Metode Belajar Membaca Anak TK – Sebagai orang tua tentunya Anda harus memperhatikan tumbuh kembang si kecil. Terlebih lagi jika si anak sudah memasuki usia sekolah di taman kanak-kanak. Anda sebagai orang tua harus berusaha lebih keras agar si anak bisa menghitung, membaca maupun menulis. Dengan memiliki semua kemampuan tersebut anak akan siap memasuki jenjang selanjutnya yaitu Sekolah Dasar.

Hal yang sering dikeluhkan oleh orang tua dalam mengajari anak adalah belajar membaca. Mengajarkan membaca ini tidak mudah, Anda harus mulai mengenalkan huruf dasar, satu suku kata, dua suku kata dan seterusnya sampai membentuk sebuah kalimat.

Hal ini yang sering menjadikan orang tua sering kewalahan dalam mengajari membaca. Di sekolah, guru memang menjadi faktor terpenting dalam kesuksesan belajar anak, namun peran orang tua juga sangat dibutuhkan. Bagi Anda yang sedang bingung, berikut ini adalah cara belajar membaca anak TK yang terbukti efektif:

Mengenalkan Huruf Dasar dengan Cara Seru dan Menyenangkan

Cara belajar membaca anak TK yang pertama Anda bisa mulai mengajarkan huruf A sampai dengan Z. Ajak anak untuk bisa mengenali huruf dasar. Anda bisa mengenalkannya dengan gambar. Bisa juga menggunakan bentuk huruf yang lucu.

Untuk mengajari anak membaca ini tidak perlu terburu-buru. Ajarkan dengan telaten dan juga sabar misalnya 4 sampai dengan 5 huruf sehari. Anda juga bisa memberikan tes agar anak cepat mengingat huruf tersebut. Selain itu cari waktu yang pas supaya anak tidak bosan.

Ajarkan Anak Menghafal Suku Kata

Yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah ajarkan anak untuk bisa menghafal suku kata.  Hal ini bisa Anda lakukan jika anak sudah menguasai huruf dan juga mengingat bentuk huruf dengan sempurna. Biarkan anak menghafal suku kata konsonan mulai dari B sampai dengan Z, kemudian diikuti dengan huruf vokal a,i,u,e,o.

Misalnya saja Anda bisa mengajarkan ba, bi, bu, be bo. Anda bisa mengajarkan sampai ka, ki, ku, ke, ko. Biarkanlah anak menghafal sampai dia menjadi terbiasa. Meski anak sudah menghafal konsonan suku kata ini anak belum bisa dikatakan berhasil dalam membaca.

Suku Kata yang Variatif

Cara belajar membaca anak TK yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah ajari anak membaca suku kata yang lebih beragam atau variasi. Para orang tua ini akan mencari beberapa kata yang mudah dengan variasi suku kata supaya anak menjadi lebih mudah paham.

Anda bisa mengajarkan anak benda-benda yang ada di sekitar dengan cara mengeja misalnya bo-la, me-ja, bu-ku, sa-pu, pe-na, dan sebagainya. Di tahap ini Anda jangan memberikan suku kata dengan akhiran huruf mati. Tujuannya agar anak bisa menguasai tahap ini lebih dahulu, jika masih sulit dalam memahami maka ajari terus menerus sampai anak menjadi terbiasa.

Ajari Konsonan Mati

Jika tahap sebelumnya anak sudah menguasai dan paham maka mulailah untuk mengajari anak konsonan mati. Tahap ini lebih susah, sehingga Anda harus lebih sabar dalam melatih anak. Ajarkan secara pelan-pelan. Beberapa jenis huruf konsonan yang bisa Anda gunakan misalnya ng dan juga ny. Pada awalnya anak akan kesulitan namun jika terus dilatih secara rutin anak akan bisa mengembangkan kemampuannya.

Ajari Membaca Kata Utuh

Yang terakhir Anda baru bisa mengajari anak membaca kata utuh. Jika anak sudah mahir dan menguasai tahapan yang sebelumnya maka anak akan bisa membaca kata secara utuh. Disini Anda bisa mulai mengarahkan agar anak tidak salah dalam mengeja kata.

Mengeja ini merupakan cara alami agar anak bisa membaca kata dengan benar. Setelah itu ajarkan untuk membaca kalimat yang tidak terlalu panjang supaya anak bisa semakin mahir dalam membaca.

Demikianlah beberapa cara atau metode belajar membaca anak TK yang menyenangkan namun efektif untuk Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tagged in:

,