara-cara yang sudah dipaparkan di atas. Cara-cara tersebut mungkin harus melalui kesabaran dan dilakukan secara rutin, tetapi hasilnya anak akan terhindar dari insomnia. Anak pun dapat tertidur dengan nyenyak kembali. Selamat mencoba Moms!

Tagged in: