Berat dan tinggi badan ideal bayi menjadi salah satu faktor yang penting bagi tumbuh kembang si kecil. Sehingga ketika bayi mengalami berat badan yang kurang atau berlebih, maka hal tersebut akan menjadi salah satu penanda adanya masalah. Begitu pula dengan tinggi badan, maka anda pun harus memberikan perhatian lebih kepada dua hal tersebut. Lantas, berapa berat badan ideal bayi dan juga tingginya? Berikut simak ulasan selengkapnya untuk anda.

Berat Badan Dan Tinggi Badan Ideal Bayi

Mengintip Berat Badan Yang Ideal Untuk Si Kecil

Menurut WHO, terdapat patokan yang bisa anda gunakan untuk mengetahui berat badan idela dari si kecil. Untuk bayi yang baru lahir maka berat tersebut akan diukur dengan tinggi badannya. Hal tersebut bertujuan untuk tahu apakah kondisi dari berat dan juga tinggi tersebut dalam kondisi berlebih, kurang atau normal.

Untuk itu, bagi bayi yang baru lahir dengan jenis kelamin laki laki akan tergolong normal ketika berada pada kisaran 2,5 kg hingga 3,9 kilogram. Sedangkan untuk bayi dengan jenis kelamin perempuan, maka untuk berat badan ideal bayi akan berkisar antara 2,4 kilogram hingga 3,7 kilogram. Selanjutnya, pada bulan awal usia si kecil akan terjadi kenaikan berat badan pada bayi dengan usia 1 bulan.

Lalu, memasuki usia 3 bulan maka berat badan bayi untuk laki laki normal yakni sekitar 5,0 kg hingga 7,2 kg dan untuk perempuan yakni antara 4,5 kg hingga 6,6 kg. Sedangkan untuk bayi yang telah menginjak usia 10 bulan, maka untuk yang memiliki jenis kelamin laki laki akan memiliki bobot yakni 7,4 kg hingga 10,2 kg. Dan untuk yang perempuan akan berkisar di 6,7 kg hingga 9,6 kg.

Ketika bayi telah genap berusia 12 bulan, maka terdapat berat badan ideal bayi yang perlu anda tahu yakni 7,7 – 10,8 kg untuk bayi laki laki serta 7 – 10,1 kg untuk perempuan. Hal ini bertujuan agar nantinya anda lebih bisa mengerti perkembangan pertumbuhan berat badan bayi normal apabila anda telah mengerti patokannya.

Berat Badan Dan Tinggi Badan Ideal Bayi

Tinggi Badan Yang Ideal Untuk Si Kecil

Selanjutnya, untuk tinggi badan ideal bayi yang baru lahir adalah dalam rentang angka yakni 45,4 hingga 53, cm. Untuk lebih rincinya, pada umumnya bayi laki laki akan mempunyai tinggi badan yakni sekitar 46,1 cm hingga 55,6 centimeter. Dan untuk bayi dengan jenis kelamin perempuan maka akan mempunyai tinggi badan yakni sekitar 45,4 cm hingga mencapai 54,7 centimeter.

Ketika bayi menginjak 1 bulan, maka tingginya pun juga akan mengalami pertambahan. Dimana untuk bayi perempuan umumnya sekitar 49,8 hingg 59,5 centimeter dan sekitar 50,8-60,6 cm untuk bayi laki laki. Sedangkan untuk bayi dengan usia 3 bulan, panjang badan untuk bayi perempuan yakni sekitar 55,6 hingga 66,1 centimeter. Serta untuk tinggi badan dari bayi yang ideal laki laki yakni sekitar 57,3-67,6 cm.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka tinggi badan dari bayi pun terus mengalami pertambahan. Hal ini terlihat ketika usianya menginjak 10 bulan, dimana tinggi badan untuk bayi laki laki telah mengalami peningkatan yakni dalam rentang 68,7 cm hingga 80,1 cm. Sedangkan untuk tinggi dari bayi yang ideal akan berada pada kisatan 66,5 hingga 78,9 cm. Dan ketika telah genap berusia 12 bulan, maka untuk bayi laki laki adalah sekitar 71,0 hingga 82,9 cm dan 68,9 hingga 81,7 cm pada bayi perempuan.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu mengenai tinggi badan dan juga berat badan dari si kecil. Untuk itu, anda pun perlu untuk mengetahui patokan dari berat maupun tinggi badan dari bayi setiap bulannya. Sehingga, ketika anda mendapati bahwa bayi anda mengalami kekurangan ataupun kelebihan maka anda pun bisa langsung untuk berkonsultasi dengan dokter anak tentang hal tersebut. Ayo jaga berat dan tinggi badan ideal bayi Anda.