Ibu hamil sangat membutuhkan zat gizi yang cukup agar janin yang dikandungnya selalu sehat. Salah satu caranya yaitu dengan melengkapi gizi ibu hamil tersebut. Misalkan saja seperti konsumsi buah dan sayuran.

Zat gizi harus dicukupi kebutuhannya sebab ini termasuk bahan baku pembentukan organ vital janin. Jika zat gizinya tidak dapat dipenuhi dengan sempurna, maka bisa mengganggu kesehatan janin dan juga ibu hamil.

Meskipun gizi ibu hamil ini harus cukup, ini bukan berarti semua makanan bisa dikonsumsi. Sebab jika berlebihan malah akan mengancam kesehatan bumil dan si janin di dalamnya. Oleh sebab itu, ibu hamil harus pandai dalam memilih zat gizi yang diperlukan tubuh. Agar tidak penasaran, berikut disajikan 5 gizi ibu hamil yang wajib Anda penuhi.

  1. Kalsium

Saat hamil pastinya kalsium yang dibutuhkan lebih banyak. Sebab ini akan berpengaruh terhadap proses pembentukan serta pertumbuhan gigi dan tulang. Tak hanya itu, kalsium pun juga akan menjadikan sang ibu terhindar dari penyakit tulang selama masa kehamilannya dan setelah melahirkan.

Penurunan risiko kepadatan tulang akan didapatkan jika bumil mau mengkonsumsi kalsium yang cukup. Kemudian, tekanan darah akan cenderung lebih stabil sehingga bisa menghindari penyakit hipertensi.

Dari beberapa manfaat kalsium diatas, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak memberikan kalsium pada ibu hamil. Pastikan bumil selalu makan sesuatu yang mengandung kalsium. Misalnya seperti yogurt, susu, keju, salmon, bayam, dan kacang almond.

Selain itu untuk mendapatkan kalsium ini, bumil juga bisa membuat jus jeruk. Sebab dalam segelas jus jeruk ini ada sekitar 300 mg kalsium. Pastinya ini akan sangat membantu sekali untuk para ibu hamil di luar sana.

  1. Zat Besi

Pembentukan sel darah merah bisa berlangsung jika di dalam tubuh terdapat kandungan zat besi ini. Selama masa kehamilan, kebutuhan zat besi tentu akan meningkat. Sebab janin pun juga membutuhkan pasokan darah tersebut. Sehingga zat besi yang dibutuhkan bumil meningkat menjadi dua kali lipat dari biasanya.

Asupan zat besi yang cukup akan menghindari Anda dari penyakit kekurangan sel darah merah atau Anemia. Selain itu juga menurunkan resiko melahirkan dengan prematur. Apabila zat besi ini kurang, ibu hamil akan lebih sering Lelah dan lesu.

Dampak yang lebih parah bisa terserang virus dan infeksi. Anda bisa temukan zat besi ini pada makanan seperti ikan, ayam, daging merah tanpa lemak, sayuran hijau, dan kacang merah.

  1. Asam Folat

Salah satu zat gizi ibu hamil yang paling dibutuhkan adalah asam folat. Asam folat akan membuat bayi Anda terhindar dari kecacatan, termasuk juga kelainan pada otak serta sumsum tulang belakang. Kemudian juga akan menurunkan risiko terjadinya keguguran pada janin, melahirkan secara prematur, dan Anemia.

Gizi Ibu Hamil 1

Asam folat sangat penting bahkan sebelum masa kehamilan dimulai, Anda sudah harus mencukupinya. Contoh makanan yang mengandung asam folat adalah mangga, sayuran hijau, kiwi, tomat, jeruk, dan kacang-kacangan. Suplemen khusus juga bisa jadi rekomendasi Anda untuk mencukupi kebutuhan asam folat.

  1. Protein

Protein yang cukup sangatlah diperlukan untuk menjaga kesehatan bumil dan bayinya. Jika proteinnya cukup, maka tak perlu lagi khawatir akan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam perut. Zat gizi ibu hamil ini akan menyempurnakan tumbuhnya janin hingga masa kelahirannya datang.

Tak hanya itu, protein juga akan tetap menjaga pertumbuhan bayi untuk jangka waktu yang panjang. Sumber protein yang baik untuk ibu hamil seperti unggas, daging, telur, dan ikan. Anda juga bisa dapatkan sumber protein untuk bumil ini dari kacang-kacangan dan produk kedelai (tahu dan tempe).

  1. Vitamin

Konsumsi vitamin D harus lebih ditingkatkan selama masa kehamilan berlangsung. Vitamin D berperan dalam mendukung dan menjamin pertumbuhan tulang serta gigi bayi.  Sumber vitamin D yang bisa Anda dapatkan secara alami adalah sinar matahari. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk menyempatkan berjemur di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Vitamin C juga diperlukan tubuh agar kekebalan tubuhnya meningkat dan juga menjaga kesehatan si pembuluh darah. Penyerapan zat besi pun juga akan lebih sempurna jika ibu hamil mengkonsumsi vitamin C.

Selain zat gizi yang cukup, ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan airnya dengan minum air putih secukupnya dan juga sebaiknya membatasi jumlah kafein setiap harinya. Agar lebih sempurna zat gizi bumil, penyesuaian pola makan juga harus diberikan perhatian khusus.

Demikianlah 5 zat gizi ibu hamil yang wajib dipenuhi agar kesehatan bumil dan janinnya tetap terjaga. Perlu diingat bahwa yang terpenting bukanlah memperbanyak porsi makan untuk memenuhi zat gizi. Akan tetapi menjamin semua asupan gizi ibu hamil di atas sudah terdapat dalam menu makan harian bumil.