Kalsium sangat dibutuhkan tubuh, terutama pada masa kehamilan. Karena itu makanan tinggi kalsium untuk ibu hamil amat sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya.

Kalsium sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin, otot, jantung dan saraf janin agar berkembang dengan baik. Selain itu mencukupi kebutuhan kalsium pada kehamilan mampu mengurangi resiko hipertensi dan preeklampsia.

Ibu hamil memerlukan 1.300 mg kalsium per hari sehingga sangat disarankan untuk minum susu. Sayangnya, tidak semua ibu hamil bisa melakukannya karena alergi atau tidak tahan dengan rasa mual.

Manfaat Kalsium bagi Ibu Hamil

Ada banyak manfaat kalsium bagi ibu hamil dan janin seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yaitu:

  • Mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. Meski gigi pada balita baru muncul saat berusia lima bulan setelah lahir, tetapi pembentukan gigi dimulai sejak janin dalam kandungan. Kekurangan kalsium akan berakibat pada pengeroposan tulang dan risiko pada gigi.
  • Mengoptimalisasikan perkembangan saraf dan otot janin. Kalsium juga dapat membantu pengembangan irama pada jantung janin serta melancarkan metabolisme.
  • Menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah data berdasarkan pendapat dokter kardiologi, kalsium sangat dibutuhkan untuk membuat jantung berfungsi dengan lebih baik.
  • Mengurangi risiko hipertensi karena kalsium sangat berperan untuk mengatur tekanan darah pada ibu hamil.
  • Mengurangi risiko preeklampsia yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  • Membantu pembekuan darah saat kontraksi otot serta menjaga stabilitas dan permeabilitas membran sel.
  • Menjaga kesehatan ibu dan janin agar tidak mengalami komplikasi.

17  Makanan Tinggi Kalsium selain Susu untuk Ibu Hamil

makanan tinggi kalsium untuk ibu hamil

Makanan tinggi kalsium untuk ibu hamil tentunya susu. Namun, seperti sudah disinggung di atas, mulai dari alergi hingga rasa mual membuat ibu hamil jadi tidak bisa minum susu. Jangan khawatir, selain susu ada juga makanan lain yang bisa dikonsumsi dan tinggi kalsium tentunya.

17 makanan ini bisa dikonsumsi sebagai pengganti susu dan sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung kalsium, yaitu:

  1. Keju parmesan, cheddar, dan mozzarella adalah keju yang tinggi kalsium dan baik bagi ibu hamil. Namun, keju dengan tekstur sangat lembut seperti keju feta, camembert, dan brie sangat tidak disarankan
  2. Yogurt mengandung kalsium hingga 415 mg per gelas. Rasanya yang sedikit asam dan menyegarkan sangat cocok untuk ibu hamil. Tidak hanya memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil, tetapi juga bermanfaat mengurangi resiko komplikasi, sembelit, hingga menstabilkan berat badan.
  3. Kacang kedelai mempunyai kalsium yang sangat tinggi yaitu 277 mg dalam 100 gram. Selain itu kacang ini juga sangat sarat dengan protein, mineral folat, serat, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan si janin.
  4. Ikan Salmon, selain kaya kalsium, juga baik untuk perkembangan otak si janin.
  5. Sarden mengandung 382 mg kalsium, omega-3, mineral, protein dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sarden minimal seminggu sekali.
  6. Kacang Almond per 100 gram mengandung 264 mg kalsium yang sangat baik bagi metabolisme tubuh, mencegah alergi dan sebagainya.
  7. Brokoli dan bayam adalah dua jenis makanan tinggi kalsium untuk ibu hamil. Sayuran ini mudah diperoleh dan mudah juga diolah.
  8. Buah-buahan kering seperti kurma juga sangat kaya akan kalsium.
  9. Pisang juga salah satu makanan tinggi kalsium, selain memiliki kalsium, buah ini juga dapat menghilangkan rasa mual dan mencegah bayi lahir prematur.
  10. Jeruk tidak hanya kaya akan vitamin C tetapi juga mengandung kalsium yang baik buat ibu hamil. Selain itu dapat juga membentuk imunitas tubuh sekaligus membakar lemak tubuh.
  11. Pokcoy juga mengandung kalsium yang dibutuhkan ibu hamil dan cocok bagi yang mengalami intoleransi laktosa.
  12. Oatmeal selain mengandung kalsium juga baik buat jantung.
  13. Tahu tidak hanya kaya protein tetapi juga mengandung kalsium. Makanan satu ini sangat mudah diperoleh.
  14. Ubi jalar tidak hanya kaya kalsium tetapi juga mampu mengontrol gula darah dan melancarkan pencernaan.
  15. Buah Ara mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan janin. Kandungan seratnya dapat mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil.
  16. Telur tidak hanya protein tetapi juga makanan tinggi kalsium serta kolin yang mampu menekan risiko cacat tabung saraf pada bayi yang lahir. Namun, harus dibatasi agar tidak kolesterol.
  17. Kiwi memiliki kandungan 61 mg kalsium untuk tiap cupnya. Buah kiwi dengan diameter dua inci mempunyai sekitar 23 mg kalsium di dalamnya.

Selain makanan di atas, aneka jenis kacang-kacangan serta sayuran berwarna hijau gelap sangat baik juga bagi ibu hamil. Makanan tinggi kalsium untuk ibu hamil ini sangat mudah diperoleh dan terjangkau harganya. Dengan mengonsumsi beraneka makanan tersebut, selain memenuhi kebutuhan kalsium, ibu dan janin juga akan tercukupi vitamin dan nutrisi lainnya.