Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget – Zaman digital seperti sekarang sudah banyak fenomena anak kecanduan gadget. ini sudah bukan masalah pribadi. Namun sudah menjadi masalah internasional, sudah banyak yang meneliti mengenai topik gadget.

Perlu diketahui ketika si kecil kecanduan gadget itu memiliki dampak buruk bagi si kecil itu sendiri. Salah satunya speech delay dan masalah lainnya. Maka ayah dan ibu perlu mengatur jadwal penggunaan Smartphone.

Tetapi para ibu dan ayah zaman sekarang selalu memberikan fasilitas gadget pada anak usia dibawah umur. Tanpa disadari itu bukan membuat si kecil berkembang, lebih bijak jika memberikan edukasi dengan gadget tetapi sembari ditemani.

Sebenarnya di zaman digital seperti sekarang tidak akan bisa dijauhkan dari Smartphone. Namun yang perlu dicatat adalah perhatikan penggunaan dengan bijak. Supaya dapat mengurangi dampak negatif anak kecanduan gadget

Anak Kecanduan Gadget? ini dia Tipsnya

kecanduan gadget pada anak

Smartphone dengan berbagai macam fitur dan bentuk yang menarik pastinya itu membuat balita senang memainkannya. Terlebih lagi bisa mengeluarkan suara, getaran bahkan menonton video animasi.

Dengan berbagai macam keunikan pada smartphone itu menyebabkan anak-anak yang lahir di abad 21 dekat dengan teknologi. Namun karena itu menyebabkan anak kecanduan gadget dan menjadi bergantung pada ponsel mereka.

1. Mengenalkan Hal Lain

Seperti sudah diketahui gadget dengan berbagai fitur pastinya membuat anak-anak tertarik. Namun sebagai ayah dan ibu bisa mengalihkan perhatiannya ke hal lain seperti menonton film atau bermain bersama saudara dan teman.

Jika beberapa cara sudah tidak dapat dilakukan maka bisa dengan membelikan mainan baru. Sekarang sudah banyak mainan unik mengasah kecerdasan pada anak-anak. Permainan seperti itu ampuh untuk menggantikan peran smartphone dari sudut pandang anak.

2. Berikan Perhatian Lebih

Banyak anak kecanduan gadget sekarang karena memang mereka mengikuti ayah dan ibunya. Fenomena seperti ini sudah sering terjadi, memang secara natural si kecil pasti mengikuti perilaku dan contoh dari orang tua.

Untuk mengatasi hal tersebut maka rubah dulu kebiasaan kamu sebagai orang tua, ketika ayah dan ibu selalu memberikan contoh kebiasaan baik maka si kecil secara otomatis pastinya mengikuti.

3. Disiplin

Dalam mengatasi masalah anak kecanduan gadget hal pertama yang harus diterapkan yakni disiplin. Ayah dan ibu harus disiplin lalu setelah itu bisa mengajarkannya pada si kecil. Mengajarkan anak disiplin pastinya akan berdampak baik.

Seorang ayah dan ibu harus memiliki pendapat yang sama dalam membuat aturan sehingga si kecil tidak bisa membantahnya. Seorang ayah biasanya sangat cocok dalam membuat aturan dan menjadi pengontrol si kecil.

Namun aturan perlu ditaati oleh semua anggota keluarga, sehingga si kecil tidak memiliki alasan untuk membantah dan melanggar aturan keluarga. Diperlukan juga sifat konsisten, karena konsisten menjadi bagian tersulit di kasus anak kecanduan gadget sekarang.

4. Berikan Pemahaman Bahaya Gadget

Menjadi masalah utama adalah ketika seorang ibu dan ayahnya itu sendiri tidak mengetahui mengenai bahaya menggunakan smartphone terlalu lama. Sehingga tidak bisa memberikan pencerahan pemahaman kepada anak-anaknya.

Diharapkan sebagai orang tua sudah mempersiapkan berbagai macam pemahaman sehingga dapat mendidik anak dengan baik. Beri tahu jika keseringan bermain HP akan memberikan dampak negatif pada kesehatan fisik dan kesehatan mental.

5. Kenalkan Pada Lingkungan

Kenalkan si kecil pada lingkungan sekitar dengan harapan bisa aktif bersama lingkungan sekitar. Ini bisa menjadi pengalihan terbaik untuk mengurangi penggunaan smartphone pada si kecil.

Sebenarnya banyak cara lain untuk mengatasi kebiasaan menggunakan smartphone. Sebagai ayah dan ibu seharusnya selalu memiliki kreatif untuk menanggulangi masalah anak kecanduan gadget.