Mungkin sebagian dari anda masih bertanya tanya apa yang dimaksud dengan kehamilan kosong. Bisa dikatakan kehamilan jenis satu ini adalah sebuah kondisi ketika rahim wanita yang hamil ternyata kosong. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Untuk anda yang ingin lebih tahu mengenai kondisi satu ini, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini. Di dalam artikel ini, anda pun juga akan tahu hal yang menjadi penyebab kondisi hamil kosong tersebut.

Sekilas Yang Perlu Anda Tahu Tentang Hamil Kosong

hamil awal

1. Pengertian dari Hamil Kosong

Sebagian orang pastinya masih sangat asing dengan istilah satu ini. Kondisi ketika rahim dari seorang wanita kosong, memiliki artian bahwa tidak ada calon bayi ataupun janin yang berada di dalam kandungan. Tidak seperti kehamilan pada umumnya, kondisi satu ini pun bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pada umumnya, kejadian ini dikarenakan adanya masalah yang terjadi di dalam proses menuju kehamilan.

Dimana di dalam kehamilan kosong, maka sel telur yang dibuahi oleh sperma tidak akan bisa berkembang dengan baik seperti umumnya. Sehingga, hal ini pun akan menyebabkan janin tidak dapat tumbuh sama sekali. Dengan begitu, kondisi satu ini sering kali disebut dengan hamil kosong. Atau untuk istilah lain juga bisa disebut dengan blighted ovum. Proses perjalanan kehamilan ini pun seperti kehamilan biasa. Namun, plasenta yang terbentuk tak dibarengi dengan berkembangnya calon janin.

2. Hal yang Menyebabkan Kondisi Satu Ini

Untuk anda yang belum tahu apa yang menjadi penyebab kejadian ini, maka umumnya kondisi satu ini disebabkan oleh kelaian pada kromosom. Dimana dalam masalah ini akan dialami ketika bayi sejak masih di dalam kandungan. Selain itu, kelainan yang terjadi ini pun juga akan berakibat perkembangan buah hati menjadi terhambat. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kelinan pada kromosom.

Diantaranya adalah kualitas dari sel telur dan juga sperma yang kurang baik. Sehingga hal tersebut akan menjadi penyebab pembelahan sel tidak bisa terjadi dengan sempurna. Oleh sebab itu, kehamilan kosong tersebut akan mengakibatkan tubuh dari perempuan bereaksi dan bisa menjadi penyebab untuk menghentikan kehamilan. Kejadian ini pun juga sering menjadi keguguran atau kehamilan yang gagal.

apa itu kehamilan kosong

3. Cara Untuk Mengenali Kejadian Satu Ini

Bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana cara mengenali kondisi satu ini, maka kehamilan jenis ini biasanya akan terjadi ketika awal masa kehamilan. Bahkan di dalam beberapa kasus sebelum wanita tahu bahwa mereka sedang hamil. Wanita yang mengalami kondisi satu ini, biasanya akan mengalami tanda tanda yakni datang bulan yang terlambat, positifnya tes urine, dan ada juga yang mengalami morning sickness.

Hal Ini dikarenakan ketika proses terjadinya kehamilan kosong memiliki ciri yang hampir sama dengan proses kehamilan awal pada umumnya. Selain itu, kondisi satu ini pun juga akan melewati proses yakni dimana sel telur akan dibuahi oleh sperma. Akan tetapi, hal yang membedakan adalah pembuahan tersebut tidak berhasil dan tidak berkembang. Sehingga, nantinya akan dilakukan tindakan medis untuk mengatasi hal tersebut.

Apabila seorang wanita mengalami kondisi satu ini, maka akankah lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter kandungan. Sehingga nantinya hal tersebut akan bisa memberi tahu hal apa yang akan dilakukan selanjutnya. Pasalnya, di dalam beberapa kasus terdapat kondisi yang mengharuskan untuk mengalami proses pembersihan pada rahim. Dengan begitu, nantinya akan dilakukan tindakan yakni dengan mengonsumsi obat ataupun melakukan kuretase.

Tagged in: