Tiap orangtua terutama seorang ibu tentu menghendaki bayinya bisa senantiasa sehat. Tetapi ada juga sebagian orangtua yang belum mengerti bagaimana ciri dari bayi yang sehat tersebut. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk para orangtua yang mungkin belum mempunyai penjelasan tentang bayi sering menangis tersebut untuk terus belajar serta mengetahuinya.

Pada awal kelahiran akan sangat tampak kalau bayi sehat akan mempunyai intensitas frekuensi minum ASI minimun 8 kali dalam satu hari. Umumnya bayi akan menangis tiap meminta ASI pada durasi yang cukup pendek ialah antara 1,5 jam sampai 3 jam sekali tiap harinya.

Tangisan seorang bayi ialah salah satu hal yang normal, apalagi dapat dijadikan suatu acuan kalau bayi tersebut sehat. Tetapi bila bayi sering menangis, pasti lama kelamaan juga akan merepotkan orangtua terutama ibu.

Terlebih bila tangisan bayi tersebut sering terjadi pada malam hari saat waktu rehat. Bisa jadi tidak hanya orangtua saja yang kerepotan, namun pula dapat mengganggu tetangga sebelah.

Walaupun hal tersebut termasuk suatu yang telah lumrah di masyarakat, tetapi Anda juga butuh mengenali cara untuk menenangkan bayi ketika menangis. Sesungguhnya bayi yang menangis tersebut karena ada beberapa hal, salah satunya karena haus, lapar serta bisa juga karena mengantuk. Maka dari itu orangtua wajib menguasai serta bisa cepat menenangkannya.

Dokter. Robert Hamilton, seorang dokter pakar anak yang telah mempunyai pengalaman puluhan tahun, membeberkan suatu trik untuk menenangkan bayi yang sering menangis dalam waktu pendek. Cara untuk menenangkan bayi menangis sangatlah gampang serta dapat dilakukan oleh semua orangtua. Dokter. Hamilton menamakan cara yang dia pakai dengan istilah “The Hold”. Dengan cara ini, Anda akan sanggup menenangkan bayi Anda dengan cepat.

Langkah pertama Anda wajib melipat kedua tangan bayi Anda ke dada dengan posisi yang sangat rileks. Kedua, posisikan tangan Anda memegang bayi pada bagian dada serta tangan bayi secara halus serta lembut sampai Anda sanggup memegang pantatnya. Bila posisi ini telah Anda kuasai, Anda tinggal menggoyangkanya secara pelan-pelan dengan kemiringan 45 derajat. Bayi Anda akan berhenti menangis serta tenang dalam sekejap.

Inilah cara untuk menenangkan bayi sering menangis. Bila Anda mau melakukannya, maka Anda perlu melakukan latihan supaya tidak canggung serta berbahaya pada bayi Anda. Jika Anda sudah menguasai hal ini maka info lainnya seputar bayi yaitu cara menghadapi bayi yang sedang sakit perut atau perut kembung. Memang ada banyak kemungkinan yang terjadi jika bayi sering menangis seperti halnya ketika bayi mengalami perut kembung.

Tips Mengatasi Perut Kembung pada Bayi Sehingga Bayi Sering Menangis

Bayi Sering Menangis

Saat perut bayi Anda kembung, bisa jadi di badannya lagi terjadi beberapa hal. Ada yang tidak berbahaya, ada juga yang wajib dikonsultasikan dengan dokter.

Tidak sedikit bayi yang rewel atau sering menangis ketika ada gas yang terperangkap dalam perutnya. Anda juga dapat mendengar bunyi krucuk dari perut si kecil. Bayi jadi sering buang gas serta tampak mengejan saat mengeluarkannya. Keadaan tersebut bisa dibilang masih normal. Asalkan bayi senantiasa aktif seperti biasa sehabis mengeluarkan gas di perutnya.

Ada beberapa aspek yang dapat menimbulkan perut kembung pada bayi. Sebagian di antaranya ialah sebab bayi sangat banyak menelan udara, terjadi permasalahan ringan pada sistem pencernaannya, atau bayi lagi membiasakan dengan jenis makanan baru yang Anda berikan.

Saat sebelum memeriksakan bayi ke dokter, Anda bisa menanganinya di rumah terlebih dulu. Berikut sebagian tips simpel yang dapat Anda jalani ketika bayi sering menangis karena perut kembung

  1. Menyendawakan Bayi

Menyendawakan bayi bisa mengurangi kembung pada bayi. Triknya, gendong si kecil dengan posisi perut di dada Anda. Jangan lupa untuk menyanggah kepala serta lehernya. Tepuk-tepuk dengan lembut punggung bayi sampai bersendawa. Jauhi cara ini ketika bayi baru selesai menyusu.

  1. Mengecek Posisi Menyusu

Ketika menyusu, Anda wajib memastikan posisi kepala bayi lebih tinggi dari posisi badan. Hal tersebut akan menghasilkan terbentuknya perputaran udara pada perut bayi serta memudahkannya bersendawa.

  1. Mengganti Susu Pertumbuhannya

Susu pertumbuhan yang diminum juga bisa menjadi pemicu perut kembung pada bayi sehingga bayi sering menangis. Maka Anda bisa bertanya dengan dokter untuk memberikan susu pertumbuhan yang sesuai serta aman untuk si kecil.

  1. Pijat ILU

Anda dapat memijat sendiri si kecil dengan cara menekan lembut bagian perutnya seperti Anda menuliskan kata ILU. Anda bisa mengoleskan minyak telon / kayu putih terlebih dulu supaya perut bayi terasa hangat.

  1. Cek Menu Makannya

Apabila si kecil telah mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), maka periksalah menu yang Anda berikan. Mengkonsumsi juice buah berpeluang menimbulkan perut bayi Anda jadi kembung karena dalam juice buah ada kandungan alkohol gula (sorbitol).

Seperti itulah beberapa tips ataupun cara yang bisa Anda jalani untuk menanggulangi perut kembung pada bayi sehingga bayi sering menangis. Jadi sebagai seorang ibu ataupun orangtua Anda memang harus jeli dan teliti mengetahui berbagai penyebab ini, bayi terlihat sering menangis bisa juga karena bayi lapar sehingga diekspresikan lewat tangisan.  Bila bayi Anda lemas serta tidak seaktif biasanya, hendaknya konsultasikan dengan dokter.