Saat si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, ia sudah mulai aktif untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga Anda harus pandai memilih makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Tak hanya ASI saja yang diperlukan, akan tetapi nutrisi juga sangat diperlukan.

Pada umumnya, bayi usia 6-12 bulan memerlukan kalori sebanyak 750 sampai 900 kalori per harinya. Sementara untuk 400 sampai 500 nya sudah didapatkan dari ASI. Sehingga untuk 350 sampai 400 kalori lainnya bisa bayi dapatkan dari makanan sehat yang diberikan.

Lalu apa sajakah makanan sehat untuk bayi 6 bulan tersebut? Berikut rekomendasi dan pilihan terbaik untuk mendukung tumbuh dan kembangnya bayi Anda.

  1. Pisang

Pilihan pertama adalah pisang. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan misalkan saja bubur pisang.

Bubur pisang termasuk salah satu makanan favorit bayi. Selain itu pisang juga sangat cocok menjadi makanan pendamping ASI. Sebab pisang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, serat, asam folat, fosfor, dan kalium.

  1. Wortel

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang berikutnya adalah wortel. Sayuran wortel sangat baik untuk mendukung kesehatan bayi Anda. Di dalamnya terkandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang tinggi. Anda bisa mengolahnya menjadi bubur dengan merebus wortel tersebut terlebih dahulu.

  1. Ubi Jalar

Anda bisa melumatkan ubi jalar lalu mencampurkannya dengan ASI. Kedua kombinasi ini pastinya sangat cukup untuk mencukupi nutrisi harian bayi Anda. Kandungan didalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses pertumbuhan bayi.

Adapun kandungannya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan kalsium. Dengan nutrisi ini juga akan membantu bayi Anda untuk terhindar dari sembelit serta bisa menjaga sistem kekebalan tubuhnya.

  1. Labu kuning

Kandungan serat dalam labu kuning sangat tinggi. Kandungan lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B3, niacin, dan beta karoten juga memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk bayi.

Kandungan mineralnya juga banyak antara lain kalium, zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor. Tekstur dari labu kuning sangatlah lembut, lunak, dan manis sehingga sangat baik dijadikan sebagai makanan sehat untuk bayi 6 bulan.

  1. Pepaya

Tekstur buah ini hampir sama dengan alpukat dan pisang yang lunak. Kandungan pepaya ini juga bisa menyokong pertumbuhan bayi Anda. Sebab didalamnya terdapat enzim papain yang melancarkan sistem pencernaan bayi.

Tak hanya itu, bayi Anda juga akan mendapatkan nutrisi untuk memacu proses perkembangan otak melalui zat besi dan asam folat. Kemudian untuk zinc dan kalsium bisa menjaga kesehatan tulang bayi Anda.

  1. Kuning Telur

Sebagai selingannya, kuning telur juga bisa Anda jadikan sebagai makanan sehat untuk bayi 6 bulan, Anda bisa mencampurkannya pada pada bubur bayi. Namun, untuk putih telurnya sebisa mungkin harus dihindari untuk si kecil yang belum berusia 1 tahun.

Makanan Sehat Untuk Bayi 6 Bulan 1

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam kuning telur ini pastinya sangat mumpuni untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Nutrisi yang dimaksud adalah vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Akan tetapi, kuning telur hanya boleh dikonsumsi maksimal 2 butir saja per minggunya.

  1. Serealia

Tak hanya Anda yang membutuhkan karbohidrat, bayi 6 bulan pun juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti serealia. Aneka serealia yang bisa Anda berikan pada bayi adalah beras merah, beras putih, atau beras gandum.

Namun, Anda harus mengolahnya dulu menjadi bubur susu sehingga mudah dicerna. Apabila Anda ingin menggunakan serealia gandum, sebaiknya jangan menggunakan yang gandum instant. Lebih baik gunakan gandum yang utuh atau steel cut oats.

  1. Kentang

Agar bayi Anda bisa mengenal rasa gurih, maka kentang termasuk salah satu rekomendasinya. Anda cukup mengolahnya dengan cara merebus kentang sampai lunak lalu tambahkan susu di dalamnya.

  1. Alpukat

Buah selanjutnya yang direkomendasikan untuk bayi Anda adalah alpukat. Teksturnya yang lunak ini menjadikan alpukat sangat cocok sebagai makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Buah yang satu ini sangat sering diolah menjadi minuman jus.

Kandungan nutrisi dalam alpukat ini adalah vitamin A, vitamin C, lemak, dan magnesium. Semua nutrisi tersebut sangatlah diperlukan oleh bayi. Selain bisa meningkatkan daya tubuhnya, juga bisa mendukung kemampuan motoric si bayi.

Makanan sehat memanglah sangat penting untuk bayi selain fungsinya sebagai pendamping kebutuhan ASI. Namun sebaiknya Anda jangan langsung memberikan makanan yang teksturnya padat untuk bayi, mulailah dulu dari yang teksturnya lunak misalkan seperti buah.

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan seharusnya diberikan secara bertahap agar bayi bisa beradaptasi. Selain itu, Anda bisa membuat jadwal makan untuk bayi agar lebih teratur dan jangan lupa memberikan jarak pada pemberian makan.

Itulah 9 rekomendasi makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang bisa menjaga kekebalan tubuh serta mendukung tumbuh kembang bayi Anda. Dari beberapa pilihan tersebut, manakah yang sudah pernah dikonsumsi oleh bayi Anda?