Kesehatan ibu hamil tentunya akan menjadi prioritas yang dipenuhi karena mengingat hal tersebut berpengaruh pada kondisi si janin di dalam kandungan. Salah satunya dengan mencukupi asupan minuman seperti jus yang memang menyehatkan serta bergizi. Sehingga hal ini membuat Anda harus tau aturan minum jus buah untuk ibu hamil.

Banyak sekali kini jus buah dalam bentuk kemasan dijual di pasaran. Sehingga Anda pun tidak perlu repot lagi untuk membuat jus sendiri. Namun, hal yang harus Anda ketahui adalah membuat jus olahan sendiri itu akan lebih baik karena nutrisinya sendiri berbeda.

Aturan minum jus buah kemasan

Akan tetapi jika memang Anda tidak ingin terlalu direpotkan dengan aktivitas yang demikian, maka harus tahu dulu aturan minum jus buah kemasan berikut ini.

  1. Jus buah kemasan berasal dari 100% buah mengandung fruktosa

Adapun aturan pertama yang harus ditaati oleh ibu hamil adalah memperhatikan nutrisi terkandung di dalam jus kemasan tersebut. Apabila jus kemasannya tidak 100% berasal dari buah, maka kemungkinan ditambahkan di dalamnya pemanis buatan.

Fruktosa hanya dimiliki oleh jus kemasan yang memang mengandung 100% buah. Untuk itu, Anda harus memperhatikan lagi terkait hal tersebut. Anda bisa membaca nutrisi atau gizi yang terdapat di label kemasan.

Jangan sampai kemasan tersebut mengandung banyak sekali bahan tambahan buatan. Hal ini pastinya akan sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi kehamilan Anda kedepannya.

  1. Membatasi konsumsi jus buah kemasan

Pada umumnya, jus buah kemasan jarang sekali yang menggunakan sari buah asli. Karena biasanya dibuat menggunakan bahan pemanis tambahan buatan. Kemudian gula yang dimasukkan juga lumayan tinggi bahkan bisa mencapai 30 g dalam 250 ml jus.

Aturan Minum Jus

Padahal, sudah ada aturan bahwa hanya diperbolehkan mengkonsumsi gula 50 g saja per harinya. Tingginya gula ini menandakan bahwa kalori yang terkandung di dalamnya juga tinggi.

Apabila Anda terlalu banyak minum jus kemasan ini, sangat ditakutkan bisa meningkatkan risiko obesitas. Pastinya hal ini tidak ingin terjadi, bukan? Maka dari itu, Anda harus pandai mengatur konsumsi jus kemasan ini agar berat badan tidak meningkat secara drastis.

  1. Tetap konsumsi jus buah segar

Meskipun Anda sudah memiliki jus kemasan, bukan berarti Anda melupakan untuk tetap konsumsi jus dari buah yang segar. Secara tampilan, memang jus kemasan lebih menarik apalagi jika dinikmati dengan es dan ada bulir-bulir buah pastinya sangat nikmat sekali.

Bulir-bulir buah ini memang nikmat namun Anda harus tahu bahwa belum tentu diambil dari buah yang asli dan segar. Kepraktisan dari jus kemasan ini jangan sampai membuat Anda menjadi tidak konsumsi buah yang alami.

  1. Pilih jus kemasan bebas pengawet

Secara umum, setiap minuman yang berkemasan mengandung bahan pengawet. Maka dari itu, ibu hamil harus lebih cerdas memilih asupan manakah yang diperbolehkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan ini.

Bahan pengawet memberikan risiko yang buruk untuk si calon bayi dalam perut Anda. Maka dari itu, sebisa mungkin harus segera dihindari. Untuk itu, jika ingin mengkonsumsi jus kemasan pilihlah yang bebas pengawet salah satunya cold pressed juice.

Jus tersebut dibuat dari bahan alami yang sama sekali tidak terkandung pemanis dan pengawet di dalamnya. Sehingga sangat cocok sekali untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, untuk harganya sendiri cenderung lebih mahal karena memang dibuat dari bahan-bahan yang langsung diambil dari sumbernya.

  1. Segera dihabiskan jika sudah dibuka

Sebaiknya Anda segera menghabiskan jus kemasan apabila telah dibuka dari kemasan tersebut. Sebab ditakutkan jus akan mengalami oksidasi. Sehingga mengakibatkan semua nutrisi ataupun kandungan gizi didalamnya menjadi tidak ada lagi.

Adapun vitamin dan mineral termasuk dua unsur penting yang harus segera dipenuhi oleh ibu hamil. Lalu apa jadinya jika kedua zat tersebut teroksidasi, pastinya Anda akan kesulitan untuk mencukupi nutrisi harian dari jus kemasan tersebut.

Oleh karena itu, simpanlah jus kemasan di tempat yang tertutup seperti lemari pendingin. Kemudian jangan membiarkannya terlalu lama untuk berinteraksi dengan udara. Lalu jangan membeli jus dengan ukuran yang lebih besar jika Anda tidak sanggup untuk menghabiskannya. Lebih  baik memilih ukuran kecil agar keamanannya tetap terjaga.

Minum jus kemasan sebaiknya jangan terlalu sering karena ditakutkan akan menjadi kebiasaan. Meskipun diperbolehkan mengkonsumsinya, namun jus alami mengandung nutrisi yang lebih baik.

Itulah aturan minum jus buah kemasan bagi ibu hamil. Saat ingin membeli jus buah sebaiknya pilih-pilih dulu buah apa sajakah yang diperbolehkan untuk Anda konsumsi. Jika perlu, Anda bisa konsultasikan hal ini ke ahli gizi ataupun dokter agar bisa menghindari resiko yang sama sekali tidak diinginkan.

Tagged in: