Birthstone merupakan kelompok dari batu permata yang melambangkan bulan kelahiran. Untuk itu, setiap bulan dalam satu tahun akan memiliki batu kelahiran yang berbeda beda. Bagi anda yang ingin mengetahui jenis batu yang cocok untuk si kecil, maka anda bisa mengintip ulasan berikut ini. Pasalnya, dalam pembahasan ini akan diulas tentang birthstone dari bulan Juli sampai Desember.

Beragam Jenis Batu kelahiran Yang Perlu Anda Tahu

  1. Turquoise

Untuk turquise merupakan salah satu birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Desember. Batu satu ini memiliki warna biru muda dan juga biru, yang mana mempunyai makna keberuntungan. Tak hanya itu saja, batu ini juga mempunyai arti kekuatan, kebaikan dan kesuksesan. Faktanya, turquoise merupakan salah satu permata tua sepanjang sejarah. Dimana untuk penggunaannya sendiri telah dilakukan sejak tahun 3000 SM.

  1. Topaz

Sedangkan untuk batu kelahiran selanjutnya adalah Topaz. Batu satu ini dimiliki oleh orang yang berkelahiran di bulan November. Batu permata ini umumnya ditemukan dengan memiliki warna jingga dan pink. Selain itu, dalam bahasa India Kuno, Topaz memiliki arti yakni api. Dimana mengandung beberapa makna, seperti kehangatan, cinta dan juga kesukaan. Perlu anda tahu, Topaz terlangka ditemukan di Rusia pada abad ke 19.

batu kelahiran ruby

  1. Opal

Opal merupaakan batu pertama yang memilii nama latin yakni Opalus. Batu satu ini memiliki keunikan tersendiri, yakni terdiri dari banyak warna di dalam satu batu. Birthstone satu ini dimiliki oleh mereka yang lahir di bulan Oktober. Dengan memiliki arti yakni kecintaan, keimanan dan rasa percaya diri. Fakta yang perlu anda ketahui, Opal merupakan salah satu batu permata yang disukai oleh Ratu Victoria. Hal ini dikarenakan koleksinya yang banyak.

  1. SafirĀ 

Safir merupakan salah satu batu kelahiran yang dimiiki oleh bulan September. Dengan mempunyai banyak warna, diantaranya adalah biru tua yang paling terkenal. Di dalam birthstone, batu satu ini memiliki makna yakni kebijaksanaan, kemurnian, kesucian, ketulusan dan juga keberuntungan. Untuk faktanya sendiri, batu safir yang paling terkenal adalah yang pernah diberikan oleh Prince Charles kepada Putri Diana.

  1. Peridot

Peridot merupakan birtstone yang dimiliki oleh bulan Agustus. Bagi anda yang memiliki bayi di bulan kedelapan ini, maka batu yang memiliki ciri khas warna hijau tersebut sering kali disebut dengan evening emerald. Peridot sendiri memiliki makna yakni kemakmuran, kelimpahan dan kekuatan. Selain itu, batu permata ini merupakan salah satu yang tertua di dunia, karena batu satu ini memang telah digunakan sejak tahun 1500 SM di Mesir.

  1. Rubi

Bagi si kecil yang lahir di bulan Juli, maka rubi menjadi batu kelahiran yang dimilikinya. Batu satu ini memiliki warna merah yang menyala. Selain itu, Rubi juga dikenal dengan King of Gems dan memiliki arti yakni cinta, keberanian, keikhlasan dan juga kebijaksanaan. Faktanya, rubi yang memiliki kualitas tinggi kerap kali ditemukan di tambang yang ada di Myanmar. Sehingga akhirnya muncul istilah yakni Burmese ruby.

Itulah beberapa batu yang perlu anda ketahui. Setiap bulannya memiliki jenis batu dan makna yang berbeda. Untuk anda yang ingin memberikan batu permata bagi si kecil, maka anda pun bisa memberikan yang sesuai dengan kelahirannya. Hal ini dikarenakan batu tersebut memiliki warna dan bentuk yang indah. Selain itu, artinya sendiri pun sangatlah bermakna. Jadi batu apa yang sesuai dengan bulan kelahiran sang buah hati? detikbayi.id

Tagged in: